5 Tip Berkendara Aman bagi Wanita

Mobil

Setiap pengendara berisiko mengalami tindak kejahatan, baik yang ringan maupun berat. Hal ini bahkan lebih berisiko terjadi pada pengendara wanita. Maka dari itu, menerapkan tip berkendara aman bagi wanita adalah wajib hukumnya.

Sekarang ini, berkendara menggunakan mobil bukan hanya keahlian pria saja, tapi juga wanita. Bahkan, wanita pengguna mobil saat ini jumlahnya hampir menyamai pria. Banyak juga orang yang berpendapat bahwa pengendara wanita jauh lebih baik dan tenang. Jadi, tingkat kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh kaum hawa terbilang rendah.

Namun, berkendara bukan sekadar perkara aman dari kecelakaan saja. Faktanya, banyak hal buruk lain yang dapat terjadi saat berkendara, khususnya di malam hari dan di jalanan yang sepi, salah satu yang paling sering terjadi adalah perampokan. Memang, hal ini bisa menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita. Tapi, tentu hal tersebut berisiko lebih tinggi terjadi pada pengendara wanita karena orang jahat melihat bahwa wanita tidak sesigap dan sekuat pria dalam menghadapi masalah seperti ini.

Hal ini pun terbukti dari tingginya kasus perampokan yang dilakukan oleh penjahat pada pengendara wanita daripada pria. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi seluruh kaum hawa lebih peka dan awas saat berkendara kapan dan di mana pun. Agar tidak terjadi hal yang yang tak diinginkan, mari ikuti tip berkendara aman bagi wanita berikut ini!

Pastikan Seluruh Pintu Mobil Terkunci

Pintu mobil yang tak terkunci dari central lock tentu mudah dibuka dari luar. Hal ini akan sangat mudah dimanfaatkan oleh orang jahat untuk melancarkan aksinya.

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin berkendara menggunakan mobil adalah kunci seluruh pintu dari central lock, cek terlebih dulu sebelum pergi. Paling tidak, akses termudah bagi orang jahat untuk masuk ke dalam mobil sudah terjaga dengan baik.

Simpan Barang Berharga

Perampokan mobil terjadi karena adanya sesuatu yang berharga yang tak terlindungi dengan baik. Bisa dibilang, kaum wanita memiliki barang berharga yang lebih banyak dibandingkan dengan kaum pria, sebut saja perhiasan dan tas mewah.

Bila tidak disimpan dengan baik, barang berharga tersebut akan menjadi magnet bagi para penjahat yang berujung pada tindak kejahatan. Nah, untuk mengurangi risiko terjadinya hal tersebut, sebaiknya simpanlah barang berharga di tempat yang aman di dalam mobil. Usahakan barang-barang tersebut tak dapat dijangkau dengan mudah oleh lain.

Jangan Mudah Percaya Omongan Orang di Luar

Modus kejahatan saat berkendara sangatlah banyak, namun yang paling sering terjadi adalah omongan palsu dari orang asing di luar mobil. Jika ada orang yang mengatakan bahwa ban mobil Anda bocor atau semacamnya, jangan lantas percaya. Tentu Anda mengetahui perbedaan ban mobil yang aman dengan yang bocor saat digunakan berkendara.

Bila Anda lengah, tentu Anda akan menepi dan segera ingin mengecek kondisi luar mobil Anda. Nah, momen inilah yang dimanfaatkan orang-orang jahat untuk mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil atau bahkan membawa lari mobil Anda.

Sediakan Peralatan Penting

Orang jahat terkadang tak segan untuk melakukan hal yang keji pada pengendara, terlebih wanita. Jika Anda tak memiliki sesuatu untuk melawan, tentu tak ada yang dapat Anda lakukan selain pasrah melihat barang-barang berharga atau kendaraan Anda dibawa lari oleh penjahat daripada hal yang lebih buruk terjadi pada Anda.

Oleh karena itu, selalu sedia peralatan penting di dalam mobil adalah wajib hukumnya. Bawalah barang-barang seperti pepper spray, pemukul baseball, dan senjata listrik untuk dapat melakukan perlawanan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Hindari Jalanan Sepi

Bagi Anda yang bekerja, tentu Anda harus berkendara di malam hari. Sayangnya, sebagian besar jalanan terlihat sepi. Nah, jalanan yang sepi inilah yang berpotensi terjadinya tindak kejahatan.

Langkah terbaik untuk terhindar dari kejahatan saat berkendara di kondisi seperti ini adalah memilih jalan yang ramai dilalui pengendara lain. Memang jarak yang harus ditempuh mungkin lebih jauh, tapi demi keselamatan Anda, tentu hal ini bukanlah masalah, kan?

 

Itulah tip berkendara aman bagi wanita yang dapat Anda, kaum hawa, terapkan setiap harinya. Semoga Anda terhindar dari hal-hal buruk saat berkendara menggunakan mobil ya!

Comments are closed.