4 Cara Memilih Pelumas Mesin Mobil yang Benar

Mobil

Memilih pelumas mesin mobil tidak boleh sembarangan. Sebab, setiap mobil membutuhkan pelumas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memilih pastikan Anda sudah memahami cara memilih pelumas mesin yang benar berikut ini.

Pelumas mesin mobil atau yang banyak orang sebut oli ini merupakan salah satu komponen penting agar mesin mobil bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan pelumas mesin dapat secara optimal mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin dan juga membantu mengurangi panas mesin.

Pasalnya, untuk menghasilkan perjalanan yang nyaman dibutuhkan kondisi mesin yang prima. Oleh karena itu, Anda harus memilih dan juga menggunakan pelumas mesin mobil yang benar dan sesuai dengan jenis mobil Anda.

Menentukan pelumas mesin tidak boleh sembarang. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih pelumas mesin yang tepat bagi mobil Anda. Nah, agar Anda mendapatkan pelumas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, berikut ini beberapa tip yang harus Anda lakukan dalam memilih pelumas mesin mobil.

Pahami Karakter Mesin

Cara pertama dalam memilih pelumas untuk mesin, yaitu Anda harus memahami karakter mesin mobil tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat manual book yang disertakan saat pembelian. Biasanya, di dalam buku tersebut dijelaskan mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat. Oleh karena itu, ketika Anda memilih pelumas pastikan kecocokan dengan mesin dan juga kualitasnya. Jangan tergiur oleh mereknya.

Kekentalan Pelumas

Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan saat memilih pelumas adalah tingkat kekentalan dari pelumas itu sendiri. Meskipun pada dasarnya semua pelumas memiliki fungsi yang sama, tetapi tidak semua pelumas bisa melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter mobil itu sendiri. Anda bisa mencari tahu tingkat kekentalan alias viscosity-grade dari nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin besar angka yang berada di belakang kode SAE, semakin besar juga tingkat kekentalan pelumas.

Bahan Pembuatan Pelumas

Pada dasarnya, bahan pembuatan pelumas mesin mobil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pelumas sintetis yang dibuat dari berbagai bahan kimia dan memiliki sifat aditif. Serta pelumas mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi (lebih alami). Biasanya pelumas sintesis sering digunakan untuk mobil-mibl pabrikan baru dan hasil yang dikeluarkan pun sangat maksimal.

Hindari Pelumas Palsu

Semakin maraknya beredar pelumas palsu, membuat Anda harus lebih waspada dalam memilih pelumas mesin mobil. berikut ini ciri-ciri pelumas palsu:

  1. Cairan pelumas palsu biasanya lebih pekat dan warnanya hitam gelap.
  2. Pelumas palsu akan terasa kasar saat dipegang dengan kedua jari karena terdapat kandungan logam.
  3. Bau dari pelumas palsu sangat tengik seperti hasil dari bekas pembakaran.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah trik atau cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih pelumas mesin mobil yang benar. Ingat ya, jangan sampai salah dalam memilih pelumas!

Comments are closed.