Bagaimana Cara Bayar Pajak Mobil Online

AsuransiAsuransi MobilLifestyle & LeisureMobil

Bayar pajak mobil online semakin mempermudah untuk melakukan transaksi sehingga tidak perlu repot mengantri lagi. Berikut ini cara bayar pajak mobil online yang perlu Anda ketahui.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor sudah menjadi kewajiban untuk membayar pajak kendaraan. Khusus untuk bayar pajak mobil, saat ini sudah ada langkah mudah nan praktis untuk bayar pajak mobil online. Dengan cara online akan mempermudah pemilik kendaraan untuk bayar pajak, sehingga tidak perlu repot-repot lagi harus mengantri ke samsat.

Berikut ini cara dan langkah untuk bayar pajak mobil online.

Situs e-Samsat

Bayar pajak mobil online yang pertama yaitu buka situs e-samsat yang ada di setiap provinsi. Jadi, sesuaikan dengan plant nomor kendaraan dari registrasi mobil tersebut. Misalnya, Anda tinggal di Bandung berarti harus di wilayah Bandung.

Lengkapi Data Kendaraan

Slanjutnyam Anda mengisi dan lengkapi data kendaraan untuk bayar pajak mobil online.

  • Pilih Kota: Pilih di kota mana kendaraan Anda plat nomornya terdaftar, misalnya di Bandung maka pilih Bandung.
  • Pilihan Samsat: Pilih kantor samsat mana dari kota tersebut yang dekat dari tempat tinggal Anda.
  • Masukan Pelat Nomor: Masukan pelat nomor kendaraan Anda.
  • Kode: Isi kode captcha yang ada di kotak sebelum verifikasi data

Jika semua informasi data yang telah Anda lengkapi benar, langkah selanjutnnya yakni masuk ke halaman baru. Halaman ini menjelasakan data kendaraan, mengenai jumlah pajak yang harus dibayar dan denda. Apakah sudah melewatu jatuh tempo pembayaran atau belum. Jika, semua data yang telah Anda lengkapi benar untuk bayar pajak mobil online maka selanjutnya klik kalimat ‘ingin melakukan pembayaran’.

Memilih Kota Tempat Nota Pajak

Sebelum Anda bayar pajak melalui sistem internet banking, cara bayar pajak mobil online harus mengisi form kembali. Ini akan digunakan sebagau bukti pengambilan nota pajak yang diserahkan ke Samsat kota di mana Anda tinggal.

  • Pilih Kota: Masukan kota di mana Anda ingin mengambil nota pajak
  • Pilih Samsat: Pilh samsat di mana Anda ingin mengambl nota pajak.
  • Bank: Tentukan bank apa jika hendak lakukan pembayaran
  • Layanan: Jika Anda ingin melakukan layanan internet banking, maka pilih itu
  • Kode Bayar: Lengkapi pengajuan kode bayar untuk tahap terakhir

Jika sudah lengkap semua, maka lihat jumlah uang yang harus dibayarkan. Kemudian akan diberi tahu di samsat mana nantinya untuk mengambil nota pajak.

Proses Bayar Pajak Mobil Online

Untuk yang berikut ini, yaitu proses bayar pajak mobil online melalui internet banking atau ATM maupun M-Bangking.

  • Buka Menu Bayar: Kemudian pilih multi payment, lalu pilih samsat yang terdekat dari tempat tinggal Anda.
  • Berikutnya masukan kode pembayaran di kolom bawah, yang telah Anda dapatkan dari pendaftaran web e-samsat.
  • Lanjutkan proses pembayaran ini, hingga nantinya ada bukti informasi yang memberitahukan kalau telah menyelesaikan proses pembayaran.
  • Print Out bukti pembayaran, sebagai tanda bukti sah untuk ditukat dengan nota pajak kendaraan yang baru.

Sebagai catatan Anda mempunyai waktu sampai tujuh hari sejak print out bukti pembayaran selesai. Sangat dianjurkan sekali, dalam melakukan bayar pajak mobil online setelah print out hari itu juga.

Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Setelah Anda telah selesai bayar pajak mobil online, maka selanutnya mengambil nota pajak di samsat. Nota tersebut yang sudah Anda daftarkan di awal proses pembayaran sebelumnya. Bawa juga bukti pembayaran beserta KTP dan STNK asli untuk ke loket pembayaran.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.