Audi R8, Sedan Sporty Andalan Pabrikan Jerman

Mobil

Audi R8 bukanlah hadir untuk pemanis pasar mobil sport. Pabrikan asal Jerman ini tak tanggung-tanggung dalam mengemas mobil berkapasitas dua penumpang ini.

Mobil buatan Eropa terkenal akan kemewahannya. Hal ini terbukti dari banyaknya mobil rilisan pabrikan asal Eropa yang merajai pasar mobil mewah di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Tapi, nyatanya pabrikan asal Eropa tidak hanya kental akan kemewahannya. Tak sedikit pula produsen mobil mewah asal benua biru merilis mobil sport yang berbentuk sangat gagah serta dibekali dengan mesin dan beragam fitur canggih.

Baca juga:  Lamborghini Urus, SUV Premium dari Italia yang Memukau

Salah satu mobil yang dimaksud tak lain adalah Audi R8. Pabrikan asal Jerman mengandalkan mobil satu ini untuk bersaing di ranah sedan sporty. Lalu, apakah Audi R8 ini setara dengan mobil sport buatan Eropa lainnya? Mari kita lihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap Audi R8

Desain Sporty dan Mewah

Mobil ini masih berpakem kepada desain lamanya yang menggunakan desain grill besar yang sangat sporty dengan rear tail di bagian belakang. Dengan melihatnya saja sejenak, Anda bisa mengetahui bahwa mobil ini benar-benar didesain untuk sebuah kecepatan sehingga menggunakannya di dalam kemacetan kota Jakarta akan sangat mubazir.

spesifikasi mobil audi r8

Untuk bagian depannya, mobil ini masih menggunakan grill besar untuk menunjukkan kegagahannya. Desainnya memang sangat simple dan elegan, tetapi sangat menunjukkan karakter dari mobil ini sebagai sebuah sports car.

Dilihat dari samping, sedan sporty buatan Audi ini memiliki bentuk yang sangat aerodinamis khas sports car. Bentuk kabin bagian depan yang melekung ke belakang membuat kesan sporty mobil ini benar-benar terasa.

Kesan sporty di bagian belakang juga sangat terasa dengan rear spoiler yang berada di bagian kap mobil. Bentuk rear grill dan tail lamp yang menyatu meningkatkan kesan maskulin dari mobil sport satu ini. Di bagian belakangnya juga Anda bisa melihat mesin V10 yang digunakan oleh mobil ini.

Ruang Kabin Mewah dan Nyaman

Memang tidak banyak hal yang diberikan oleh sebuah sports car di dalam sebuah kabinnya, sebab mobil ini memang didesain untuk penggila kecepatan dibandingkan sebuah mobil harian yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan harian.

Bagian kabin mobil sedan mewah dan sporty ini hanya bisa digunakan oleh dua orang dengan ruang yang cukup terbatas. Tetapi, dari bagian teknologi dan kenyamanan tentunya Audi menawarkan tingkat kenyamanan berkendara yang sangat baik. Dengan menggunakan bahan interior berupa kulit kualitas tinggi serta kuaitas build yang sangat baik, kenyamanan Anda saat berkendara di mobil ini akan sangat terjaga.

Pada bagian dashboard, mobil ini bisa dibilang sangat minimalis tanpa menggunakan berbagai macam tombol yang berlebihan. Anda hanya diberikan tombol pengaturan AC di bagian tengah serta bagian MMI di konsol tengah yang menyatu dengan shift gear. Penggunaan MMI ini sangat praktis dan mudah digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan pada mobil ini yang bisa dilihat di dalam virtual cockpit yang berada di depan setir.

Bila bagian dashboard dibuat sederhana, maka bagian setir sedan buatan Audi satu ini bisa dibilang memiliki banyak sekali tombol yang bisa Anda gunakan untuk mengatur mobil ini. Di bagian setir terdapat start/stop engine, pengaturan muffler, audio, drive select, dan juga pengaturan virtual cockpit.

interior audi r8

Semua tombol tersebut sangat mudah untuk digunakan agar tangan Anda bisa tetap fokus menyetir pada saat melakukan pengaturan mobil. Bagian virtual cockpit di dalam dashboard bisa menunjukkan status kendaraan, kecepatan bahkan peta navigasi yang bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Audi A7, Spesifikasi dan Harga Terbaru

Pada bagian joknya, Audi satu ini menggunakan kursi model bucket seat yang tentunya sangat nyaman untuk sebuah mobil sport. Jarak kursi dengan dashboard dapat diatur sesuai tingkat kenyamanan yang Anda inginkan.

Bagasi di mobil ini bisa dibilang sangat kecil tetapi tentunya bagian satul ini bukanlah sebuah hal yang utama karena Anda pasti membeli mobil ini untuk kecepatan bukan mengangkut banyak barang.

Fitur Mobil Audi R8

Fitur Keselamatan

Sistem pengereman ABS dan EDB, serta front impact dan side impact beams, crash sensor, parking sensor, seatbelt, dan juga berbagi fitur keamanan lainnya yang sangat lengkap. Sementara di bagian keamanan tersedia fitur  alarm dan juga immobilizer.

Fitur Hiburan

Sedan sporty berkapasitas dua penumpang ini menggunakan virtual cockpit sebesar 12.3 inci dengan menggunakaan pengaturan MMI adan sistem audio speaker dari Bang & Olufsen untuk pilihan kualitas suara yang jernih. Hal ini tentu menambah fitur hiburan pagi pengemudinya.

Dibekali dengan Mesin Gahar

Sejak awal kita sudah membahas sedikit bahwa mobil satu ini diciptakan oleh Audi untuk para penggila kecepatan. Maka, tak heran jika mesin yang ditanamkan pada mobil sport ini bukanlah mesin sembarangan.

Mobil ini menggunakan R8 Coupe V10 Plus 5.2L TFSI Quattro dengan kapasitas mesin sebesar 5204 cc. Mesin ini mampu menghasilkan ternaga hingga  602 hp dan torsi puncak 560 Nm. Dengan mesin ini, R8 bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4 detik saja! Bila merasa tarikan mesin ini masih kurang, Anda bisa berkendara dengan dynamic mode untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk mobil ini.

Faktor Pendukung Lainnya

mesin audi r8

Kapasitas tempat duduk yang disediakan R8 ada dua kursi, kapasitas tanki bahan bakar yang dimuat mencapai 73 Liter. Sungguh mobil yang bukan hanya bertenaga, namun juga dapat memuaskan hasrat akselerasi setiap penggunanya.

Pada bagian suspensinya, suspensi depan yang digunakan mobil seda sporty ini adalah suspensi MacPherson Strut, sedangkan suspensi belakang yang digunakan adalah Multi-Link.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap BMW Seri 3 2019 yang Semakin Modern

Girboks nya memiliki 7-speed, jenis penggeraknya AWD dan jenis transmisinya sudah otomatis.

Melihat spesifikasi lengkap Audi seri R8 di atas, jelas rasanya bahwa mobil ini bukanlah mobil sembarangan. Kapasitas penumpang dan bagasi yang kecil merupakan hal yang lumrah pada mobil sport, tak terkecuali pada seri R8 ini. Anda tertarik untuk memiliki mobil satu ini?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.