Bingung Memilih Antara Toyota Rush atau Mitsubishi Expander?

Mobil

Sejak debutnya 2017 lalu, Mitsubishi Expander mampu mencuri perhatian pecinta otomotif. Namun, ada tantangan baru dari All New Toyota Rush yang bakal menambah persaingan ini. Mana yang Anda pilih: Toyota Rush atau Mitsubishi Expander?

Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush dua mobil yang cocok untuk keluarga. Walaupun kelasnya beda, Xpander di MPV entry level dan Rush SUV entry level tidak surut membuat para pecinta otomotif terbagi pilihannya menjadi dua. Dua mobil dari dua pabrikan asal Jepang ini, membuat para pecinta otomotif yang sedang mencari mobil keluarga terbagi pilihannya menjadi dua.

[quads id=1]

Berikut ini komparasi Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Eksterior

Mitsubishi Xpander begitu kuat dalam rupa dan bentuk di kelasnya. Jika dibandingkan dengan MPV entry level lainnya, desainnya termasuk biasa, Xpander sangat kuat sekali karakternya dengan ground clearance. Untuk penggunan sasis sama dengan Mobilio dan Ertiga menggunakan sasis monokok. Pada bagian lampu Xpander menggunakan halogen biasa, tapi tidak untuk lampu belakang yang sudah menggunakan LED, walaupun bohlam rem bukan LED.

Pada Toyota Rush baru, desain barunya terasa berbeda sekali dengan versi sebelumnya yang bertahan 10 tahun. Desain sekarang lebih menyegarkan mata, sporty, dan modern. Jika sekilas terlihat seperti mini Fortuner, menggunakan sasis ladder frame. Pada bagian lampu depan dan belakang Rush sudah full LED. Rush telah menggunakan ground clearance 220mm.

Di bagian lainnya, kedua mobil ini bisa dikatakan juga seimbang. Kedua mobil sama-sama menggunakan rem cakram di depan dan tromol belakang. Juga telah menggunakan ABS dan EPD , lalu memiliki wiper belakang dan punya kamera parkir untuk varian Rush TRF dan Xpander Ultimate. Keduanya juga punya keyless entry dan keyless start.

Interior

Kedua mobil ini memiliki kualitas pemasangan panel-panel di dashboard, yang terlihat kuat. Untuk bahan, Xpander menggunakan bahan plastik, dan Rush menggunakan bahan kulit yang empuk tapi kalau ada jahit asli di tipe TRD. Pada posisi kemudi Xpander lebih argonomis dibandingkan Rush, yang tidak terlalu tinggi. Layar MID Xpander terlihat lebih mewah dari Rush yang kecil dan grafis standar.

Pada panel AC Xpander memiliki AC biasa tanpa layar display, untuk Rush sudah dilengkapi dengan AC digital dengan mode auto. Kemudian di fitur lainnya Rush lebih banyak yang paling terasa ada auto lamp. Pada fitur keselamatan Xpander dan Rush sama-sama memiliki ABS, EBD, hill start assist dan stability control.

Perlu diingat pada fitur keselamatan dan keamanan. Xpander hanya punya dua airbags, sementara Rush TRD Sportivo ada enam ditambah punya sensor seat belt di semua baris kursi. Pada bagian persneling sama-sama memiliki empat percepatan, Xpander lebih mewah dengan balutan kulit sintetis sedangkan Rush terlihat biasa saja seperti kepunyaan Veloz. Xpander memiliki konsole tengah dilengkapi dengan port charger, sedangkan Rush tidak.

Bagian kursi sama-sama memiliki tiga baris, Xpander memiliki dua headrest, Kalau Rush memiliki tiga headrest. Jadi terlihat jelas kalau ingin mobil yang layak bawa tiga orang di baris kedua, Rush pilihan tepat. Namun, kalau lebih sering bawa dua orang saja, Xpander cocok. Keduanya bisa dibilang memiliki bagasi yang terbilang luas.

Mesin

Kedua mobil ini memiliki mesin lama yang diperbarui dengan kapasitas 1.500cc empat silinder, sama-sama dengan tenaga 104PS di 6.000rpm. Tapi, torsi Xpander 141Nm di 4.000rpm sementara torsi Rush 136Nm di 4.200rpm. Xpander memiliki mesin lebih berat 7kg. Mesin terlihat rapi, dan juga menggunakan peredam. Xpander memakai format penggerak roda depan. Toyota Rush, menggunakan memakai roda belakang.

Anda yang berada di antara pilihan kedua mobil ini, pastikan memilih yang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda. Keduanya sama-sama bagus, namun Rush unggul di fitur keselamatan dengan lebih banyak.

Comments are closed.