Apa Fungsi Utama dari Lampu Strobo Mobil?

Mobil

Lampu strobo mobil memang salah satu aksesori yang kerap digunakan untuk memodifikasi. Namun, tidak semua aksesori bisa digunakan oleh semua orang, salah satunya lampu ini yang hanya boleh digunakan oleh mobil tertentu saja.

Memodifikasi mobil memang sudah menjadi suatu hal biasa yang dilakukan. Namun, masih saja banyak orang yang memodifikasi kendaraannya tanpa mengukuti aturan yang ada. Jika hal ini terjadi, tentu ada risiko dari aparat berwenang yang akan membayangi sepanjang perjalanan Anda.

Ada banyak modifikasi mobil yang dilakukan, seperti mengganti pelat nomor, mengubah body cat mobil, hingga menambahkan lampu strobo di bagian depan kendaraan sebagai hiasan. Jika Anda memahami aturan modifikasi mobil, sebenarnya aksesoris itu tidak bisa dipasang sembarangan karena ada undang-undang yang mengatur pemakaiannya. Tidak sedikit polisi merazia pengguna mobil yang memasang lampu strobo tanpa keperluan yang jelas. Kalau begitu, apa fungsi fungsi sebenarnya dari lampu strobo dan siapa saja yang berhak menggunakannya?

Fungsi dari Lampu Strobo Mobil

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa fungsi utama dari lampu strobo adalah untuk memberikan isyarat atau tanda memiliki hak utama untuk kelancaran. Oleh karena itu, lampu ini tidak boleh sembarang orang yang menggunakan. Hanya kendaraan-kendaraan yang memiliki kepentingan tertentulah yang berhak menggunakan lampu ini. Lalu, siapa saja yang berhak memasang lampu strobo di mobilnya?

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Pemasangan lampu strobo sudah diatur dalam Undang-Undang No. No. 22/2009 pada ayat (1) dan (2). Oleh karena itu, sesuai undang-undang tersebut, berikut ini orang-orang yang berhak menggunakan lampu strobo mobil.

  • Mobil Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia menggunakan lampu isyarat dan sirene yang berwarna biru.
  • Mobil tahanan, mobil pengawalan Tentara Nasional Indonesia, mobil Pemadam Kebakaran, mobil ambulans, mobil Palang Merah, dan mobil jenazah menggunakan lampu isyarat warna merah.
  • Mobil patroli jalan tol, mobil pengawasan sarana dan prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mobil perawatan dan pembersihan fasilitas umum, mobil penderek kendaraan, dan mobil angkutan barang khusus menggunakan lampu isyarat warna kuning.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Baca juga: Ini Strategi Mengikuti Lelang Mobil Agar Tidak Tertipu

Nah, sudah tahukan sekarang apa fungsi dan siapa saja yang berhak menggunakan lampu strobo. Agar Anda tidak mendapatkan tindakan larangan dari petugas yang berwenang, mulai sekarang patuhilah peraturan yang sudah ditetapkan oleh Kepolisan dan juga Pemerintah ya.

Comments are closed.