Beli Mobil Bekas? Berikut Perkiraan Biaya Mutasi Kendaraan

Mobil

Disarankan untuk melakukan mutasi kendaraan jika Anda membeli mobil bekas. Lantas, bagaimana prosedur dan perkiraan biaya mutasi kendaraan tersebut?

Membeli mobil bekas menjadi salah satu alternatif ketika perekonomian tidak memadai untuk membeli yang baru. Meksipun tergolong bekas, tetapi harga yang ditawarkan juga tidak murah. Anda juga butuh mengeluarkan uang yang cukup banyak. Namun, dibandingkan membeli mobil baru, tentu harganya sangat jauh lebih murah.

Memang ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika membeli mobil bekas, tapi ada juga kekurangan yang harus Anda tutupi. Salah satunya adalah proses mutasi kendaraan atau balik nama Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan biaya mutasi kendaraan itu sendiri.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Mengapa harus ada proses mutasi kendaraan? Proses ini memang harus dilakukan untuk memudahkan Anda dalam pengurusan pajak mobil tahunan atau per lima tahun. Hal ini dikarenakan, Anda membeli mobil bekas dari orang lain yang merupakan pemilik awal. Tentu semua berkas atau dokumen tentang mobil itu mengatasnamakan pemilik pertama.

Jika Anda tidak mutasi atau balik nama kendaraan tersebut, Anda akan repot disaat membayar pajak karena harus meminjam dokumen penujang, seperti KTP asli dari pemilik kendaraan tersebut. Jadi, untuk memudahkan nantinya, alangkah baiknya Anda yang berencana membeli mobil bekas, sekaligus mengurus mutasi kendaraan tersebut.

Proses Mutasi Kendaraan

membayar biaya mutasi kendaraan

Ada beberapa proses yang harus Anda lakukan. Mulai dari memenuhi persyaratan hingga proses-proses lainnya yang harus dilakukan seperti berikut ini.

Syarat Mutasi Mobil

Sebelum Anda pergi ke kantor Samsat untuk mengurus dan membayar biaya mutasi mobil, pastikan Anda membawa persyarata dokumen-dokumen administarasi seperti berikut ini:

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. KTP asli dan fotokopi (pihak pertama dan pihak kedua). Jika KTP elektronik masih belum jadi, gunakan KTP sementara/SIM. Anda juga bisa membawa kartu keluarga untuk berjaga-jaga.
  4. Kwitansi pembelian mobil yang dibubuhi materai Rp 6.000.

Prosedur Pengurusan Mutasi Kendaraan

Setelah melengkapi berkas-berkas di atas, berikut ini prosedur dalam pengurusan mutasi kendaraan.

Datang ke Kantor SAMSAT

menghitung biaya mutasi kendaraan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) yang sesuai dengan plat nomor diterbitkan alias di kantor SAMSAT tempat BPKB mobil tersebut diterbitkan. Kemudian serahkan BPKB beserta berkas-berkas yang sudah disiapkan kepada petugas yang ada di loket mutasi kendaraan.

Cek Fisik Kendaraan

Nantinya Anda akan disuruh untuk melakukan tes fisik kendaraan. Pada proses ini akan dilakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan. Jika sudah selesai dilakukan, maka Anda akan diberikan hasilnya. Serahkan hasil pengecekan fisik kendaraan kepada petugas loket cek fisik kendaraan dengan dokumen persyaratan yang sudah Anda persiapkan. Petugas cek fisik kendaraan akan melegalisir dan memberikan cap pada fotokopi dokumen yang Anda berikan. Setelah itu, petugas tersebut akan memberikan kembali hasil tes fisik kendaraan beserta fotokopi dokumen persyaratan yang sudah dilegalisir kepadamu. Simpan baik-baik buktinya untuk diberikan kepada bagian mutasi kendaraan.

Datang ke Loket Pendaftaran Mutasi Kendaraan

Selanjutnya, datangi kembali loket pendaftaran mutasi kendaraan dan mintalah formulir mutasi mobil sekaligus formulir balik nama. Setelah mengisi formulir dengan lengkap, serahkan kembali formulir beserta dengan fotokopi dokumen persyaratan yang sudah dilegalisir sebelumnya kepada petugas mutasi kendaraan. Anda akan diberikan tanda terima dan diharuskan untuk membayar kisaran Rp250 ribu di loket Bank BRI yang terdekat. Jika sudah melakukan pembayaran, berikan buktinya kepada petugas mutasi kendaraan. Bukti pembayaran ini ada dua, yang satu harus Anda berikan kepada petugas dan yang satu lagi harus Anda simpan dengan baik ya!

Petugas mutasi kendaraan akan menanyakan ke mana mobilmu akan dimutasi supaya mereka bisa memberitahu kantor SAMSAT tujuan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk datang kembali di hari yang telah disepakati.

Baca juga: Lakukan Tips Ini Agar Mobil Cepat Laku di Bursa Mobil Bekas

Datang ke Kantor SAMSAT Asal dan Kantor SAMSAT Tujuan

Ketika datang hari yang sudah disepakati, maka Anda harus datang lagi ke kantor SAMSAT asal dan membawa tanda terima pembayaran beserta dengan dokumen persyaratan yang asli. Langsung datangi bagian loket mutasi kendaraan lalu berikan tanda terima pembayaran dan dokumen persyaratan tersebut. Tunggu sampai petugas memanggil namamu dan menyerahkan kembali dokumen yang sudah diverifikasi. Datangi loket fiskal dan petugas akan melegalisir kembali dokumen milikmu jika tidak ada tunggakan pajak. Tapi jika ada tunggakan pajak, maka Anda harus melunasinya dulu.

Proses selanjutnya adalah datang ke kantor SAMSAT tujuan alias kantor SAMSAT di mana mobil Anda akan dimutasi. Langsung datangi loket cek fisik dan berikan dokumen yang sudah dilegalisir, Setelah diverifikasi, maka datangi loket mutasi kendaraan dan petugas akan mengantarkanmu ke loket perubahan roda 3-4 untuk memproses BPKB dan STNK yang baru. Anda bisa mendapatkan BPKB dan STNK yang baru setidaknya 2-3 hari kerja.

Pada saat mengambil STNK dan BPKB yang baru, petugas mutasi kendaraan akan menanyakan identitas lengkapmu, mulai dari nama, nomor KTP, alamat, dan lain sebagainya. Jadi pastikan kalau Anda menjawabnya dengan benar.

Cara Menghitung Biaya Mutasi

besaran biaya mutasi kendaraan

Sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, biaya mutasi mobil (BBN) adalah sebesar 1% dari harga pembelian kendaraan. Oleh karena itu, biaya mutasi setiap kendaraan akan berbeda-beda, tergantung haga dan juga jenis mobil tersebut.

Contoh: Biaya mutasi mobil Suzuki Ertiga dengan harga pembelian Rp180 juta. Maka, biaya mutasi yang harus Anda bayar adalah 1% x Rp180 juta= Rp1,8 juta

Namun, angka ini belum termasuk seluruh biaya yang Anda keluarkan sejak awal proses pengurusan. Untuk memberikan Anda gambaran biaya mutasi mobil yang utuh, berikut ini daftar lengkap rincian biaya mutasi mobil:

 

Prosedur Mutasi Kendaraan Jenis STNK Biaya (Rp)
Cek Fisik STNK roda 4 GRATIS
Biaya Fiskal STNK roda 4 Rp250.000
Admin Gudang Kartu Induk STNK Roda 4 Rp10.000
Admin Mutasi Keluar STNK Roda 4 Rp50.000
Admin Mutasi Masuk STNK Roda 4 RP375.000
Biaya Mutasi Masuk (BBN) STNK Roda 4 Rp2.000.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK STNK Roda 4 Rp400.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKB STNK Roda 4 Rp100.000

 

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Tidak Resmi?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.