Air Radiator Mobil Cepat Habis Apa Penyebabnya?

AsuransiLifestyle & LeisureMobil

Air radiator mobil harus sering dirawat dan di cek rutin, namun sering kali terjadi air radiator mobil cepat habis padahal belum lama diisi. Apa penyebabnya?

Sistem air radiator meruapakan salah satu komponen pada mesin mobil yang berguna untuk mendinginkan atau menguransi panas mesin mobil. Sehingga dengan adanya radiator, overheating pada mesin dapat dihindari dan membuat suhu mesin lebih stabil. Sangat penting juga untuk terus menjaga temperatur mobil agar tidak cepat panas dan habis. Kalau sudah begitu, bisa mengakibatkan mesin mobil panas dan mati nantinya. Anda juga bisa mewaspadai jika air radiator mobil cepat habis, ini bisa menjadi indikasi sistem radiator yang tidak beres.

Apa penyebab air radiator mobil cepat habis dan panas? Berikut ini yang perlu Anda ketahui.

Tutup Radiator

Tutup radiator mobil yang sudah melemah bisa menjadi indikasi dari penyebab air radiator cepat habis. Ini terjadi karena ada kerusakan pada karet bagian tutup radiator. Dengan tutup karetnya yang sudah melemah, ini bisa membuat air radiator mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat.

Sirip Radiator Bocor

Sirip Radiator yang mengalami kebocoran bisa juga menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Sebaiknya sering untuk mengecek rutin pada bagian tersebut, sehingga bila terjadi kebocoran maka Anda bisa segera mengatasinya.

Kipas Radiator Lemah

Melemahnya kipas radiator bisa menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Faktornya bisa dari carbon brush yang mulai habis, magnet yang ada pada cooling fan sedikit bergeser. Hingga kipas yang menggunakan visco fan radiator, yang ada cairan di dalam kopling kipas tersebut terbuang keluar.

Water Pump Bocor

Jika water pump mengalami kerusakan atau bocor, maka bisa mengakibatkan penurunan volume air radiator yang cepat. Jika kebocoran yang cepat ini tidak segera diperbaiki maka bisa membuat mesin mengalami over heating, sehingga air radiator mobil cepat habis.

Selang Radiator Tidak Rapat

Selang radiator yang tidak rapat juga bisa menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Ini bisa membuat air radiator mudah keluar dari celah antara selang dan besi radiator. Tentu langkah yang harus dilakukan yakni, merapatkan selang pada radiator agar tidak terjadi celah yang membuat kebocoran pada air radiator.

Tips Merawat Air Radiator Mobil

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab air radiator cepat habis, maka yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah merawat air radiator mobil. Dengan cara yang tepat dalam merawat air radiator mobil, maka air radiator akan tetap terjaga dan mobil akan selalu optimal.

Volume Air Radiator

Anda harus sering mengecek volume air pada radiator secara rutin, agar tidak over heat pada mesin.

Bersihkan Tangki Radiator

Dengan menguras atau membersihkan tanki radiator mobil secara rutin. Ini penting untuk terhindar dari korosi pada komponen yang berasal dari bahan logam yang mengalir melaui lubang-lubang khusus pada silinder head.

Anda bisa melakukannya minimal 2 minggu sekali, agar temperatur mesinnya tetap normal kondisinya.

Jangan Gunakan Air Keran

Fungsi utama air radiator juga bukan hanya sebagai pendingin mesin, melainkan untuk mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Untuk itu, sebaiknya Anda harus menghindari pemakaian air keran.

Gunakan Air Coolant

Gunakan air radiator coolant untuk menjaga air radiator mobil. Air ini khusus untuk menjaga temperatur mesin mobil, yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangka radiator.

Sebaiknya Tanyakan kepada beberapa bengkel-bengkel dan dealer atau bengkel mobil, untuk radiator coolant yang cocok pada mobil Anda.

Isi Air Radiator

Langkah selanjutnya untuk mengganti air radiator mobil, yaitu mengisi cairan khusus coolent untuk air radiator. Air radiator juga bisa diisi dengan air biasa, namun air biasa terkadang menimbulkan kerak pada mobil.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.