5 Cara Merawat Mobil Matic Agar Kondisinya Tetap Prima

Mobil

Meskipun mobil matic sangat rentan akan kerusakan terutama di bagian transmisi. Namun, tidak perlu khawatir jika Anda merawat mobil matic dengan benar dan teratur.

Mobil bertransmisi automatic pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mobil matic sapaan akrabnya adalah salah satu jenis kendaraan yang memberikan kemudahan untuk setiap orang yang mengendarainya. Pasalnya, untuk Anda yang ingin belajar mengendarai mobil matic ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena lebih mudah dan tidak ribet dibandingkan mobil bertansmisi manual. Tidak heran, jika saat ini mobil matic masih banyak menjadi pilihan masyarakat.

Mobil juga pastinya membutuhkan perlindungan dan perawatan. Agar menjaga performa kendaraan Anda, tentunya Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk merawat mobil matic agar kondisinya tetap prima. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil matic?

[quads id=1]

Servis Mobil Secara Rutin

Melakukan servis mobil merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Perawatan ini yang akan menentukan mobil tersebut selalu enak dan nyaman digunakan. Setiap mobil memiliki jadwal yang sudah ditentukan untuk melakukan servis mobil. Jadi, agar kondisi mobil Anda tetap dalam keadaan prima, jangan pernah lupa untuk servis mobil secara berkala.

Mengganti Oli Mesin

Selain servis komponen, cara merawat mobil matic berikutnya adalah mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan ketentuannya. Sebab, jika Anda tidak mengganti oli mesin secara berkala, akan menyebabkan tarikan gasnya menjadi kurang optimal dan yang lebih membahayakannya lagi, mesin mobil akan rusak. Jika mesin sudah rusak, tentu mobil tidak dapat digunakan.

Mengganti Oli Transmisi

Dalam merawat mobil matic, Anda juga perlu memelihara keadaan oli transmisi otomatis dengan mengganti oli tersebut secara berkala dan teratur. Ingat, oli transmisi dan oli mesin merupakan dua hal yang berbeda. Jika oli mesin memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen yang ada di dalam mesin, sedangkan oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi. Mengganti oli transmisi untuk mobil manual dan matic pun berbeda. Oli transmisi untuk mobil manual hanya 10.000 km, sedangkan pada mobil matic bisa bertahan hingga 20.000 km. Oleh karena itu, Anda juga harus selektif dalam memilih oli transmisi agar mobil Anda tetap awet.

Minyak Rem

Cara merawat mobil matic yang tidak kalah pentingnya adalah minyak rem. Minyak rem merupakan cairan yang mampu menyerap kelembapan. Meksipun pada umumnya, minyak rem mampu bertahan hingga sekitar tiga tahun, tetapi Anda tetap harus memeriksanya secara berkala agar minyak rem tersebut tidak sampai habis.

Comments are closed.