Begini Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil

Mobil

Saat ini, hanya melalui smartphone Anda bisa mendengarkan musik melalui audio mobil. Ada banyak cara menghubungkan HP ke audio mobil, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini!

Salah satu cara nyaman mengemudi mobil adalah sambil mendengarkan musik di perangkat audio mobil. Mendengarkan musik sambil menyetir membuat suasana berkendara semakin hidup dan juga mencegah kantuk, cocok untuk perjalanan jauh. Namun, perlu diingat untuk membuat batas untuk volume suara. Jangan terlalu keras, karena itu bisa sangat berbahaya saat berkendara.

Sekarang melalui smartphone Anda bisa mendengarkan musik di audio mobil, dengan cara menghubungkan hp ke audio mobil. Seperti empat cara yang akan dijelaskan dibawah ini.

Kabel Analog AUX

Cara menghubungkan hp ke audio mobil ini yang paling mudah dan murah. Jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur kabel audio, tentu akan mudah. Anda cukup memasang kabel analog tersebut ke outlet auxiliary yang bentuknya seperti headphone atau jack speaker. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan kaset adapter yang kabel auxnya untuk disambungkan ke hp Anda.

Berikut ini langkah-langkah menghubungkan musik dari HP ke audio mobil lewat kabel aux:

  • Ambil kabel aux lalu colokkan ke lubang Android, kemudian nyalakan tape yang ada di mobil. Pastikan HP terhubung dengan baik ke lubang aux,
  • Pilih menu aux atau av yang ada di layar tape.
  • Selanjutnya, putar lagu yang ada di hp Anda. Lagu tersebut akan keluar suaran melalui speaker mobil.

Bluetooth

Berikutnya, sebagai salah satu dari empat cara menghubungkan hp ke audio mobil yang akan dibahas kali ini adalah melalui bluetooth. Fitur bluetooth hanya tersedia untuk tipe audio dari beberapa mobil keluaran terbaru saja. Perangkat audio mobil yang dilengkapi bluetooth juga banyak dijual di pasaran otomotif. Tapi, tentu saja harganya juga mahal dan Anda pun juga harus dilengkapi dengan smartphone yang memiliki pemutar musik.

Berikut ini langkah-langkah menghubungkan musik dari HP ke audio mobil lewat bluetooth:

  • Hidupkan bluetooth yang ada di HP Anda.
  • Buka menu pengaturan, kemudian pilih bluetooth yang visible. Artinya, dapat dideteksi dan terkoneksi oleh semua perangkat.
  • Hidupkan perangkat audio yang ada di mobil.
  • Cek HP Anda, pastikan bluetooth terkoneksi dengan baik. Untuk mengecek apakah bluetooth sudah terkoneksi dengan HP juga mudah. Perangkat audio mobil otomatis, akan memberitahukan koneksi secara otomatis.
  • Setelah terkoneksi dengan baik, Anda dapat memutar mp3 dari HP dan akan langsung terdengar di speaker mobil.
  • Selama menggunakan fitur bluetooth, jangan lupa untuk memilih menu music pada perangkat audio. Tujuannya, agar Anda bisa mengontrol audio yang akan diputar di HP. Sehingga, bisa disesuaikan dengan speaker mobil.

USB

Sama halnya seperti bluetooth, sistem perangkat audio mobil sekarang banyak yang sudah kompitabel dengan kabel USB. Dengan kabel USB, Anda juga bisa menghubungkan dengan perangkat penyimpanan eksternal lainnya. Setelah semuanya terhubung, Anda bisa mencari lagu favorit yang tersimpan untuk bisa diputar melalui sistem audio mobil.

Berikut ini langkah-langkah menghubungkan musik dari HP ke audio mobil lewat USB

  • Jika port USB cocok dengan sistem audio mobil maka tinggal menyambungkan hp dengan adapter yang cocok.
  • Pastikan port USB mengidentifikasi perangkat  HP Anda.
  • Setelah HP Anda terhubung lalu beralih ke modus penyimpanan, pilih USB Mass Storage atau USB Connection Mode.

FM Transmitter

Cara terakhir menghubungkan HP ke audio mobil Anda juga bisa melakukan melalui FM Transmitter. Tapi yang harus diperhatikan adalah, fitur ini hanya bisa digunakan jika dua pilihan di atas tidak tersedia. Hal ini juga tergantung sinyal ketika audio mobil terhubung ke pancaran radio di jalan raya.

Adapun fitur ini memiliki beberapa kelemahan di antaranya:

  • Kualitas musik yang diputar menjadi tersendat karena bergantung pada pancaran audio.
  • Kualitas suara yang dihasilkan juga tidak bagus, jauh berbeda dengan kualitas audio yang diputar di handphone

Jika mobil Anda dilengkapi lengkap semua fitur pemutar musik di atas, maka amat sangatlah beruntung. Tapi jika tidak, pilih salah satu dari empat fitur di atas yang paling efektif dan membuat Anda juga nyaman saat mengendarai mobil.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Supermarket Asuransi

 

Comments are closed.