4 Trik Saat Memilih Ban Mobil

Mobil

Meskipun sudah banyak merek ban mobil yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, tetapi Anda juga perlu melakukan trik berikut ini dalam memilih ban mobil.

Selain mesin, ban juga merupakan salah satu komponen mobil yang harus mendapatkan perhatian penting. Jika tidak ada ban, tentu mobil tidak bisa digunakan. Mengingat kondisi jalan yang tidak menentu, tentu Anda diharuskan memilih ban yang tepat dan bisa digunakan untuk segala jenis kondisi jalan. Seperti yang Anda ketahui, mayoritas masalah pada ban yang sering terjadi adalah cepat menipisnya lapisan ban sehingga bisa menyebabkan ban tersebut mudah bocor ataupun pecah. Tak hanya sampai di situ, memilih jenis ban yang salah juga bisa berakibat buruk. Oleh karena itu, agar Anda terhidar dari risiko-risiko di atas, berikut trik memilih ban mobil yang tepat untuk mobil kesayangan Anda.

[quads id=1]

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sudah seharusnya Anda memilih ban mobil sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan Anda. Jika ban mobil yang dipilih nyatanya tidak sesuai dengan kebutuhan mobil, tentu jangan memaksa. Misalnya, Anda suka dengan jenis ban untuk kebutuhan kompetisi yang bentuk dan kegunaannya saja sudah sangat berbeda dengan ban untuk kebutuhan sehari-hari.

Pilih Ban Berkualitas

Jangan tergiur dengan harga murah padahal kualitas dari ban tersebut tidak bagus. Sangat disarankan untuk memilih ban mobil yang memiliki kualitas baik dan juga sesuai dengan mobil yang Anda miliki. Jangan memilih ban sembarangan karena ban menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keselamatan dan juga kenyamanan Anda ketika berkendara. Jadi sangat wajar jika Anda perlu meneliti secara detail mengenai kualitas yang dimiliki ban tersebut. Di Indonesia, terdapat sejumlah merek ban ternama bisa dijadikan sebagai pertimbangan,pilih merek ban yang memiliki reputasi baik.

Perhatikan Tipe dan Ukuran Ban

Terkait dengan tipe dan ukuran yang tepat, Anda mungkin harus memiliki pengetahuan yang lebih untuk hal tersebut. Untuk tipe ban, sebenarnya Anda bisa melihat langsung dai plakat yang berada di pintu atau laci mobil. Ban memiliki tipe yang bermacam-macam, seperti Huruf ‘P’ atau passanger menujukkan bahwa ban didesain untuk mobil penumpang. Huruf ‘LT’ atau light truck menunjukkan bahwa ban didesain untuk truk yang beratnya sedang. Lalu huruf ‘ST’ atau special trailer memberikan keterangan bahwa ban diperuntukkan untuk mobil trailer. Sedangkan huruf ‘T’ atau temporary berarti mobil ditujukan sebagai ban cadangan. Huruf ‘R’ berarti ban merupakan jenis ban radial.

Setelah Anda memahami tipe ban mobil, kini tip selanjutnya dalam memilih ban mobil adalah ukuran ban. Untuk mengetahui ukuran ban mobil juga bisa dilihat dengan mudah, yaitu dengan melihat angka di belakang huruf ‘R’. Angka di belakang huruf ‘R’ menunjukkan ukuran velg mobil Anda. Jadi, pastikan memilih ban mobil sesuai dengan ukuran velg ya. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar dari velg karena percuma saja ban tidak bisa terpasang.

Desain Mobil Ban

Desain atau pola tampak juga menjadi pengaruh daya cengkram, lho. Untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara, pastikan memilih ban disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal Anda. Misalnya, daerah rumah Anda termasuk wilayah yang memiliki intensitas curah hujan cukup tinggi, maka dianjurkan untuk menggunakan pola tapak ban V. Sebab, tipe alur V ini memiliki sifat agresif yang mampu memberikan daya cengkeram aspal dengan baik saat melintasi genangan. Tipe ban alur V memiliki pengendalian yang lebih baik dibandingkan tipe lain jika digunakan pada kondisi jalan yang basah dan saat berbelok. Selain itu ban tipe alur V juga memiliki kelebihan dalam mereduksi suara putaran ban.

Comments are closed.