4 Cara Merawat Mesin Mobil yang Tidak Boleh Ditinggalkan

Mobil

Pastikan kondisi mesin mobil Anda selalu dalam performa prima dengan cara merawat mesin mobil berikut ini.

Mesin merupakan otak utama di dalam sebuah mobil yang memiliki fungsi sangat penting. Bila mesin dalam keadaan tidak baik, tentu akan berpengaruh pada komponen lain. Alhasil performa pun menjadi kurang sempurna. Oleh karena itu, agar kondisi mesin mobil Anda tetap terjaga dengan baik, pastikan merawat mesin mobil Anda secara teratur. Merawat mesin mobil sama saja Anda memperpanjang usia dari mobil tersebut. Oleh karena itu, Anda harus merawat mobil secara berkala sesuai prosedurnya. Namun, merawat mesin mobil tidak harus dengan membawanya ke bengkel, Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Berikut ini empat cara merawat mesin mobil yang tidak boleh Anda lupakan.

[quads id=1]

Mengganti Oli Secara Berkala

Kinerja mesin mobil akan tetap dalam kondisi yang prima salah satunya dipengaruhi dari oli yang digunakan. Oli berfungsi untuk menahan gesekan saat mesin sedang bekerja. Oleh karena itu penting sekali Anda memilih oli yang berkualitas agar kondisi mesin mobil tetap prima dan bekerja secara optimal. Normalnya, penggantian oli dilakukan jika mobil sudah menempuh jarak selama 5.000 km dan berlaku kelipatan. Jadi, jika mobil Anda sudah memasuki kilometer 5.000 atau kelipatannya, pastikan segara melakukan penggantian oli.

Cek Air Radiator

Pengecekan air radiator ini merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Anda mengecek radiator dan memastikan air di dalamnya masih cukup. Namun perlu diingat, jangan membuka tutup radiator ketika kondisi mesin panas maupun sedang menyala, ya. Meskipun cara merawat mesin mobil yang satu itu terbilang simpel, tetapi Anda pun harus melakukan pengecekan air radiator ini secara berkala. Sebab, jika air radiator dalam kondisi kosong, maka akan menyebabkan mesin menjadi overheat sehingga bisa merusak mesin mobil. Dianjurkan untuk menggati atau menguras air radiator ketika menempuh jarak 1.000 km. Sehingga penting bagi pemilik mobil mengetahui cara mengganti air radiator.

Membuang Kerak Mesin

Bila mobil Anda sering digunakan biasanya di dalam mesin mobil terdapat kerak yang menempel. Kerak-kerak ini berasal dari kotoran atau debu yang menempel. Meskipun terlihat sepele, tetapi kerak yang terlalu lama menempel akan semakin sulit untuk dihilangkan sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin secara berkala. Oleh karena itu, penting untuk membuang kerak-kerak mesin yang menempel secara rutin. Caranya sangat mudah, Anda bisa menginjak pedal gas agak lebih dalam sehingga kerak mesin dapat rontok dan ke luar melalui knalpot.

[quads id=4]

Mengisi Penuh Tangki Bahan Bakar

Apa hubungannya mengisi tangki bahan bakar dengan merawat mesin mobil? Tentu ada hubungannya. Pengisian tangki bahan bakar yang tidak sampai penuh ternyata bisa menyebabkan kotoran dan kerak menempel pada bagian atas tangki dan juga mesin mobil. Oleh karena itu, pengisian bahan bakar hingga penuh sangat dianjurkan agar selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari kotoran dan kerak. Sebab, kerak yang ada di dalam tangki bahan bakar akan sangat berbahaya ketika terbawa di dalam saluran pembakaran.

Tidak sulit kan merawat mesin mobil? Apalagi semua tip di atas sangat bisa dilakukan di rumah. Jadi, merawat mesin mobil itu tidak perlu ke bengkel, melainkan Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Hemat pengeluaran, kan?

Comments are closed.