4 Mobil Masa Depan dengan Teknologi Super Canggih

Mobil

Teknologi otomotif terus mengalami perkembangan signifikan, bahkan beberapa pabrikan mobil berlomba memproduksi mobil masa depan dengan teknologi super canggih.

Pabrikan mobil di dunia terus mengembangkan berbagai mobil konsep untuk menyambut masa depan dengan teknologi yang super canggih. Mulai dari mobil listrik, hingga kendaraan tanpa supir yang terus dikembangkan dan hal ini bisa menjadi pilihan favorit untuk masa depan.

Berikut empat mobil masa depan dengan teknologi super canggih

Emirai 4

mobil masa depan dunia

Source Photo: autoexpress.co.uk

Mobil pertama yang akan kita kulik berasal dari pabrikan Jepang, Mitsubi Motors, yaitu Emirai 4. Mobil ini merupakan konsep mobil listrik yang sepenuhnya berteknologi tanpa supir. Dari segi desain eksterior Emirai 4 terbilang unik. Bodinya lebih ramping dengan kap karbon, di bagian bumper dihiasi dengan logo Mitsubishi. Di bagian interior, terdapat layar LED yang bisa dikombinasikan dengan teknologi pemetaan 3D.

Ada beberapa fitur canggih yang ada di mobil ini, berupa tombol intuitif yang bisa memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fungsi tanpa harus mengalihkan pandangan mata dari jalan. Banyak sekali keunggulan fitur mobil ini, ada teknologi yang bisa membaca panca indera. Teknologi tersebut dilengkapi dengan kamera interior wide-angle yang bisa mendeteksi postur kepala pengemudi. Tujuannya untuk mengingatkan, bila pengemudi melakukan hal-hal ceroboh yang bisa membahayakan keselamatan jiwanya saat berkendara. Tak hanya itu, Emirai 4 juga dilengkapi sensor dalam tubuh mobil yang bisa mendeteksi ketika pintu akan segera terbuka.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Toyota Concept-i

mobil masa depan

Source Photo: hearst apps

Toyota juga tak kalah dalam mengembangkan mobil masa depan, dengan konsep yang lebih futuristik. Mobil ini dinamakan Toyota Concept-i yang didesain oleh Toyota CALTY Design Research dengan menggunakan teknologi dari Toyota Innovation Hub di San Fransisco, idenya lebih didesain untuk memberikan pengalaman pengguna yang mendalam dan imajinatif.

Mobil ini telah terintegrasi dengan sistem kecerdasan buatan (sistem artificial intelligence) untuk mengetahui kebutuhan orang. Toyota menyebutkan bahwa jantung mobil ini adalah sistem artificial intelligence, yang bisa mempelajari perilaku yang diinginkan dan membangun hubungan dengan pengguna mobil.

Ada dua fitur transmisi yang dioperasikan pada mobil ini, yaitu fitur mengemudi manual dan otomatis. Dengan sistem artificial intelligence untuk memanfaatkan berbagai fitur canggih otomatis dalam meningkatkan keselamatan dalam mengemudi. Mobil ini juga dilengkapi dengan “agen” Artificial Intelligent yang dijuluki Yui. Sistem canggih ini memiliki kemampuan untuk menggunakan cahaya suara hingga menyentuh pengendara untuk berkomunikasi.

SL|PURE

mobil masa depan

Source Photo: revsdaily

Mercedez Benz mempercayakan Matthias Bottcher seorang desainer transportasi kendaraan, untuk membuat desain mobil masa depan. Mobil yang ia desain tanpa menggunakan kaca depan, samping, belakang hingga kaca spion kiri dan kanan. Teknologi yang ia ciptakan agar mengenalkan mobil masa depan tak harus lagi benar-benar melihat ke jalan, cukup dengan sensor dan kamera saja.

Selain sensor dan kamera, ada permukaan transparan pada bagian atap untuk dipasang saat cahaya masuk dari luar ke dalam kabin. Mobil masa depan Mercedes Benz ini diberi nama SL|PURE yang terinspirasi dari mobil klasik Mercedes Benz 300 SL tahun 1950. Warna mobilnya dicat dengan warna metalik sehinga terlihat lebih elegan dan eksotis.

Float

mobil masa depan

Source Photo: industry tap

Berikutnya adalah Float sebuah konsep mobil masa depan yang unik, karya mahasiswa bernama Chang Liu. Ia memenangkan lomba desain mobil yang diadakan oleh pabrikan mobil asal Prancis yaitu Renault. Desain mobil ini menggunakan teknologi Magnetically Levitated (Maglev). Jadi, sistem pengoperasian mobil ini membuat mobil tidak berjalan di aspal melainkan mengambang.

Untuk kapasitas mobil ini hanya bisa menampun dua orang saja, mobil ini memiliki sistem tarik menarik antara Float satu dengan yang lainnya hingga menjadi satu rangkaian. Pada bagian kabin mobil, juga tak kalah canggih. Sebab, tersedia aplikasi sebuah telepon pinta untuk menjemput orang lain.

Selain itu, di dalam kabin mobil ini juga dilengkapi sebuah alat kontrol dengan bentuk sederhana untuk digunakan saat keperluan navigasi dan komunikasi dengan mobil lain.

Comments are closed.