8 Spesifikasi Paling Menarik dari Wuling Cortez

Mobil

Wuling Cortez memang sudah sangat ditunggu-tunggu kemunculannya. Terlebih, mobil ini dibekali varian transmisi otomatis.

Pasar otomotif Indonesia telah lama “digempur” merek-merek baru dengan kendaraan anyarnya. Dari semua merek pabrikan ini terseliplah satu nama yang menjadi kuda hitam di kancah persaingan pasar kendaraan roda empat ini, Wuling namanya.

Wuling Cortez ada untuk menjadi salah satu referensi kendaraan roda empat terbaru yang di satu sisi menambah kesempatan masyarakat untuk membeli mobil dengan merek yang di luar kelaziman atau anti-mainstream. Pabrikan yang memiliki basecamp di daerah Cikarang, Bekasi, ini berasal dari daratan China, lebih tepatnya Wuling Motors ini adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Guangxi, China. Wuling Motors telah berada di Indonesia sejak 2015, dan memiliki dua jenis kendaraan yaitu Wuling Cortez dan Wuling Confero.

Sebagai pabrikan yang terbilang baru, Wuling tentu saja memiliki sesuatu yang berbeda dibandingkan pabrikan lain yang tentu saja sudah bercokol lebih lama di pasaran Indonesia. Penasaran ingin mengetahui lebih jauh segala aspek kelebihan Wuling Cortez ini?

Menariknya, ini dia hal-hal yang perlu diketahui tentang Wuling Cortez

Mesin dan Dimensi Wuling Cortez

Menggendong mesin berkapasitas 1.800cc dengan empat silinder DOHC membuat mobil ini tidak terlalu berat untuk mengeluarkan tenaga baik di putaran bawah maupun putaran atas. Daya maksimum yang dihasilkannya mencapai 129Hp pada putaran 5.600rpm. Sementara itu, torsi maksimum nya mencapai 174Nm pada putaran 3.600 – 4.000rpm.

Sebagai mobil yang menyAndang status multi purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga ini, Wuling Cortez memiliki mesin yang cukup mumpuni untuk digunakan dalam jarak menengah maupun jarak jauh antar kota antar propinsi.

Konfigurasi Jok

Wuling bisa dibilang cukup cerdas dalam meramu material interior. Nyatanya, dashboard bagian atas dilapisi oleh bantalan yang soft touch tapi untuk bagian yang mengarah kaca hanya plastik biasa. Fusion material ini juga berlaku di bagian agak ke bawahnya. Bahan panel kayu tersemat tepat di depan jok penumpang serta krom di daerah head unit, tapi plastik lagi-lagi ditemukan di bagian paling bawahnya.

Kesan premium tidak sampai di situ saja, di bagian pintu juga tersematkan bahan kulit dengan aksen jahitan. Persis di atasnya panel kayu pun tersematkan dengan aksen jahitan juga. Handle pintu yang tak hanya krom tapi juga metalik tampak sangat keren.

Bukan hanya bagian baris depan, bagian tengah pun secar umum menggunakan material yang sama. Leg room yang tersedia juga sangat lapang. Anehnya, karena sunroof yang ada tepat di atas kabin depan, AC double blower-nya ada di belakang kepala penumpang kabin tengah.

Baris terakhir yang sering jadi momok MPV karena ruang duduknya yang kurang nyaman, tidak berlaku bagi Wuling Cortez. Leg room-nya cukup lega, begitu juga bagian kepala. Sehingga bisa terhindar dari benturan yang diterima penumpang belakang saat terjadi goncangan.

Bagasi dan Storage

Bagasi bagian belakang Cortez benar-benar sangat luas. Ini belum lagi jika kursi baris belakang dilipat. Karena komposisi jok belakang yang 60-40, jadi tidak perlu mengorbankan tiga penumpang belakang. Ada yang menarik, kunci pelipatan kursinyan menggunakan cantolan batang besi yang kesannya “back to 90’s“.

Soal storage, Wuling Cortez ini bisa dibilang memiliki banyak ruang penyimpanan. Tak hanya itu, cup holder juga mudah ditemukan mulai dari baris belakang hingga depan yang ada di bagian door trim maupun di tengah jok baris depan.

Detail Eksterior

Desain depan Cortez yang telah mengalami facelift dari desain sebelumnya yang beredar di negara asal. Desain ini tampak cukup atraktif dan lebih modern berkat lis krom serta grill radiator yang panjang. Untuk lampu di bawah sudah menggunakan DRL, lampu utamanya projektor LED, fog lamp halogen, dan lampu sen juga menggunakan LED. Di lampu belakang, semuanya juga menggunakan LED. Menariknya, lampu sen belakang akan menyala jika pintu belakang dibuka.

Wuling Cortez juga diberikan tambahan 4 sensor parkir. Tidak ketinggalan juga desain wiper-nya frameless menambah kesan premium eksterior.

Detail Interior

Interior Wuling Cortez sangat lapang berkat tema dual tone. Tema dual tone di dalam kabin memberikan kesan luas daripada yang sebenarnya. Sejauh ini Wuling Cortez masih tersedia 7-seater captain seat. Wuling Cortez juga masih punya fitur menarik dan rasanya tidak bisa ditemukan pada mobil lain di kelas yang sama yaitu sunroof yang pengoperasiannya masih manual dan perlu menahan tombol untuk membuka kacanya.

Fitur dan Safety Berlimpah

Dari sisi keamanan, Wuling Cortez memiliki safety system yang cukup baik demi memenuhi keinginan masyarakat Indonesia yang beragam. Beberapa fitur Wuling Cortez yang jarang ditemui pada mobil lain adalah electric parking brake, di mana mobil ini tidak menggunakan tuas tradisional untuk melakukan parking brake, hanya tinggal menekan sebuah tombol, maka mobil ini akan langsung berhenti laiknya sedang menarik tuas rem untuk parkir. Kamera parkir belakang serta Airbag juga turut menemani perjalanan Anda, ditambah dengan ABS+EBD-BA dan electronic stability control yang membantu Anda ketika musim hujan mulai datang, menambah kekuatan mobil untuk berhenti dan memperbaiki kontrol ketika melewati jalanan yang licin.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

MID dan Head Unit

MID yang tersemat di Wuling Cortez sangat mengesankan untuk mobil sekelas ini. Ukurannya yang jumbo dan tidak mengkotak alias membulat mengikuti bentuk speedometer dan takometer.

Isi MID berukuran 7 inci ini terbilang sangat lengkap. Mulai dari tekanan ban individual, dua trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata serta real time, speedometer digital, total waktu berkendara dan jarak yang bisa ditempuh serta masih banyak lagi. Bisa disimpulkan MID di Cortez ini sangat jauh meninggalkan kompetitornya yang bermain di segmen yang sama.

Head unit 8 inchi dengan bentuk floating ala MPV mewah sekarang ini. Meskipun isinya sangat lengkap, namun kualitas layar sentuhnya masih lebih baik Wuling Confero.

Harga Wuling Cortez

Berdasarkan situs resmi mobil.wuling.id daftar harga Wuling Cortez untuk harga on the road Jakarta  Februari 2019

Produk Tipe Harga on the Road
Cortez 1.5 Cortez 1.5 S 6MT Rp197.800.000,00
Cortez 1.5 C 6MT Rp207.800.000,00
Cortez 1.8 Cortez 1.8C 6MT Rp222.000.000,00
Cortez 1.8C LUX+ 6MT Rp227.000.000,00
Cortez 1.8C i-AMT Rp232.000.000,00
Cortez 1.8C LUX+ i-AMT Rp237.000.000,00
Cortez 1.8L LUX 6MT Rp253.000.000,00
Cortez 1.8L LUX+ 6MT Rp258.000.000,00
Cortez 1.8L LUX i-AMT Rp263.000.000,00
Cortez 1.8L LUX+ i-AMT Rp268.000.000,00

Comments are closed.