4 Penyebab Kecelakaan Mobil yang Sering Terjadi

Mobil

Sebenarnya penyebab kecelakaan mobil itu hampir semuanya disebabkan oleh pengendaranya, misalnya kurang fokus, main handphone sambil berkendara, dan beberapa penyebab lainnya.

Setiap orang pasti tidak ingin mengalami insiden kecelakaan dalam berkendara. Sebab, kecelakaan termasuk musibah yang menimbulkan banyak konsekuensi, seperti kehilangan materi, kebahagiaan, hingga nyawa. Hingga saat ini, kecelakaan lalu lintas masih banyak terjadi di jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Berhati-hati berkendara bukan jaminan para pengendara mobil terhindar dari kecelakaan. Sebab, ada banyak faktor lain yang menyebabkan kecelakaan dan hampir semua peyebab itu dikarenakan kelalaian dari si pengendaranya. Ada beberapa penyebab kecelakaan mobil yang sering terjadi. Berikut ini ada empat penyebab kecelakaan mobil yang sudah dirangkum oleh Futuready.com. Pastikan penyebab ini harus Anda hindari ya!

[quads id=1]

Melaju di Atas Kecepatan Standar

Meskipun Anda berkendara di jalan yang sepi, tetapi tidak dianjurkan untuk melajukan mobil dengan kecepatan di atas standar yang ditetapkan. Sebab, mengemudikan mobil di atas batas kecepatan merupakan salah satu penyebab kecelakaan mobil yang sering terjadi.

Menerobos Lampu Merah

Menerobos lampu merah juga bisa menjadi penyebab kecelakaan mobil. Sebenarnya tidak sulit mematuhi lampu lalu lintas yang ada di depan mata Anda. Jika memang waktunya mobil Anda berhenti ya seharusnya berhenti. Sebab, jika Anda nekat menerobos lampu merah, bisa terjadi kecelakaan yang pastinya bukan merugikan diri Anda sendiri, tetapi juga pengendara lain.

Main Handphone Ketika Berkendara

Bukan hal baru jika menggunakan handphone sambil berkendara menjadi penyebab kecelakaan mobil yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan fokus Anda terbagi ke layar handphone dan juga jalan raya. Bahkan saking asyiknya bermain handphone Anda sampai lupa jika sedang berkendara sehingga menyebabkan kecelakaan.

[quads id=4]

Membunyikan Klakson Sembarangan

Membunyikan klakson sembarangan tanpa alasan yang jelas dapat memancing emosi atau mengagetkan pengendara lain hingga merusak konsentrasi pengemudi lain. Jika konsesntrasi pengemudi lain menjadi buyar, tentu ini bisa menyebabkan kecelakaan. Sebenarnya, ada aturan khusus dalam penggunaan klakson, misalnya untuk memberi tahu pengemudi lain di sekitar Anda atas tindakan yang hendak Anda lakukan di jalan, seperti mendahului, berbelok atau berpindah lajur, dan lain sebagainya. Itu pun membunyikan klakson hanya sebentar saja jangan terus-menerus.

Hampir semua kecelakaan mobil itu terjadi dikarenakan kesalahan pengendaranya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda tetap waspada dan konsentrasi setiap kali berkendara.

Comments are closed.