Apa Saja Brand Mobil Pertama di Indonesia, Mau Tahu?

Mobil

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali produk mobil dari berbagai brand ternama. Jadi penasaran, apa saja brand mobil pertama di Indonesia?

Menelusuri siapa pemilik mobil petama di Indonesia tidak susah, berdasarkan cerita sejarah di museum kebudayaan Ulen Sentalu Yogyakarta. Pemilik mobil pertama di Indonesia adalah Pakubuwono ke X yang berasal dari Solo, tercatat pada 1894. Brand mobilnya bermerek Benz, dengan tipe Carlz Benz beroda empat. Saat melakukan pemesanan tersebut juga harus inden selama satu tahun.

Khusus tipe mobil ini memiliki banyak variasi yang dibuat berdasarkan pesanan Paku Bowono X. Sosok orang yang menjual mobil ini adalah John.c.Potter, yang dipercaya untuk mengurusi pengiriman mobil dari Eropa. kehadiran mobil ini hanya berselang delapan tahun setelah Karl Benz membuat mobil pertamanya, yang diakui sebagai mobil pertama di dunia.

Masuknya mobil pertama ke Surakarta pada 1894, menjadikan Indonesia berada dua tahun di depan jika dibandingkan sang penjajah Belanda yang baru menerimanya pada tahun 1896 di Den Haag. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki mobil lebih awal lagi dari Thailand yang menerima dengan merk Benz yang pertama, pada tanggal 19 Desember 1904.

Benz

Benz merupakan brand mobil pertama yang masuk di Indonesia, dengan seri Benz Phaeton. Paku Bowono X adalah orang pertama yang memilikinya. Sempat terlihat di muka umum pada 1924, saat mobil itu bawa ke Belanda melalui kapal di pelabuhan Semarang untuk diikutsertakan dalam pameran mobil RAI. Hingga saat ini tidak diketahui lagi di mana keberadaan mobil tersebut.

Daimler

Pada 1907 masih dari keluarga kerajaan lain di Solo, yakni Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Untuk ukuran harga di zaman tersebut, mobil merek ini tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-roang dengan kedudukan tinggi. Menggunakan mesin empat silinder dan sama seperti mobil yang digunakan oleh Gubernur Jendral di Batavia.

Orient Backboard

Berikutnya sebagai brand mobil yang termasuk pertama masuk Indonesia adalah Orient Backboard. Dimiliki oleh Raden Mas Ario Tjondro, seorang Bupati Brebes memiliki mobil pertaa untuk daerahnya di Pekalongan. Mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur, namun hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.

Maraknya Importir Mobil di Indonesia

Pada 1902, Pulau Sumatera kehadiran mobil Benz pertamanya yang merupakan kepunyaan Prof Dr W Schruffner di Medan. Kemudian ia menjadi kepala Deli Automobile Club, mobil Benz itu bermesin 2-silinder, dengan sistem pendingin air, bertenaga. Sang profesor kemudian membeli mobil Benz-nya yang kedua pada 1910, yakni Benz Persival.

Semakin ramainya pasar otomotif mobil di Indonesia, membuat para pengusaha berminat untuk menjadi importir mobil. Ide ini termasuk sangat langka dan jarang, jika menengok kembali masa itu. Selain itu belum ada juga kepastian hukum dan semangat para pembeli yang masih bisa dihitung dengan jari. Hal ini menjadikan bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang menjanjikan jasa kepengurusan pengiriman mobil dari negeri asal.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Di antaranya adalah R.S Stockovs & Zonnen Ltd yang mengurusi pesanan mobil-mobil Eropa ataupun Amerika, tetapi juga menyediakan suku-suku cadang lain yang diperlukan untuk mobil dan juga motor. Lalu ada juga nama Verwey & Lugard dan Velodrome yang memiliki kantor pusat di Surabaya.

Kemudian ada juga nama H. Jonkhoff yang awalnya memiliki usaha Piano kemudian beralih menjadi agen impor mobil dari Amerika seperti merek Ford dan mobil-mobil keluaran Jerman, seperti Darraq, Benz, Brasier dan Berliet. Dahulu mobil-mobil asal Italia dan Prancis kurang mendapat pasaran di Bataiva. Tapi setelah mendapatkan publikasi dan promosi yang tepat, menjadikan brand mobil tersebt banyak yang beli. Dulu Fiat sangat ikonik sekali bentuknya mungil namun tenaganya besar.

Comments are closed.