After sales service Mitsubishi dan Toyota, Mana yang Terbaik?

Asuransi MobilMobil

Selektif memilih merek mobil impian. Jangan lupa perhatikan after sales service yang diberikan perusahaan. Ingin tahu mana yang memberikan pelayanan terbaik?

Dalam melakukan kegiatan penjualan, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mobil harus lah mengetahui cara-cara jitu menggaet pembeli dengan berbagai proses marketing yang baik. Selain melakukan promosi, penjelasan keunggulan kendaraan perlu juga dijabarkan. Yang juga tak kalah penting dan terkadang menjadi faktor pendukung ketertarikan bagi pembeli adalah adanya layanan setelah pembelian

After sales service dari perusahaan adalah sebuah layanan yang diberikan pada konsumen setelah melakukan pembelian produk. Layanan biasa diwujudkan dalam beberapa produk, mulai dari pemberian garansi dalam kurun waktu tertentu, garansi tukar barang, pelayanan perbaikan oleh tim yang bisa datang ke rumah, hingga customer service. Hal itu bisa menjadi pertimbangan bagi pembeli untuk memilih merek pabrikan mobil mana yang paling bisa memenuhi kepuasannya dalam memberikan layanan setelah pembelian. Sehingga bagi sebuah perusahaan mobil, amatlah penting menjaga kualitas after sales service yang bisa membangun dan menjaga hubungan baik jangka panjang dengan konsumen.

after sales service di bengkel

Sebagai konsumen Anda diharuskan selektif dalam menentukan perusahaan mobil mana yang memberikan pelayanan jangka panjang yang baik. Hal itu tentu untuk menghindari berbagai risiko di masa mendatang. Selain itu, melindungi kendaraan dengan memiliki asuransi juga bisa menjadi cara terbaik merawat mobil Anda. Pastikan selektif dalam memilih asuransi mobil karena kini Anda bisa dengan mudah menemukan merek asuransi kendaraan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Futuready. Mudah, aman dan cepat Futuready memberikan kenyamanan dalam memilih asuransi terbaik untuk Anda.

Baca juga: Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Ulasan After sales service Mitsubishi dan Toyota

Bagi Anda yang mungkin sedang bingung merek pabrikan mobil mana yang telah terbukti memiliki indeks kepuasan pelanggan terbaik, berikut ulasan dua merek pabrikan mobil yang digadang-gadang memiliki after sales service terbaik.

Toyota

layanan service di Toyota

Meraih predikat tertinggi Customer Service Index (CSI) Study 2017 dari J.D. Power Asia Pacific, Toyota berhasil membuktikan layanannya sebagai kategori mumpuni. J.D. Power sebagai lembaga jasa konsultasi marketing berskala global yang memberikan penilaian pada beberapa aspek melalui survei dari beberapa kategori. J.D. Power melakukan penelitian melalui studi pada 3.175 pemilik kendaraan Toyota baru yang menerima pengiriman kendaraannya sepanjang Maret 2015—September 2016 dan baru melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2016—September 2017.

Dari studi yang dilakukan, Toyota mendapatkan indeks tertinggi dengan poin sebesar 774 poin. Nilai ini di atas rata-rata indeks perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam survei, yaitu sebesar 770 poin. Mereka dianggap unggul pada dua faktor yaitu service initiation dan service quality. Menelisik standar layanan after sales yang dimiliki Toyota antara lain meliputi:

  • item pekerjaan servis berkala yang lengkap
  • penanganan kendaraan Toyota oleh teknisi andal
  • penggunaan suku cadang yang terjamin keasliannya (Toyota Genuine Parts)
  • peralatan yang sesuai dengan teknologi Toyota

Baca juga: Ini Perbedaan Bengkel Mobil Pilihan Authorized dan Non-Authorized

Kekhawatiran Anda menghadapi sulitnya mencari outlet Toyota tentu tak akan terjadi sebab Anda dapat menemukan 305 jaringan outlet Toyota yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Anda juga bisa menikmati beberapa layanan unggulan yang ditawarkan oleh Toyota namun layanan ini baru hadir di beberapa outlet saja, adapun layanan tersebut yaitu:

  • Toyota Mobile Service
  • Service Point
  • Express Maintenance
  • Bengkel 24 jam
  • Emergency Road Assistance (ERA)
  • Layanan Gratis Biaya Jasa Servis sampai dengan servis ke-6 (maksimum 4 tahun/50.000 km *tergantung mana yang tercapai lebih dahulu)

Toyota mengimbau bahwa mereka akan terus meningkatkan peran after sales service untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Hal itu senada dengan upaya agar pelanggan bisa merasakan pengalaman kepemilikan terbaik dan terus mempercayakan mobil mereka untuk ditangani oleh Toyota.

Penghargaan di tahun 2017 merupakan raihan Toyota untuk kali kedua. Tahun sebelumnya yaitu 2016 Toyota juga meraih predikat tertinggi kategori Customer Satistiction Index (CSI) dari J.D Power Asia Pasifik dengan nilai 789. Sayang, di tahun berikutnya posisi Toyota harus rela digeser oleh merek pabrikan mobil lain yaitu Mitsubushi. Keduanya memang menjadi rival sejati selama bertahun-tahun dalam memperebutkan predikat layanan pelanggan terbaik.

Mitsubishi

layanan service di mitsubishi

Tak kalah dengan Toyota, merek mobil satu ini juga merupakan langganan mendapatkan penghargaan after sales service terbaik. Dalam keterangan yang dirilis PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selama dua tahun berturut-turut pihaknya meraih peringkat tertinggi dalam kepuasan pelanggan untuk layanan after sales di antara kompetitornya.

Merek berlogo tiga berlian ini meraih skor tertinggi untuk layanan purna jual di Indonesia dalam studi yang dilakukan oleh J.D. Power. Studi tersebut dilakukan terhadap 2.786 responden pemilik mobil yang melakukan pembelian dan melakukan servis di dealer pada periode Februari 2018 hingga Juni 2019 dan pelanggan yang melakukan perbaikan di dealer resmi Mitsubishi pada periode Februai 2018 hingga Juni 2019.

Dengan capaian tersebut, Mitsubishi mengklaim telah meraih peringkat tertinggi di antara brand otomotif lainnya, dengan capaian skor sebesar 819 poin, skor ini tidak hanya merupakan skor tertinggi yang pernah diraih oleh Mitsubishi tetapi juga secara mass market. Adapun hal-hal yang mendasari Mitsubishi disebutkan memiliki layanan pelanggan terbaik yaitu meliputi lima faktor di bawah ini, yaitu:

  • Kualitas service (24%)
  • Inisiasi service (20%)
  • Pengambilan kendaraan yang telah di-service (19%)
  • Service advisor (19%)
  • Fasilitas service (18%)

Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi. Menurut Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting bagiperusahaan. Sedangkan bagi konsumen, produk dan kualitas servis merupakan yang utama. Maka dari itu Mitsubishi terfokus melihat ketertarikan dan kebutuhan konsumen serta bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Daftar Terbaru Mobil Mitsubishi Indonesia yang Terjual Laris Manis

Dari kedua merek pabrikan mobil di atas, rasanya tak heran jika mereka tumbuh menjadi kompetitor sebab target teguh mereka untuk dapat memberikan after sales service yang baik patut diacungi jempol. Keduanya sama-sama memberikan layanan terbaik bagi konsumennya sehingga hubungan antara perusahaan dan konsumennya terjalin baik dan melahirkan loyalitas yang tinggi. Tentunya, keduanya telah memiliki konsumen setia yang percaya akan integritas layanan perusahaan. Jadi, diantara dua merek mobil di atas, di mana tempat Anda menjatuhkan pilihan?

Comments are closed.