Bahaya Tidur di Mobil Saat AC Menyala

Mobil

Banyak kejadian orang tewas saat tertidur di dalam mobil yang diam saat posisi AC menyala. Apa yang saja yang menyebabkan bahaya tidur di mobil saat AC menyala?

Dari banyak kejadian tentang bahaya tidur di mobil saat AC menyala, penyebab utamanya adalah keluarnya gas karbon monoksida pada sistem pembuangan yang tidak berfungsi dengan baik. Pada saat seseorang menghidupkan AC dalam waktu lama saat mobil dalam kondisi menyala, namun diam tak bergerak dengan kondisi jendela tertutup rapat. Hal ini bisa membuat sirkulasi udara tidak berjalan, akibatnya gas karbon monoksida akan terakumulasi di dalam mobil. Sehingga orang yang terkena gas karbon monoksida yang lama akan banyak berakhir dengan kematian.

Kadar dari gas pembuangan kotor karbon monokisda bisa sangat cepat menyingkirkan oksigen, sehingga menghalangi hemoglobin darah mengikat oksigen. Kemudian akan mengalirkan ke seluruh tubuh hingga ke paru-paru dan otak. Saat asupan oksigen yang berkurang ini, dampaknya akan sangat berbahaya bagi jaringan ke dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kematian.

Efek dari orang yang terpapar gas karbondioksida akan lemas, kemudian akan mengantuk lalu berhalusinasi. Hingga tak banyak yanng bisa sadar untuk mencari pertolongan karena begitu lemasnya, saat karbon monoksida sudah memapar sirkulasi udara yang kita hirup.

Kebanyakan dari orang yang terpapar karbon monoksida kemungkinan kecil untuk bisa diselamatkan. Meskipun masih bisa diselamatkan akan menimbulkan efek yang bisa merusak otak dan sistem saraf. Hingga mampu memengaruhi kelakuan dan tingkat kepintaran, pertumbuhan lambat, sakit kepala, mual, dan muntah. Gejala umum yang sering timbul saat terjadi keracunan karbon monoksida yakni sakit kepala, pusing, lemas, mual, muntah, sakit pada dada kemudian merasa linglung.

Berikut ini tip agar terhindar bahaya tidur di mobil saat ac menyala dari keracunan gas karbon monoksida.

Periksa Sistem Pembuangan

Sebaiknya, secara rutin periksa sistem pembuangan pada mobil setiap tahunnya, kalau ada kebocoran kecil saja pada sistem pembuangan bisa memicu gas beracun karbon monoksida masuk ke dalam mobil.

Jangan Nyalakan Mobil Saat Garasi Tertutup

Jika garasi mobil Anda bentuk desainnya tertutup, sebaiknya jangan pernah menyalakan mobil saat di dalam garasi tertutup. Ini bisa mengakibatkan karbon monoksida cepat memenuhi ruangan tersebut. Buka jendela dan pintu saat mobil berhenti agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan udara bisa menetralisir karbon monoksida.

Jangan Tutup Kaca dan Pintu

Ketika Anda ingin beristirahat dalam mobil, hindari untuk menutup semua kaca dan pintu dengan AC yang masih menyala. Banyak kasus orang meninggal di dalam mobil, akibat tertidur dan keracunan gas karbon monoksida. Jika, ingin tidur sebaiknya Anda matikan mesin mobil kemudian buka jendela mobil untuk sirkulasi udara.

Comments are closed.