Agar Mengajukan Kredit Mobil Disetujui, Ikuti Tip Ini!

All About MoneyMobil

Mengajukan kredit mobil itu butuh trik dan pengetahuan yang lebih agar pengajuan kredit Anda disetujui. Jika Anda ingin mengajukan kredit tapi belum tahu apa yang harus dilakukan, semoga tip di bawah ini bisa membantu.

Fasilitas kredit memang masih menjadi solusi yang banyak dipilih masyarakat untuk mendapatkan barang yang diinginkan, salah satunya adalah mobil. Tidak dipungkiri jika mobil sudah menjadi kebutuhan utama yang semua masyarakat ingin memilikinya. Selain memberikan kepraktisan untuk ke tempat yang dituju, mobil juga memberikan kenyamanan di dalam perjalanan. Hal itulah yang menjadi alasan mereka untuk memutuskan membeli mobil meskipun caranya dengan kredit.

Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, tentu ada banyak hal dan juga syarat yang harus dipahami. Sebab, mengajukan kredit mobil tidak semudah dibayangkan dan tidak jarang juga pengajuan tersebut ditolak karena ada persyaratan yang tidak sesuai dengan prosedur. Oleh karena itu, agar pengajuan kredit mobil Anda disetujui, berikut ini tip yang harus Anda ikuti.

[quads id=1]

Tentukan Tipe Mobil yang Diinginkan

Setiap tahun masing-masing perusahaan mobil berlomba-lomba mengeluarkan tipe mobil baru. Berharap bisa menarik perhatian masyarakat dengan keluaran terbaru warna, ukuran, model, dan juga harga yang tentu menjadikan persaingan semakin ketat. Masing-masing perusahaan menawarkan keuntungan tersendiri. Namun, Anda sebagai calon pembeli jangan terpengaruh dengan hanya keutungannya saja, sesuaikan juga kebutuhan. Menentukan tipe mobil sebelum Anda memutuskan untuk membeli memang suatu hal yang sangat penting, sebab secara tidak langsung hal itu dapat berguna untuk mempersingkat waktu persetujuan kredit.

Pilihlah Mobil yang Sesuai Anggaran

Apa pun jenis kredit yang ingin dipilih, tentu akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda. Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, pastinya sudah memiliki keyakinan bahwa kondisi keuangan bisa memenuhi semuanya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih mobil yang sesuai dengan anggaran. Sebab hal ini akan berpengaruh pada jumlah DP dan cicilan perbulan yang harus dibayarkan. Jangan sampai Anda mengalami kredit macet, dan jika hal ini terjadi maka kredibilitas Anda akan turun di mata leasing maupun dalam catatan Bank Indonesia. Sehingga akan mempersulit Anda ketika ingin mengajukan pengajuan kredit selanjutnya, karena rekam jejak keuangan Anda sudah negatif.

Menghubungi Diler Mobil Terdekat

Jika Anda memiliki seorang rekan yang bekerja di diler mobil, jangan segan untuk mencari informasi tentang mengajukan kredit mobil darinya. Mulai dari leasing yang terbaik, program cicilan, dan juga promo-promo yang ditawarkan. Namun, jangan terpaku dengan satu diler saja, Anda bisa mencari berbagai diler lain sebagai pertimbangan.

Buat Rekening Pribadi

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, ada baiknya Anda membuat sebuah rekening yang sehat. Hal ini disebabkan pihak leasing akan mempercayai semua laporan rekening pribadi yang Anda miliki karena menyangkut 5 C, yaitu Character, Collateral, Capital, Condition, Capacity yang memang menjadi acuan dasar pemberian kredit. Artinya pemasukan dan pengeluaran dalam rekening Anda harus berimbang dan surplus aktif. Jadi walaupun pemasukan tidak terlalu banyak, secara nominal pemasukan terus meningkat.

[quads id=4]

Kelengkapan Data Administrasi

Data-data administrasi menjadi hal yang penting untuk Anda pahami. Ada sejumlah dokumen yang harus Anda persiapkan untuk mengajukan kredit mobil, seperti Kartu Keluarga, KTP, Slip Gaji, Rekening Tabungan, Rekening Listrik/Telepon/Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan tersebut. Pastikan semua dokumen yang menjadi syarat merupakan data terbaru dan dibuat dengan jujur. Hal ini agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Jika tip di atas sudah bisa Anda lakukan dengan benar, kemungkinan besar pengajuan kredit Anda akan aman dan cepat disetujui. Selamat mencoba!

Comments are closed.