Biaya Servis Xpander dengan Paket SMART

Mobil

Mitsubishi memberikan Biaya Servis Xpander dengan paket hemat, SMART yang meliputi mencakup penggantian suku cadang, cairan-cairan seperti brake fluid, water coolant, brake cleaner sampai engine flush, serta oli resmi dari Mitsubishi

 Bagi seseorang yang memiliki kendaraan, melakukan perawatan merupakan variabel terpenting yang tidak bisa dihindari. Seperti service mobil yang perlu dilakukan secara rutin atau berkala. Service ini biasa dilakukan saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km atau setidaknya dalam jangka waktu 6 bulan pemakaian. Perawatan ini tentu dilakukan agar mobil tetap dalam keadaan aman dan nyaman untuk digunakan setiap waktu.

Selain itu, perawatan ulang perlu dilakukan ketika pemakaian mobil sudah menempuh jarak 10.000 km, tujuannya adalah untuk menjaga efisiensi pemakaian bahan bakar dan menjaga mobil tetap terawat. Bagi pemiliknya, salah satu pertimbangan saat akan membeli kendaraan adalah biaya servis yang akan dihabiskan, termasuk saat Anda akan membeli mobil populer Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) seperti Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Mau Tahu Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander? Ini Ulasannya!

Sebelum Anda membeli sebuah mobil dan mengetahui berapa biaya perawatan yang akan dikeluarkan, berikut ini alasan mengapa Anda perlu melakukan perawatan secara berkala dan besaran biaya servix Xpander.

Alasan Pemilik Mobil Wajib Melakukan Perawatan Berkala

Syarat Garansi

berapa biaya servis xpander

Saat Anda membeli mobil, pemberian garansi merupakan hal yang biasa. Garansi ini akan diberikan ketika mobil yang dimiliki mengalami kerusakan. Biasanya pemilik mobil akan mendapatkan pelayanan garansi jika telah memenuhi syarat seperti rutin melakukan perawatan secara berkala saat pemakaian 1000 km atau dalam waktu 1 bulan. Kemudian perawatan 10.000 km atau dalam waktu 6 bulan. Pemilik mobil dapat memilih di antara keduanya. Service secara berkala ini harus dilakukan apabila dalam waktu 6 bulan belum mencapai 10.000 km.

Rutinitas Kemacetan

Penggunaan mobil di kota besar sudah menjadi gaya hidup. Akibatnya, jalanan selalu padat dengan kendaraan roda empat ini. Kendaraa yang terjebak kemacetan hingga berjam-jam akan membuat kinerja mesin menjadi terlalu berat. Pada kondisi seperti itu, kilometer kendaraan tidak berjalan, namun mesin mobil yang dikendarai dalam keadaan menyala.

Kerja mesin mobil ini tergolong cukup berat untuk menghadapi kemacetan yang akan sering dilalui setiap harinya, khususnya bagi pengendara di kota-kota besar di Indonesia. Beberapa pemilik mobil masih banyak yang menghiraukan perihal perawatan secara berkala 10.000 km dengan berdalih bahwa kilometer pada kendaraannya belum menempuh banyak dengan perjalanan kendaraan yang tidak sering digunakan. Namun, perawatan mobil baru bukan hanya perihal tercapainya kilometer yang ditentukan, pasalnya kerja mesin mobil juga menjadi variabel penting.

Bukan hanya dua alasan ini saja, perawatan mobil secara berkala adalah upaya menjaga kualitas mobil. Perawatan ini berdampak baik, jika suatu saat ingin mengganti mobil baru, harga mobil yang dimiliki sebelumnya tidak mengalami penurunan harga yang drastis, karena kualitas mobil tetap terjaga dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu memikirkan biaya servis mobil untuk menjaga kendaraan yang dimiliki dalam kondisi baik.

Bagi pemilik Mitsubishi Xpander perlu mengetahui jika servis mobil Xpander tidak semahal apa yang diasumsikan. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) merespon perihal bundling paket SMART untuk setiap pembelian Mitsubishi Xpander. Biaya servis ini diklaim sebagai biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya di segmen LMPV.

Baca juga: Tidak Mahal, Ini Besaran Biaya Servis Ertiga

Perbedaan biayanya diklaim 25% lebih hemat dengan SMART packet. Paket ini dibebaskan dari beberapa biaya perawatan selama periode tertentu antara 3 sampai 5 tahun di bengkel resmi. Paket SMART ini sudah mencakup penggantian suku cadang, cairan-cairan seperti brake fluid, water coolant, brake cleaner sampai engine flush, serta oli resmi dari Mitsubishi. Penggantian ini akan dilakukan sesuai dengan panduan buku petunjuk servis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai servis berkala dari Mitsubishi, biaya servis Mitsubishi Xpander yang perlu dikeluarkan, serta durasi perawatan yang dilakukan.

Pentingnya Servis Berkala

Jika Anda baru saja memiliki mobil Xpander, tidak perlu mengkhawatirkan biaya servis berkala. Namun, tidak ada salahnya mengetahui biaya servis mobil satu ini secara manual. Saat perawatan pertama yakni mobil yang sudah memakai 1.000 km pertamanya atau kurang lebih pemakaian selama sebulan, kendaraan Anda tidak akan melalui penggantian bagian apa pun dan meskipun tidak ada paket SMART pun, perawatan ini tidak mengeluarkan biaya atau gratis.

besaran biaya servis xpander

Begitu pula dengan perawatan setelah pemakaian 10.000 km atau sekitar 6 bulan pemakaian yang tidak akan mengeluarkan biaya. Namun, jika dihitung secara manual, jika ada penggantian oli mesin, saringan oli, dan saringan udara AC, biaya servis akan mencapai Rp 510.500 dengan biaya jasa sekitar Rp 530.000.

Kemudian, saat mobil Anda telah mencapai pemakaian 20.000 km atau sekitar satu tahun pemakaian pun masih sama seperti sebelumnya. Jika diuangkan, dengan pemeriksaan bagian yang lebih banyak dari sebelumnya biaya servis ini akan mencapai pengeluaran sekitar Rp 1,1 juta. Lalu, saat pemakaian sudah mencapai 30.000 km, biaya servis akan sama dengan servis 10.000 km. Hal ini dikarenakan komponen yang diganti dan diperiksa sama.

Lalu, kapan Anda sebagai pemilik Mitsubishi Xpander melakukan servis besar? Saat kendaraan Anda mencapai 40.000 km atau sekitar 2 tahun pemakaian, saat itulah perawatan besar akan dilakukan. Pemeriksaan dan perawatan ini mencakup penggantian oli mesin, filter oli, filter udara, saringan AC, dan minyak rem. Penggantian semuanya jika diuangkan akan mencapai biaya Rp 721.500 dan biaya jasa sekitar 1,4 juta.  Biaya servis ini akan terus meningkat seiring bertambahnya kilometer pemakaian.

Harga Spare Parts dan Biaya Jasa

Menyoal biaya jasa, setiap dealer biasanya memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Setiap dealer akan menghitung biayanya berdasarkan labour cost atau biaya tenaga kerja. Sementara biaya beberapa suku cadang yang biasa masuk di servis berkala berasal dari penggantian part mobil. Biaya oli mesin dibanderoli sekitar Rp 71.000/liter dan biasanya Xpander menghabiskan 4 liter, filter oli Rp 68.500, filter AC Rp 158.000, ring oil Rp 11.000, brake cleaner Rp 58.000/botol, minyak rem Rp. 30.000, water coolant Rp 70.000, air aki Rp. 12.000, busi Rp. 266.000/buah, filter udara Rp 121.000, dan filter bahan bakar seharga Rp 755.000.

Durasi Perawatan

biaya servis xpander di bengkel resmi

Durasi perawatan yang diperlukan tergantung pada kerumitan atau jumlah komponen yang perlu melalui pemeriksaan dan penggantian part. Jika melihat waktu standar, mobil Xpander akan melewati sekitar 2 jam 40 menit untuk servis 10.000 km pemakaian. Berbeda dengan servis besar saat telah menggunakan kendaraan sekitar 2 tahun atau 40.000 km pemakaian, biasanya akan melewati waktu yang cukup lama hingga mencapai 7 jam. PT MMKSI sendiri menyediakan layanan quick service dengan dua orang pekerja sekaligus.

Baca juga: Mengenal Detail Biaya Servis Avanza

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.