5 Cara Mudah Menghemat Bahan Bakar

Mobil

Menghemat bahan bakar kendaraan secara tidak langsung ikut mengurangi pengeluaran Anda. Jadi, mulai saat ini yuk ketahui teknik mengemudi untuk menghemat bahan bakar!

Selain beras dan bahan pokok lainnya, BBM juga menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat yang cukup menyita perhatian. Bisa dikatakan BBM dipilih sebagai patokan untuk standarisasi harga barang lainnya. Pasti Anda pernah merasakan jika BBM naik, hampir semua harga lainnya pun ikut naik dan kondisi ini pasti membuat Anda kesal karena harus mengantur keuangan agar tidak bermasalah.

Salah satu cara agar kondisi keuangan tetap stabil ya mengurangi pengeluaran dan menjadi lebih bijak mengeluarkan uang. Misalnya, Anda harus bisa meminimalisir pengeluaran dalam urusan berbelanja, berkendara, dan lain-lainnya.

Jika sebelumnya Anda sering belanja barang-barang yang tidak penting, mulai sekarang bisa lebih mengurangi. Begitu pun dengan berkendara, jangan menggunakan mobil jika memang tidak begitu dibutuhkan. Lebih baik jalan kaki jika jarak yang ditempuh memang tidak terlalu jauh atau menggunakan transportasi yang pastinya lebih murah.

Namun, jika memang aktivitas setiap hari mengharuskan menggunakan mobil, pastikan Anda berkendara dengan cara yang tepat. Tak hanya berkendara dengan aman, pengemudi juga harus tahu bagaimana teknik mengemudi untuk menghemat bahan bakar. Apalagi cara mengemudi memiliki andil yang besar dalam mempengaruhi jumlah bahan bakar yang terbakar. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk menghemat bahan bakar?

[quads id=1]

Pastikan Kondisi Mesin Selalu Prima

Kondisi mesin yang prima merupakan salah satu pengaruh konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih hemat. Oleh karena itu, mengapa mobil Anda diharuskan melakukan pengecekan dan servis secara rutin. Periksa buku manual kendaraan untuk mengetahui kapan mobil Anda harus melakukan servis. Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi mesin yang prima, yaitu dengan cara mendengarkan suara mesin setiap kali Anda menyalakan mobil. Bunyi mesin yang normal pastinya akan terdengar halus sesuai dengan jenis mesin mobil itu sendiri.

Jangan Melakukan Pengereman Mendadak

Untuk cara mudah menghemat bahan bakar yang ini dibutuhkan teknik mengemudi yang baik. Anda harus bisa memperkirakan kapan waktu Anda mengerem agar proses mobil berenti menjadi lebih halus. Mengerem mendadak bukan hanya mengikis rem dengan cepat, tetapi juga bahan bakar menjadi lebih boros. Sebab, jika Anda terlalu sering mengerem mobil dalam keadaan berhenti dan akan lebih sering memulai tarikan dari titik bawah. Cara nyetir yang benar agar bahan bakar hemat, yaitu dengan menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap dan jangan langsung menginjak sekaligus. Selain boros BBM, cara berkendara ini juga sangat berbahaya.

Pastikan Ban Mobil Memiliki Cukup Udara

Ban mobil yang kekurangan angin bisa menyebabkan gesekan antara ban mobil dengan jalan menjadi lebih besar dan hal ini tentu sangat tidak dianjurkan. Sebab, ban mobil yang kurang angin mengakibatkan tarikan gas menjadi lebih berat sehingga bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih banyak. Namun, mengisi angin ban mobil terlalu banyak juga tidak baik. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tekanan ban yang sesuai untuk mobil Anda. Jika Anda mampu menjaga tekanan angin pada angka yang direkomendasikan, pastinya Anda sukses menghemat bahan bakar sebanyak 5 hingga 20 persen.

Menyalakan AC Sesuai Kebutuhan

AC memang memberikan kesejukan, tetapi jika sekiranya Anda tidak terlalu membutuhkan, sebaiknya jangan dinyalakan. Sebab, AC yang menyala sebenarnya sangat menguras bahan bakar. Apalagi jika Anda menyalakan AC diset ke suhu yang sangat rendah, semakin banyak juga bahan bakar yang dikeluarkan. Jadi, bijaklah dalam penggunaan AC agar Anda mampu menghemat bahan bakar.

[quads id=4]

Pilih Bahan Bakar yang Berkualitas

Di Indonesia memang ada banyak jenis bahan bakar, tetapi belum tentu semuanya cocok untuk kondisi mobil Anda. Pastikan Anda pilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Jangan pernah pilih yang lebih rendah dari yang direkomendasikan, sebab ini berdampak pada performa mesin Anda yang cepat rusak dan kemungkinan berdampak juga pada bahan bakar yang semakin boros.

Itulah lima cara mudah menghemat bahan bakar. Tidak sulit untuk Anda terapkan bukan?

Comments are closed.