Tidak Mahal, Ini Besaran Biaya Servis Ertiga

Mobil

Ertiga generasi terbaru tidak butuh perawatan ekstra. Biaya servis Ertiga pertahunnya hanya sekitar Rp 1 Jutaan. Murah sekali bukan?

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil keluarga paling diminati. Selain karena punya kapasitas besar dengan 7 tempat duduk, Ertiga juga dikenal irit bahan bakar. Menyasar segmen menengah keatas Ertiga cenderung jarang bermasalah dalam soal permesinan, namun sebaiknya servis berkala tetap dilakukan. Tenang, biaya servis Ertiga tidak semahal yang Anda duga.

Biaya Servis Ertiga

harga servis ertiga

Seperti mobil MPV pada umumnya, jenis servis mobil Ertiga sama dengan mobil sejenis lainnya. Namun Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim biaya perawatan berkala generasi baru Ertiga tergolong paling murah. Setidaknya dalam lima tahun pemakaian atau ketika mobil sudah mencapai 100.000 km, perawatan All-New Ertiga butuh biaya Rp 7.559.500 untuk manual dan Rp 7.370.000 untuk otomatis.

Baca juga: Spooring & Balancing: Berapa Sering Baiknya Mobil Diservis?

Dari hasil hitungan tersebut rata-rata biaya servis yang perlu dikeluarkan konsumen per tahun sebesar Rp 1.511.900 untuk manual dan Rp 1.474.000 untuk otomatis. Mengapa biaya servis untuk mesin otomatis lebih murah? Ini karena oli transmisi otomatis diganti setiap 40.000 km, sementara manual olinya harus diganti setiap 20.000 km. Sehingga biaya penggantian oli lebih membengkak.

Jika dirunut berikut skema biaya servis mobil Ertiga:

  • Biaya servis1000 km                                                gratis
  • Biaya servis 10000 km/ 6 bulan pertama                 Rp 288.900
  • Biaya servis 20000 km/12 bulan pertama                Rp 531.300
  • Biaya servis 30000 km/18 bulan pertama                Rp 411.300
  • Biaya servis 40000 km/24 bulan pertama                Rp 821.300
  • Biaya servis 50000 km/30 bulan pertama                Rp 288.900

Biaya Servis Mobil Ertiga Rata-Rata untuk dua tahun pertama adalah Rp 2 Juta

 Sementara itu jika mobil Anda harus mengalami pergantian sparepart, begini perkiraan biayanya:

  • spare parts fast moving Suzuki Ertiga
  • Filter oli Rp 35.000
  • Busi Rp 30.600
  • Filter udara Rp 110.000
  • Gasket oli Rp 5.900
  • Oli mesin Rp 80.000
  • Minyak rem Rp 30.000
  • Air radiator Rp 120.000
  • Oli differential Rp 68.250
  • Oli transmisi (manual) Rp 94.500
  • Oli transmisi (matik) Rp 103.900

Servis Ertiga di Bengkel Resmi

 Meski jumlah kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia semakin meningkat. Namun hal itu tidak diimbangi dengan kesadaran pemiliknya unttuk melakukan perawatan di bengkel resmi. Biaya servis di bengkel resmi dianggap mahal bagi rata-rata pemilik mobil. Walhasil bengkel resmi selalu jadi pilihan terakhir ketika mobil mengalami kerusakan atau memerlukan perawatan ekstra. Tak terkecuali juga untuk mobil-mobil Suzuki.

montir servis ertiga

Padahal para produsen kendaraan roda empat juga berusaha menciptakan pelayanan yang terjangkau. Mereka selalu berupaya menghadirkan harga yang reasonable untuk para konsumennya. Mereka menjamin bahwa bengkel resmi akan didukung dengan pelayanan berkualitas dari mekanik yang tersertifikasi, peralatan lengkap, serta spare part yang tentu asli bawaan produsen. Suzuki Ertiga juga berupaya melakukan hal serupa.

Terbukti dengan nilai estimasi total biaya servis mobil Ertiga yang dikeluarkan untuk perawatan berkala di bengkel resmi Suzuki hanya Rp2.368.300 untuk tipe transmisi manual (MT) dan Rp2.578.300 untuk tipe transmisi otomatis (AT). Itupun ketika mobil sudah memasuki tahun ke-3, dengan tempo perawatan setiap 6 bulan sekali, maka total estimasi biaya servis yang mesti dikeluarkan hingga bulan ke-30 (2,5 tahun) atau jarak tempuh maksimal 50.000 km tidak sampai Rp3 juta.

Lanjut ke estimasi total biaya servis mobil Ertiga di bengkel resmi Suzuki untuk 2,5 tahun selanjutnya berkisar Rp2.685.700 untuk tipe MT, dan Rp2.700.700 untuk tipe AT. Tapi, di fase 2,5 tahun ke dua ini, pemilik mobil perlu mengeluarkan biaya untuk jasa servisnya yang tidak lagi gratis.

Itulah total biaya servis mobil Ertiga dibengkel resmi Suzuki. Harga ini mungkin akan berbeda jika Anda memilih bengkel non-resmi. Sebagian besar bengkel non resmi memberlakukan tarif lebih murah, namun tentunya tidak memberikan manfaat ekstra seperti halnya bengkel resmi. Lalu apa saja manfaat yang kita dapat ketika melakukan servis di bengkel resmi?

Keuntungan Servis Mobil di Bengkel Resmi

 Karena masyarakat Indonesia masih memandang bengkel resmi adalah sesuatu yang eksklusif dan mahal. Agaknya kita harus mengupas soal manfaat atau keuntungan yang akan didapat pemilik mobil ketika melakukan perawatan kendaraannya di bengkel resmi. Sebab bisa jadi jika ditotal justru servis di bengkel resmi jauh lebih murah dibanding bengkel non-resmi.

Baca juga: Hitung-Hitung Biaya Rutin Servis Mobil

Beberapa keuntungan servis mobil di bengkel resmi adalah:

Menjaga Performa Kendaraan

Melakukan servis mobil dibengkel resmi memberikan jaminan performa kendaraan yang tidak berkurang karena didukung oleh tenaga ahli dan komponen serta sparepart yang memadai. Bengkel resmi tahu betul kapan sebuah komponen harus diganti dan selalu memberikan sparepart terbaik.

Menjaga Keaslian Komponen

Salah satu keuntungan utama memilih bengkel resmi adalah ketersediaan komponen asli. Hal ini yang sulit didapat dari bengkel non-resmi. Karena mereka tidak bekerjasama dengan distributor sparepart asli walhasil sering menggunakan komponen yang dianggap mirip. Padahal penggunaan komponen yang bukan pasangannya bisa menyebabkan kerusakan dikemudian hari.

Kualitas Pekerjaan Maksimal

Ingat, bengkel resmi didukung oleh pekerja bersertifikat yang jelas telah melalui sejumlah tes untuk menjadi mekanik di bengkel resmi. Anda tak perlu khawatir pekerja salah pasang atau melakukan kesalahan mayor yang bisa menyebabkan kerusakaan atau bahkan kecelakaan.

Adanya Garansi

Keunggulan lain dari bengkel resmi adalah adanya garansi pengerjaan. Ketika setelah servis ternyata muncul masalah baru pada mobil ada maslah yang belum terselesaikan, kita masih bisa mengajukan komplain ke bengkel dan complain Anda akan segera ditindaklanjuti untuk diselesaikan.

Data Record Service Lengkap

bengkel servis ertiga

Jika kita melakukan servis berkala di bengkel resmi, pihak mereka akan data record servis mobil Anda. Data record ini sangat dibutuhkan ketika kita ingin menjual mobil karena dapat membuat harga jualnya jadi lebih tinggi, dibanding mobil yang tidak memiliki data record servis.

Baca juga: Inovasi Terbaru dari Suzuki Ertiga yang Semakin Modern

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.