Agar Tetap Waspada! Kenali Bermacam Jenis Operasi Lalu Lintas Polisi

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Setiap tahun Korlantas Polri memiliki beberapa agenda operasi lalu lintas, ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang aman dan lancar di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi lalu lintas atau yang dikenal dengan razia merupakan agenda yang sering menjadi momok bagi para pengendara bermotor. Kegiatan operasi ini merupakan suatu bentuk tindakan tegas kepolisian demi menciptakan disipilin berkendara. Namun hal ini bukanlah suatu permasalahan besar, selama Anda patuh dan taat pada peraturan lalu lintas dan juga melengkapi syarat-syarat berkendara.

Di Indonesia sendiri, mengenal delapan jenis operasi lalu lintas juga dengan periodenya. Tak ada salahnya yuk mencari tahu!

Operasi Patuh

Jenis dari operasi ini dilakukan saat menjelang Ramadhan yang berlangsung selama dua pekan. Ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan raya. Pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan untuk kelengkapan surat dan atribut kendaraan. Pengendara yang melakukan pelanggaran akan langsung ditilang.

Setiap wilayah dan daerah memiliki nama operasi sendiri-sendiri, seperti Patuh Jaya di Jakarta, Lodaya di Jawa Barat, Patuh Candi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Itu beberapa contoh nama operasi dari beberapa daerah, itupun masih banyak lagi dari beberapa daerah yang ada.

Jadwal: Tiap kali menjelang bulang Ramadhan periode (Mei-Juni) dan diselenggarakan selama dua minggu.

Jenis Tindakan : Penilangan

Operasi Ketupat

Operasi ketupat ini identik dengan Hari Raya Lebaran yang bertujuan untuk menertibkan arus mudik dan dilakukan pada H+7 hingga H+7 Lebaran. Hal ini, membuat Polisi tidak menilang tetapi hanya memberikan teguran agar arus lalu lintas berlangsung aman dan lancar.

Jadwal: H-7 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri

Jenis Tindakan: Teguran secara baik-baik, karena operasi ini mengawal arus mudik dan arus balik Lebaran.

Operasi Simpatik

Operasi lalu lintas ini merupakan agenda yang bisa memberikan peringatan kepada pengendara yang telah melanggar lalu lintas. Kegiatan rutin ini, selalu diadakan setiap tahun selama 21 hari dan berlaku untuk nasional.

Jadwal: Di periode pertengahan tahun (diselenggarakan sebelum operasi patuh) ini berlangsung selama 21 hari.

Jenis Tindakan: Ditegur baik-baik, bila tertib dapat hadiah.

Operasi Zebra

Menjelang akhir tahun biasanya pihak kepolisian akan menggelar operasi zebra yang diselenggarakan di bulan November setiap tahunnya. Polisi akan melakukan pengecekan kelengkapan surat dan atribut kendaraan lainnya, tentu saja jika tidak sesuai atau tidak lengkap makan akan ditilang sesuai dengan peraturann lalu lintas yang berlaku.

Jadwal: Sekitar bulan November-Desember (menjelang Hari Natal). Berlangsung selama dua minggu.

Jenis Tindakan: Peneguran, jika mengemudikan kendaraan membahayakan lalu lintas sekitar akan ditilang.

Operasi Lilin

Operasi lilin ini merupakan rangkaian dari operasi zebra dengan fokus utama untuk menciptakan suasana dan kondisi lalu lintas yang aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Biasanya, Kepolisian sering mengadakan operasi ini di pusat perbelanjaan atau tempat ibadah dan lain sebagainya.

Jadwal: Biasanya digelar H-3 Hari Natal dan H+1 Tahun Baru.

Jenis Tindakan: Ditegur, bila mengancam keselamatan orang lain akan dihukum.

Operasi Lintas

Berikutnya adalah operasi lintas yang merupakan operasi gabungan antara Polisi, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga TNI akan merazia dan mengecek kelengkapan surat. Pemeriksaan juga termasuk kendaraan yang parkir secara liar.

Jadwal: Tidak ada jadwal tetap, biasanya berlangsung selama 2 minggu.

Jenis Tindakan: Ditilang.

Selain jenis operasi lalu lintas di atas, ternyata ada juga jenis operasi polisi yang dilaksanakan untuk menyambut pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum yang biasanya dilakukan selama lima tahun sekali, seperti Operasi Mantap Praja dan Operasi Mantap Brata.

Operasi Mantap Praja

Jadwal: Operasi ini saat penyelenggaraan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah).

Jenis Tindakan: Ditindak hukum.

Operasi Mantap Brata

Jadwal: Operasi ini digelar saat Pemilu (Pemilihan Umum), atau lima tahun sekali.

Jenis Tindakan: Ditilang

Comments are closed.