4 Langkah Membersihkan Interior Mobil Tanpa Harus ke Salon

Mobil

Membersihkan interior mobil tidak selalu harus ke salon. Anda bisa membersihkannya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Sama halnya seperti memperbaiki, membersihkan mobil, khususnya bagian interior juga tidak perlu dibawa ke salon mobil. Pasalnya, semua itu masih bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang seadanya. Pada dasarnya, membersihkan interior mobil, sama saja seperti membersihkan bagian bodi ataupun mesin mobil. Dibutuhkan keterampilan juga ketelitian agar kebersihan yang Anda harapkan bisa terjadi. Pasalnya, kebersihan mobil menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kinerja mobil Anda, lho.

Bagian interior mobil, seperti jok, dashboard, plafon, dan komponen lainnya memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, agar Anda tidak salah, berikut ini empat langkah membersihkan interior mobil yang harus Anda perhatikan dan bisa diikuti di rumah. (Baca juga: Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Setiap hari)

4 Langkah Membersihkan Interior Mobil

Membersihkan Jok Mobil

Jok termasuk salah satu bagian dari interior mobil yang memiliki peran sangat penting. Jok digunakan sebagai tempat duduk baik itu orang yang mengendarai mobil tersebut ataupun penumpangnya. Agar memberikan rasa nyaman selama di perjalanan, tentu kebersihan jok menjadi hal yang harus diperhatikan. Membersihkan jok mobil tidak harus setiap hari. Oleh karena itu, banyaknya orang yang lebih memilih warna hitam sebagai jok mobil untuk menyiasati noda-noda yang bersarang di jok. Namun, meskipun begitu bukan berarti Anda tidak boleh membiarkan kotoran terus menurus ada di jok mobil. Anda perlu membersihkannya sesuai dengan bahan jok tersebut.

Baca juga: Penyebab Kabin Mobil Bau bensin

Sebagai contohh, jika bahan jok mobil Anda terbuat dari kulit asli, membersihkannya bisa menggunakan plas chamois dengan cara mengusap-usapkan ke seluruh bagian jok. Kemudian semprotkan cairan pembersih ke jok mobil. Perlu Anda perhatikan, saat menyemprotkan satu per satu bagian jok mobil, jangan sampai sabun pembersih kering sebelum Anda mengelapnya. Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan penyedot debu untuk bagian-bagian jok yang sulit terjangkau. Lakukan hal ini secara berkala selama 3-4 bulan.

Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard juga termasuk bagian interior mobil yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bisa menyebabkan warna dashboard memudar atau terlihat sangat kusam sekali. Tidak jauh berbeda dengan jok, membersihkan interior mobil yang ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu membersihkan debu-debu yang menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard yang akan dibersihkan dan lap dengan menggunakan kain.

Baca juga: Bahaya Tidur di Mobil Saat AC Menyala

Ketika sedang membersihkan, jangan menekan dashboard terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan-goresan kecil. Selain itu, bersihkan juga debu-debu yang ada pada bagian yang sulit dijangkau seperti pojok dashboard, blower penyejuk udara, dan lainnya menggunakan kuas. Setelah semua bagian telah selesai dibersihkan, lap dengan menggunakan kain kering agar sabun atau cairan pembersih tidak meninggalkan bekas atau flek. Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa juga Anda mengoleskan cairan pelindung atau treatment protection yang berfungsi membuat dashboard mengkilap dan menjaga kelembapannya.

Bersihkan Bagian Plafon Mobil

Membersihkan interior mobil selanjutnya adalah bagian plafon mobil. Mungkin Anda menganggap bahwa bagian ini tidak penting. Padahal bagian ini bisa sangat kotor bagi Anda yang sering merokok di dalam mobil. Jika tidak dibersihkan dengan rutin, maka plafon mobil Anda akan berwarna kuning-kuning dikarenakan bekas asap rokok.

Saat membersihkannya, Anda perlu sedikit berhati-hati agar plafon mobil tidak menjadi kendur, sobek, ataupun rusak. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan plafon mobil, seperti menggunakan cairan pembersih khusus agar tidak meninggalkan bau apek dan jamur. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan menggunakan kain microfiber yang berbahan lembut ataupun penyedot debu.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Membersihkan Bagian Karpet Mobil

Bagian interior yang perlu diperhatikan kebersihannya adalah karpet mobil. Untuk bagian ini, Anda tidak perlu sibuk membersihkannya karena setiap kali Anda mencuci mobil, pasti karpet ini pun ikut dibersihkan. Namun, jika Anda ingin membersihkannya sendiri, tentu caranya sangatlah mudah. Untuk karpet mobil yang terbuat dari karet, Anda bisa memulainya dengan menyikat menggunakan sikat halus dan cairan pembersih khusus karpet. Jika sudah disikat, bilas dengan bersih dan keringkan.

Itulah empat langkah mudah membersihkan interior mobil tanpa harus membawa mobil ke salon khusus. Cukup di rumah dan menggunakan peralatan rumahan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Comments are closed.