Kekurangan Memasang AC Double Blower pada Mobil

Mobil

Ada banyak kekurangan jika Anda memaksakan memasang AC double blower pada mobil Anda. Apa saja kekurangan itu?

Kebutuhan sebuah pendingin dalam kabin mobil sudah menjadi kebutuhan utama, hal ini dikarenakan sebagai penunjang kenyamanan penumpang dan pengemudi saat berkendara. Oleh karena itu, sudah jarang sekali mobil baru yang tidak meyediakan pendingin di dalam kabin mobil.

Ada banyak faktor yang menyebabkan betapa pentingnya mesin pendingin di dalam kabin mobil. Salah satunya adalah polusi udara yang sudah tidak diambang batas normal sehingga tidak memungkinkan kita selalu membuka kACa ketika dalam berkendara.

Ada beberapa jenis pendingin untuk di dalam kabin mobil, yaitu AC dengan single blower atau AC double blower. Mungkin hingga saat ini masih banyak yang salah kaprah bahwa AC double blower memiliki tingkat pendingin lebih banyak dibandingkan yang single. Padahal, baik AC single ataupun double blower memiliki fungsi yang sama, yaitu menghembuskan udara segar dan memberikan rasa sejuk untuk penumpang dan pengemudi. Dengan diaktifkan AC, tentunya kita berharap dapat mencapai bagian ruang yang paling belakang, yang terdapat di baris ketiga.

Jadi, jika mobil Anda diganti menjadi double blower, itu hanya membantu untuk  lebih mempercepat pendingin ruangan hingga baris paling belakang dibandingkan single blower.

Namun, tidak semua mobil bisa dipasang AC double blower. Apa saja kerugian jika mobil dipasang jenis AC tersebut?

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Tidak Resmi?

Kerugian menggunakan AC Double Blower

Tarikan Mesin Bertambah Berat

apa itu ac double blower

Penambahan blower pada AC tentu akan menjadi beban bagi mesin mobil. Pada dasarnya, satu AC mobil saja sudah menjadi beban, bagaimana kalau dua. Hal ini akan menyebabkan mesin mobil akan terbebani. Otomatis akan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih banyak daripada menggunakan single blower.

Belum lagi tarikan mesin mobil ini juga sedikit banyak akan berpengaruh pada saat kondisi jalan menanjak. Mobil bisa tidak mampu untuk melalui tanjakan tersebut dengan mulus.

Performa Kendaraan Sedikit Berkurang

Tarikan mesin yang berkurang tentu akan berpengaruh pada performa kendaraan. Misalnya, menurunnya rpm dan sulit melalui jalan yang menanjak. Beberapa mobil memang sudah menggunakan double blower. Namun, mobil yang dimodifikasi, bukan bawaan dari mobilnya langsung bisa bermasalah.

Menurunnya performa tentu membuat Anda tidak dapat berkendara dengan nyaman. Kendaraan juga lebih sensitif dan tidak tahan jika dihadapkan pada kondisi cuaca apapun.

Boros Bahan Bakar

Pemakaian AC tentu akan menyerap bahan bakar yang lebih. Apalagi kalau dihidupkan pada saat perjalanan panjang. Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan malah bertambah jadi dua kali lipat.

AC yang memiliki satu blower saja sudah membuat bensin boros. Bagaimana jika ditambah jadi dua? Tentu saja Anda harus seing-sering mengisi bensin sampai full kalau tidak mau mobil mogok di tengah perjalanan.

Mobil Membutuhkan Perawatan Ekstra

Tarikan mesin bertambah berat dan menurunnya performa kendaraan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Ini artinya kendaraan membutuhkan perawatan ekstra agar bisa mempertahankan performanya seperti dulu. Jika dibiarkan begitu saja, yang ada malah kerusakan terjadi. Alhasil mobil tidak dapat digunakan secara maksimal.

Menambah Pengeluaran

Mobil yang membutuhkan perawatan ekstra tentu memakan biaya. Belum lagi jika boros bahan bakar, pengeluaran tentu akan bertambah jadi dua kali lipat. Hal ini perlu disikapi dengan bijak. Kalau tidak, bisa jadi 50 persen dari penghasilan akan habis untuk membayar biaya untuk kendaraan.

Menambah jumlah blower pada dasarnya oke-oke saja. Namun, Anda perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya. Jika kerugiannya lebih banyak daripada keuntungannya, lebih baik bertahan pada satu blower saja, ya.

Penyebab AC Blower Mobil Tidak Dingin

kekurangan ac double blower

Selain itu, perlu diketahui juga Anda ketahui penyebab-penyebab AC mobil tidak dingin. Agar pengetahuan Anda bertambah luas, berikut ini ulasan selengkapnya.

Berikut adalah cara mendeteksi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin:

Baca juga: Agar Tetap Prima, Ini Cara Merawat Mobil Injeksi

Drive Belt Putus

Drive belt atau yang lebih dikenal dengan sebutan fan belt AC yang putus bisa menjadi penyebab AC mobil double blower tidak dingin. Hal ini dikarenakan fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompresor AC.

Freon Berkurang atau Habis

Freon berkurang seringkali menjadi penyebab utama ACA mobil kurang dingin. Berkurangnya freon ini terjadi karena kebocoran pada sistem AC. Bocor freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu bisa diakali sehingga AC masih tetap berjalan seperti biasanya. Namun, hal ini hanya bersifat sementara dan perlu ada penanganan lebih lanjut. Kebocoran seperti ini sering ditemui di sel o ring pada sambungan-sambungan pipa AC. Selain iut, juga pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompressor.

Kondensor dan Radiator Kotor

mengenal ac double blower

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu, karatan, atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna. Hal ini berakibat pada proses kondensasi yang jadi tidak sempurna.

Tekanan Sistem AC Mobil Berlebihan

Tekanan pada sistem AC yang berlebihan bisa menyebabkan over heat pada sistem AC sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch. Selian itu, untuk kompressor AC yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

Itulah beberapa informasi seputar AC mobil yang mungkin banyak belum Anda ketahui. Untuk mengantisipasi berbagai kerugian yang mungkin dapat menimpa mobil Anda, tidak ada salahnya untuk membeli asuransi kendaraan dari Futuready untuk melindungi mobil Anda.

Baca juga: Memperbaiki Pintu Mobil Pentok Tanpa Harus ke Bodi Repair

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp
(widget)

Comments are closed.