Bagaimana Cara Cek Mobil Bekas Banjir

Asuransi MobilMobil

Membeli mobil bekas terkadang harus apik dan pinntar dalam memilih, agar jangan sampai tertipu dengan beli mobil bekas banjir. Seperti apa cara jitu cek mobil bekas banjir?

Keinginan untuk memiliki mobil hanya mampu untuk membeli mobil bekas, itu tidak masalah selama Anda bisa memilih mobil bekas dengan kondisi yang masih prima. Jangan sampai setelah Anda sudah membeli mobil bekas, malah ada biaya-biaya tak terduga lainnya. Seperti servis besar untuk membersihkan sisa-sisa mobil karena ada indikasi mobil pernah terkena banjir.

Akibatnya, pembeli mobil bekas yang tidak mengetahuinya akan mendapat kerugian yang cukup besar. Untuk itulah sebaiknya teliti sebelum membeli, dengan mengecek keseluruhan kondisi mobil. Langkah ini perlu dilakukan untuk melakukan cek mobil bekas bajnir atau tidak.

Berikut ini tips untuk mendeteksi tanda-tanda cek mobil bekas banjir

Lokasi Asal Mobil

Hal terpenting dan merupakan yang sangat mendasar dalam cek mobil bekas banjir, Anda dapat mencoba mencari tahu informasi dari STNK dengan melihat alamat pemilik sebelumnya.

Tujuannya untuk mencari tahu daerah tempat tinggal sang pemilik  sebelumnya. Apakah merupakan salah satu lokasi rawan banjir atau tidak.

Aroma Mobil

Cara cek mobil bekas banjir berikutnya adalah area kabin. Salah satu tanda bekas banjir yang paling sukar dihilangkan adalah bau atau aroma tak sedap di sektor kabin.

Apabila tercium aroma tak wajar, seperti bau wangi berlebihan hasil dari penggunaan penharum ruangan kabin kabin,  atau bau kopi (yang dipercaya menghilangkan aroma tak sedap), juga bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Kondisi Fisik Mobil

Cek kondisi fisik mobil untuk cek mobil bekas banjir. Cara ini dilakukan untuk mencari tanda-tanda bekas banjir seperti karat dan noda fisik kendaraan. Jangan sampai hal ini luput dari Anda, salah satu bagian yang bisa Anda deteksi sendiri adalah dari sisi-sisi dinding area mesin.  Periksalah ada noda bekas terendam air atau tidak.

Biasanya noda pada bagian tersebut biasanya cukup sulit untuk dihilangkan, bahkan mungkin harus mengalami pengecatan ulang untuk menghapusnya.

Lampu Mobil Berembun

Cek dan perhatikan dengan teliti bekas uap air yang menjadi seperti embun dan menempel pada bagian kaca mika dalam lampu mobil, baik itu lampu depan dan belakang. Jika ditemukan embun padahal kondisinya masih bagus atau belum retak maupun pecah, besar kemungkinan air banjir pernah merendam mobil tersebut.

Cek Kondisi Bagasi

Berikutnya cara cek kondisi mobil bekas banjir atau tidaknya, Anda bisa lakukan pada sektor bagasi hingga ke balik karpetnya. Tempat dimana untuk menyimpa ban cadangan mobil, daerah ini jangan sampai terlewat. Jika memungkinkan periksa bagian di balik karpet interior mobil walaupun sedikit sulit untuk melakukan hal ini.

Begitu juga dengan bagian karet pintu pada bodi mobil, cari bekas-bekas pasir atau lumpur yang masih tersisa. Selain itu, cek juga daerah-daerah bawah dan dashboard mobil. Apakah ada noda akibat banjir atau tidak.

Test Drive

Untuk mengetahui dan cek mobil bekas banjir  atau tidak, adalah wajib untuk test drive. Untuk merasakan peformanya masih optimal atau sudah menurun. Jika mobil bekas banjir tidak diservis dengan total, akan timbul gejal-gejala seperti mobil susah untuk dihidupkan, mesin yang meraung tidak normal.

Tidak hanya itu saja, bahkan juga merembet ke  gangguan fungsi kelistrikan misalnya lampu-lampu indikator, fungsi whipper, dan fungsi lainnya yang berhubungan dengan elektrik mobil.

Sistem audio juga tentunya akan terganggu saat mobil pernah terendam banjir sehingga kinerjanya pasti bermasalah. Jika sudah diganti Anda boleh bertanya alasannya.

Service Record

Penting sekali untuk melihat rekam jejak servis mobil bekas yang ingin Anda beli. Mobil yang terawat dengan baik, selalu memiliki catatan servis di bengkel resmi.

Jadi Anda bisa cek langsung datanya melalui bengkel resmi, apa saja masalah-masalah yang terjadi melalui bengkel resmi.

Ajak Mekanik

Jika Anda memiliki kenalan atau kerabat yang bekerja sebagai mekanik bengkel resmi atau kepercayaan. Anda bisa mengajaknya untuk cek mobil bekas banjir atau tidak.

Sang mekanik biasanya akan mengetahui lokasi mana yang harus ia periksa untuk mengidentifikasi bekas-bekas mobil terendam banjir. Mulai dari menginspeksi oli, filter udara, sampai dengan area di balik roda termasuk rem dan komponen lainnya.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.