Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Bengkel Tidak Resmi ?

Mobil

Sering menjadi polemik dan dilema ketika dengan bengkel resmi dan tidak resmi. Apa sih yang menjadi perbedaan dari bengkel resmi dan tidak resmi pada mobil?

Salah satu cara merawat mobil, yaitu dengan datang ke bengkel untuk melakukan pengecekan rutin. Baik itu dari mesin, ban, oli, kopling, dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan membawa mobilnya ke bengkel dalam kurung waktu satu atau dua bulan sekali. Berbicara soal bengkel, tentunya Anda akan membawa mobil Anda ke bengkel yang memang sudah memiliki kualitas terbaik, misalnya bengkel resmi berdasarkan brand mobil Anda. Namun, tidak sedikit juga yang membawa mobil ke bengkel tidak resmi karena alasan tertentu.

Jika Anda masih di dalam kebingungan dalam membedakan bengkel mobil resmi dan tidak resmi berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Bengkel Resmi

Bengkel Resmi merupakan bengkel resmi milik dealer atau agen pemegang merek (APM) penjual mobil. Untuk bengkel ini sudah dipastikan mereka menerima layanan khusus untuk brand yang mereka jual saja. Berikut ini kelebihan dimiliki dari bengkel resmi.

Memiliki tenaga ahli bengkel yang sudah sangat berkompeten. Sebelum terjun ke lapangan, mereka sudah menjalani pelatihan. Mereka diklasifikasikan dalam tiga spesialisasi, yaitu general repair, foreman general repair, dan service advisor.

Standar suku cadang yang dimiliki sudah pasti sesuai dengan standar mobil yang bersangkutan atau original. Tidak memiliki suku cadang replika ataupun kelas satu kemiripan.

Bengkel mobil pilihan resmi memiliki peralatan bengkel yang sudah pasti lengkap, seperti hidrolik, scanner, dan lain sebagainya.

Di balik kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan dari bengkel resmi ini hanya pada harga yang ditawarkan. Pasti Anda sudah tahu jika melakukan perawatan mobil di bengkel resmi harga jasa yang ditawarkan pasti jauh lebih mahal dibandingkan harga di bengkel tidak resmi. Namun, di balik harga yang tinggi ada layanan yang terbaik juga.

Bengkel Tidak Resmi

Bengkel tidak resmi atau yang sering disebut bengkel umum tentu tidak memiliki afiliasi dengan APM atau dealer mobil tertentu. Biasanya untuk bengkel mobil ini bisa menangani semua jenis dan merek mobil. Asalkan teknisinya memang menyanggupi. Meskipun bengkel ini umum, tetapi minat masyarakat yang datang untuk melakukan perawatan mobilnya cukup tinggi karena bengkel ini memiliki kelebihan berikut ini.

Harga menjadi pertimbangan utama masyakarat yang datang ke bengkel umum. Harga jasa yang ditawarkan bengkel tidak resmi ini jauh lebih murah dibandingkan bengkel resmi. Tidak sedikit juga bengkel umum memberikan kualitas tidak jauh berbeda dengan bengkel resmi.

Suku cadang yang dijual juga beragam. Bengkel umum memiliki banyak pilihan, seperti suku cadang OEM (original seperti di bengkel resmi), after market, suku cadang tiruan, dan lain-lain.

Bengkel umum biasanya lebih fleksibel dan sudah beredar dipelosok-pelosok. Jadi, jika tiba-tiba mobil mogok di tengah jalan, tidak jauh dari lokasi kejadian sudah ada bengkel umum tersebut.

Selain kelebihan tentu ada kekurangan dari bengkel umum sebagai berikut

Untuk tenaga teknisi yang dimiliki oleh bengkel umum biasanya bersifat objektif. Ada yang bagus, standar, dan bahkan kurang bagus. Baik di bengkel resmi maupun tidak resmi, semuanya dilengkapi dengan sklii dan kehalian juga. Letak utama perbedaannya biasanya saat ingin jika ingin servis, ganti oli, tunep dan hal-hal yang berhubungan dengan kondisi mobil yang harus diganti atau diperbaiki. Biasanya di bengkel resmi harus mendaftar dulu dan menunggu waiting list untuk mendapatkan jadwal mobil masuk bengkel resmi. Sedangkan di bengkel tidak resmi lebih bebas waktunya dan flekisbel, tentunya Anda juga ahrus mencari bengkel tidak resmi yang terpercaya juga.

Hingga saat ini, belum semua bengkel umum memiliki peralatan yang lengkap tidak seperti bengkel resmi. jadi sedikit sulit memang jika ada bagian-bagian mobil tertentu yang harus dicek.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.