Ingin Beli Mobil Bekas dengan Kredit? Ini Triknya!

Mobil

Jangan salah langkah. Anda harus pahami dengan benar trik-trik untuk beli mobil bekas kredit sebelum memutuskan untuk membelinya.

Mobil memang menjadi alat transportasi yang banyak dipilih. Selain kepraktisannya untuk mengantarkan ke mana pun destinasi, mobil juga memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara. Tidak dipungkiri jika mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Hingga saat ini sudah banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan mobil. Baik itu mobil baru ataupun bekas. Namun, mobil bekas menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki bujet minim, tetapi ingin memiliki sebuah mobil. Meskipun yang Anda beli mobil bekas, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkannya dengan cara kredit. Selain showroom mobil, sudah ada beberapa e-commerce yang menawarkan jasa mencicil mobil bekas. Namun, meskipun cara untuk mendapatkan mobil semakin mudah, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada. Kredit mobil bekas bisa Anda dapatkan di diler atau showroom khusus yang menjual mobil bekas. Secara umum, prosesnya tidak jauh berbeda dengan membeli mobil baru di showroom resmi merek tersebut. Jika Anda berniat beli mobil bekas kredit di diler, berikut ini tipnya!

Baca juga: Selain DP Mobil dan TDP Apa Saja Istilah Kredit Mobil Lainnya ?

Tips Kredit Mobil Bekas Dengan Aman

Pastikan Diler Mobil Terpercaya

Cari informasi baik secara online ataupun offline mengenai diler-diler terpecaya yang menjual mobil bekas. Pasalnya, masih saja ada sebagaian diler yang memanipulasi kondisi mobil. Misalnya, mobil tersebut dalam keadaan kurang sehat, tetapi dinformasikan kepada nasabah mobil tersebut dalam keadaan baik. Kenyataannya, baru digunakan selama satu minggu, mobil tersebut sudah harus masuk bengkel untuk diperbaiki. Nah, supaya Anda tidak menjadi korban dari kecurangan diler, sebelum menentukan diler mobil, Anda harus cari tahu diler mana saja yang terbaik dan terpercaya.

showroom mobil bekas

Performa Mobil

Trik selanjutnya dalam beli mobil bekas kredit, yaitu Anda harus benar-benar teliti dalam mengecek performa mobil. Performa mobil merupakan bagian penting dari proses pengecekan yang tidak boleh dilewatkan. Cara umum dalam mengecek performa mobil dengan menyalakan mesin dan perhatikan bunyi mesin ketika menyala. Performa mobil yang baik jika suara mesin mobil terdengar halus dan tidak kasar. Mesin yang bagus juga memiliki ciri sangat mudah di-starter. Setelah mesin menyala, Anda harus tes drive untuk merasakan tarikan mobil ketika sedang berjalan. Performa yang bagus akan terasa jika mobil itu terasa sangat ringan ketika sedang dikendarakan.

Baca juga: Over Kredit Mobil: Ini Keuntungan yang Didapatkan!

Eksterior dan Interior Mobil

Bukan hanya performa, ketika Anda beli mobil bekas kredit hal yang harus diperhatikan adalah eksterior mobil, seperti kondisi catnya apakah sudah keropos dan banyak goresan, pencahayaan lampu yang masih berjalan dengan baik, kondisi ban, velg mobil, dan daerah eksterior mobil tersebut. Selain bagian luar, Anda juga harus perhatikan bagian dalam mobil. Adapun komponen-komponen yang harus Anda cek seperti aksesori (tipe masih berfungsi dengan baik), AC, dashboard, karpet, jok, jendela, dan masih banyak lagi.

Kelengkapan Surat

Anda beli mobil bekas kredit, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan. Pastikan BPKB dan STNK yang Anda dapatkan asli dan nama serta plat nomornya sesuai dengan yang tertera di mobil. Jika Anda masih ragu, Anda bisa membawa surat-surat kendaraan tersebut ke kantor samsat untuk pengecekan.

kredit mobil bekas

Asuransi

Asuransi kini menjadi hal penting dalam sebuah mobil. Meskipun mobil yang Anda beli bekas, tetapi Anda juga harus memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang Anda beli ini memiliki asuransi, tentu menjadi hal yang sangat baik. Berarti pemilik sebelumnya sangat peduli dengan mobil tersebut. Berbicara asuransi, ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih untuk mobil bekas, yaitu Asuransi Mobil All Risk atau TLO. Nah, sebelum memantapkan diri untuk menentukan asuransi yang akan dipilih, yuk simak dulu perbandingan antara asuransi mobil all risk dan TLO untuk mobil bekas.

Baca juga: 10 Mobil Kecil yang Cocok untuk Keluarga Anda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Membandingkan Produk Asuransi Kendaraan

Mobil bekas atau baru namanya juga ingin memberikan perlindungan yang terbaik bagi kendaraan Anda. Anda juga bisa memilih antara asuransi all risk atau total loss only (TLO). Ini yang bisa jadi masukan Anda jika mobil bekas Anda masih di bawah lima tahun. Lebih baik menggunakan asuransi all risk untuk meringankan biaya perbaikan, walaupun hanya kerusakan kecil kalau sering-sering Anda juga bisa repot dengan urusan dompet.

Premi Rendah

Tapi kalau mobil bekas yang Anda beli sudah lewat dari usia lima tahun, untuk hematnya Anda bisa beralih ke jenis asuransi mobil TLO. Kenapa? Karena memiliki biaya premi lebih rendah jadi bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika mobil bekas Anda sudah melewati masa usia lima tahun, Anda bisa beralih ke jenis asuransi TLO. Jenis asuransi ini memiliki biaya premi lebih rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Perluasan Asuransi Mobil

Apa pun pilihan Anda untuk asuransi mobil all risk atau TLO penting juga untuk menambah perluasan pertanggungan untuk kondisi yang bersifat bencana seperti banjir, terorisme, sabotase, gempa, hingga pertanggungan pihak ketiga.

Pintar Memilih

Membeli mobil bekas itu harus pintar-pintar memilih dan menceknya sebelum membeli, dan yang lebih penting saat Anda sudah mendapatkan mobil tersebut merawatnya dengan baik dan apik seperti mengganti oli secara teratur, cek kondisi spare part, juga mesin. Anda bisa memiliki asuransi mobil dengan berbagai pilihan terpercaya dari berbagai perushaan asuransi di Indonesia melalui Futuready.com.

Comments are closed.