Beli Mobil Dan Asuransi Mobil Menjelang Ramadhan 2018

Asuransi MobilMobil

Beli mobil menjelang Ramadhan 2018 – Tinggal hitungan minggu, tentu umat muslim sudah sibuk memyiapkan segalanya untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan termasuk membeli mobil.

Salah satu persiapan menjelang bulan Ramadhan adalah membeli mobil berserta asuransinya. Sebab, beberapa orang percaya beli mobil menjelang Ramadhan lebih baik daripada mendekati lebaran nanti. Benarkah itu?

Membeli mobil menjelang Ramadhan 2018 tentu menjadi hal yang Sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dipertegas dari beberapa pekan sebelum Ramadhan 2018 menjelang, pameran otomotif diadakan di beberapa kota besar. Sebab, mempunyai mobil baru untuk dikendarai saat mudik Lebaran sangat berarti untuk kebanyakan orang. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Beli Mobil Baru Menjelang Ramadhan 2018

Beli mobil keluaran terbaru menjelang Ramadhan 2018 bisa dibilang sudah terlambat karena brand mobil ternama seperti Toyota, Daihatsu, Honda atau Suzuki sangat jarang mempunyai mobil baru yang ready stock dan harus menunggu proses indent. Proses indent atau memesan mobil baru akan memakan waktu hingga 2 bulan. Jadi kapan saat yang tepat untuk beli mobil baru menjelang Ramadhan 2018 untuk dipakai saat mudik lebaran?

Lebaran 2018 jatuh tanggal 15 Juni 2018, jika Anda menghendaki untuk mobil berada digarasi pada tanggal 12 Juni 2018, maka Anda bisa melakukan pemesanan dari awal April 2018. Itu saja kendaraan Anda masih belum layak jalan karena masih menunggu plat nomor dan STNK yang membutuhkan waktu 2 minggu. Selain itu, Anda juga masih harus melakukan masa Break In atau sering disebut dengan inreyen. Jika dihitung mundur lagi, untuk bisa mengendarai mobil baru saat liburan mudik lebaran 2018, Anda harus memesannya di akhir bulan April 2018 lalu.

Berikut ini penjelasan dalam bentuk infografis kapan waktu terbaik untuk membeli mobil baru untuk dipakai saat Lebaran

beli mobil menjelang ramadhan 2018 - mobil baru

Dari infografis, saat yang tepat membeli mobil baru adalah Maret 2018 lalu

Ketentuan untuk Membeli Mobil Baru Saat Menjelang Ramadhan 2018

Jika Anda baru memutuskan membeli mobil baru di bulan Mei 2018 atau pada saat menjelang bulan Ramadhan, perlu dipastikan ke wiraniaga atau sales mobil tersebut mengenai proses indent. Sebab, mobil yang dipesan tidak perlu melakukan proses indent karena Anda memesan mobil stock lama. Keuntungan mobil stock lama salah satunya adalah harga yang lebih rendah dibanding mobil indent.

Salah satu contohnya adalah Daihatsu New Terios 2018 atau Suzuki All New Ertiga 2018, kedua mobil tersebut meluncurkan produk terbarunya di kuarter awal 2018. Jika Anda ingin memiliki kedua jnis mobil tersebut dan bisa digunakan saat mudik lebaran, Anda bisa cek ke dealer apakah mempunyai produk keluaran tahun 2017. Jika tersedia, mintalah harga yang terbaik dan waktu pengiriman yang tercepat agar mobil tersebut sudah siap saat digunakan mudik nanti.

Beli Mobil Bekas Menjelang Ramadhan 2018

Membeli mobil bekas menjelang Ramadhan adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk keperluan lebaran nanti. Makin mendekati Idul Fitri, biasanya harga mobil bekas makin mengalami peningkatan. Hal ini karena masyarakat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) seminggu sebelum libur lebaran sehingga permintaan mobil bekas meningkat.

Menjelang Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memilih dan membeli mobil baru. Karena Anda akan lebih leluasa memilih mobil yang tepat tanpa harus diburu-buru waktu. Namun Anda juga harus menentukan pilihan sebelum minggu pertama puasa Ramadhan berakhir, yaitu sekitar tanggal 22 Mei 2018.

beli mobil menjelang Ramadhan 2018 - mobil bekas

Karena membeli mobil bekas mempunyai beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum dikendarai saat mudik nanti, antara lain sebagai berikut ini.

  1. Balik Nama STNK
    Urus pajak dan balik nama STNK perlu dilakukan. Hal ini membutuhkan waktu yang lama apalagi jika rumah Anda jauh dari Samsat.
  2. Tune Up Mesin
    Jangan ke bengkel di minggu terakhir Ramadhan karena antrian akan lebih ramai dari biasanya. Selain itu beberapa bengkel juga banyak yang tutup menjelang lebaran karena pekerjanya sudah mulai libur.
  3. Spooring dan Balancing Kaki-Kaki
    Sama halnya seperti Tune Up mesin, bengkel spesialis kaki-kaki akan mengantri saat mendekati lebaran. Anda perlu waktu yang cukup untuk memeriksa suspensi mobil bekas yang baru dibeli.
  4. Asuransi mobil

Mobil bekas juga bisa dilindungi oleh asuransi. Kebanyakan orang berpikir mobil diatas 5 tahun tidak bisa dilindungi asuransi mobil all risk. Namun, beberapa asuransi masih bisa melindungi mobil dengan asuransi mobil all risk atau comprehensive untuk mobil dibawah 10 tahun.

 

Bagaimana Menghitung Premi Asuransi Mobil Menjelang Ramadhan 2018

Jika Anda memesan mobil baru sejak Maret 2018 lalu atau membeli mobil bekas di awal Ramadhan 2018, lakukan cara ini untuk menghitung dengan cepat berapa premi asuransi yang Anda harus bayarkan.

Harga Premi Tahunan Asuransi Mobil All Risk = Harga mobil x 2,5%

Rumus di atas bukan rumus baku untuk menghitung premi tahunan asuransi mobil all risk atau comprehensive, tetapi cara cepat untuk memperkiraan harga premi asuransi mobil all risk. Pada dasarnya, harga asuransi mobil all risk rata-rata berkisar 2,5-3,5% untuk harga mobil dibawah 300 juta rupiah.

BACA JUGA: CARA MENGHITUNG PREMI ASURANSI MOBIL

Namun, ada cara yang jauh lebih mudah dan cepat. Berikut ini prosesnya

cara hitung premi asuransi

Ikuti langkah mudah berikut untuk menghitung premi asuransi mobil Anda

 

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk beli mobil menjelang Ramadhan 2018 ini?

Comments are closed.