5 Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Mobil

Mengganti oli mobil merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan. Pasalnya, oli mobil memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga performa mesin dan rem tetap prima.

Performa mobil yang prima sebenarnya didasari oleh progres servis yang dilakukan. Jika mobil Anda melakukan servis secara berkala sesuai dengan ketentuannya, sudah dipastikan mobil Anda tetap dalam keadaan prima. Begitu pun sebaliknya, jika mobil Anda jarang dirawat, jangan harap Anda mendapatkan kondisi mobil yang baik. Salah satu servis rutin yang harus Anda lakukan adalah mengganti oli mobil. Namun, Anda tidak bisa sembarang dalam mengganti oli mobil, sebab ada ketentuan yang berlaku. Biasanya, oli mobil harus diganti jika mobil tersebut sudah memasuki 5.000 kilometer atau kelipatannya, seperti 10.000, 15.000, dan seterusnya.

Proses mengganti oli mobil sebenarnya tidak terlalu rumit dan sangat bisa dilakukan di rumah. Namun, dikarenakan minimnya pengetahuan dan tidak ingin ribet, tidak sedikit yang lebih memilih untuk menggantinya di bengkel. Mengganti oli mobil di bengkel tentu jauh lebih mahal dibandingkan di rumah karena ada biaya jasa yang harus Anda keluarkan. Oleh karena itu, untuk mengurangi biaya perawatan, sebaiknya mengganti oli mobil dilakukan di rumah saja dengan cara berikut ini.

[quads id=1]

Periksa Temperatur Mesin

Sebelum Anda mulai mengganti oli mobil, pastikan temperatur mesin dalam kondisi yang ideal, yaitu hangat (tidak dingin dan tidak terlalu panas). Hal ini dikarenakan dalam kondisi tersebut semua kotoran yang ada di mesin masih tercampur dengan oli sehingga akan ikut terbuang. Selain itu, kondisi mesin yang hangat juga memudahkan oli mengalir.

Kuras Oli Lama

Anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti oli baru, wadah untuk menampung oli bekas, kunci sok, dan senter untuk memudahkan proses penggantian oli. Langkah pertama dalam pengurasan oli, Anda pastikan mobil sudah dalam keadaan terangkat di tempat yang rata dan terkunci rem tangan. Untuk mengangkat mobil, bisa menggunakan dongkrak. Pastikan Anda meletakkan di titik yang tepat agar prosesnya berjalan dengan mudah.

Selanjutnya, buka penutup oli. Untuk Anda yang belum tahu lokasi penutup oli, letaknya ada di bagian atas mesin. Tujuan dari membuka penutup oli ini agar ada udara yang masuk sehingga memudahkan oli keluar. Setelah itu, Anda buka baut yang letaknya paling dekat dengan mesin. Namun, pastikan wadah untuk menampung oli yang keluar sudah ada di bawah mesin tersebut. Biasanya, setelah baut terbuka, oli langsung mengalir dan biarkan oli lama keluar dari mesin secara menyeluruh.

Tutup Baut Penguras Oli

Setelah oli terkuras dengan sempurna, jangan lupa untuk pasang lagi baut penguras oli. Pastikan juga bahwa baut tersebut sudah terpasang dengan benar untuk mengindari kebocoran. Untuk memastikannya, Anda bisa menunggu beberapa saat apakah masih ada oli yang menetes atau tidak.

Pasang Filter Oli

Untuk langkah ini juga sampai tertinggal ya. Sebab mengganti oli saja sebenarnya masih belum cukup untuk menjaga mesin tetap prima.Oleh karena itu, disarankan juga untuk Anda mengganti saringan oli atau filter. Letak saringan oli ini bisa berada di bagian depan, samping, atau belakang mesin. Filter oli ini berwarna putih, hitam atau biru dan berbentuk silinder kira-kira 8 cm dengan panjang 10 hingga 15 cm. Bisa dibilang filter oli ini mirip seperti kaleng.

Untuk melepaskan filter oli tersebut tidak sembarang, yaitu dengan cara memutar yang berlawanan dengan arah jarum jam. Lakukan cara ini secara perlahan dan Anda harus memegangnya dengan kuat. Jika sudah lepas, Anda bisa memasang filter oli , tetapi jangan terlalu kencang. Agar aman, ikuti saja petunjuk yang ada pada buku manual.

[quads id=4]

Tuangkan Oli Baru

Jika filter oli baru dan baut penguras oli sudah terpasang dengan sempurna, kini barulah Anda menuangkan oli baru melalui lubang pengisian. Pastikan Anda sudah tahu jenis oli yang cocok untuk mobil Anda. Sebab, jika salah tentu akan berdampak pada performa mesin mobil Anda. Setelah selesai menuangkan oli, pasang kembali tutup pengisian oli dan bersihkan tetesan oli yang ada di sekitarnya.

Hanya lima langkah saja lho untuk mengganti oli mobil di rumah. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel hanya untuk mengganti oli ya. Selamat mencoba!

Comments are closed.