5 Masalah yang Disebabkan Transmisi Matic Berat

Mobil

Transmisi matic berat bisa menjadi petanda bahwa ada masalah pada mobil Anda. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan dibagian lain.

Adanya jenis mobil matic, membuat orang semakin mudah untuk mengendari mobil. Tidak heran jika dipasaran, mobil jenis ini lebih banyak dicari dan diminati dibandingkan mobil manual, khususnya untuk wanita atau pemula. Namun, diluar kemudahan dan kelebihannya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus para pemilikinya, seperti cara perawatan yang jauh lebih rumit, ataupun kerusakan-kerusakan yang lebih parah dibandingkan mobil manual.

Berbicara kerusakan yang dialami mobil matic, banyak yang merasakan bahwa untuk satu kali perbaikan dapat mengahabiskan biaya yang tidak sedikit dan ini jelas terjadi. Salah satu contoh yang sering terjadi kerusakan adalah dibagain transmisi matic. Jika transmisi matic sudah terasa berat, kemungkinan ada beberapa masalah lain yang terjadi. Lalu, apa saja masalah yang akan timbul karena transmisi matic berat?

Sulit untuk Menggunakan Gigi Mundur

Anda merasa transmisi matic berat, salah satu penyebabnya Anda akan sulit untuk mundur. Jika ini terjadi, kemungkinan besar ada kerusakan pada sistem transmisi otomatis mobil Anda. Oleh karena itu, agar kerusakannya tidak menyebar ke mana-mana, Anda harus segera memperbaiki ke bengkel yang dipercaya.

Tuas Gigi Sulit bahkan Tidak Bisa Dipindahkan

Setelah Anda merasa transmisi matic berat, kemungkinan masalah lain yang akan timbul adalah tuas gigi akan sulit untuk dipindahkan. Kerusakan seperti ini bisa saja terjadi pada switch sistem transmisi otomatis mengalami kerusakan. Hal ini membuat posisi tuas gigi menjadi tersnagkut dan sulit untuk dipindahkan dari mode perking. Transmisi matic berat menjadi salah satu tanda yang harus Anda pahami untuk lebih cepat mengambil tindakan agar kerusakan tidak menyebar ke area yang lain.

Tarikan Tersendat

Penyebab lain dari transmisi matic berat adalah tarikan pada gas terasa tersendat-sendat. Jika Anda sudah mulai merasakan mesin bergetar bahkan melakukan hentakan saat pedal gas sedang diinjak dan pedal rem dilepaskan perlahan, maka kondisi ini kemungkinan terdapat dua kerusakan yang terjadi. Pertama terdapat kerusakan pada bagian solenoid pressure (TCM Speed Sensor) dan masalah kedua, pada jenis transmisi otmatis konvensional, biasanya dikarenakan kebocoran pada oli mesin ataupun oli mesin dalam keadaan kotor yang lama tidak diganti sehingga menyebabkan tidak mampu mengangkat perpindahan gigi yang terjadi pada putaran mesin.

Tidak Kuat Menanjak

Bila mobil Anda sudah mulai tidak kuat menanjak kemungkinan kerusakan bisa terjadi pada transmisi. Hal ini jangan dianggap remeh karena bisa saja mobil Anda mogok ditengah jalan ataupun terjadi risiko lain yang tidak diinginkan.

Bahan Bakar Menjadi Boros

Transmisi matic berat juga bisa menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan torsi pada mesin tidak bisa disalurkan dengan maksimal menuju roda sehingga dibutuhkan putaran mesin yang lebih dan otomatis memerlukan bahan bakan yang lebih banyak.

 

Comments are closed.