BMW M3, Sedan Sporty Andalan Pabrikan Asal Jerman

Mobil

BMW M3 bukanlah produk baru di industri mobil dunia. Bahkan, saking banyaknya penggemar mobil ini, BMW sudah berkali-kali merilis mobil ini dengan peningkatan kualitas.

BMW sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil mobil mewah. Tapi, seiring berjalannya waktu, pabrikan asal Jerman ini pun mengikuti selera pasar yang tak hanya berfokus pada mobil mewah tapi juga sporty.

Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya varian sedan sporty dari BMW, salah satunya adalah BMW M3. Sedan satu ini bisa dibilang sebagai flagship BMW dalam seri sedan sporty. Tak hanya bodinya, interior hingga dapur pacunya juga sangat mendukung status BMW M3 sebagai salah satu sedan sporty yang disegani.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap BMW Seri 3 2019 yang Semakin Modern

Penasaran dengan spesifikasi lengkap mobil ini? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap BMW M3

BMW M3, Sedan Sport dengan Desain Elegan, Gagah, dan Aerodinamis

Saat melihat sebuah mobil, pasti yang kita lihat pertama kali adalah tampilan luarnya alias eksterior. Maka dari itu, tak salah jika kita memulai pembahasan sedan mewah satu ini dari eksteriornya terlebih dulu.

mesin bmw m3

Perlu diketahui bahwa sedan ini memang dirancang kembali dengan karakteristik yang mengedepankan sisi sporty. Hal ini tampak jelas pada setiap sisi bodinya. Dari depan, tampak sebuah lampu depan atau lampu utama dengan teknologi LED Headlights yang didesain begitu apik khas headlamp BMW Series yang begitu gagah. Tentu saja, dengan bekalan teknologi headlamp tersebut, selain tampak gagah, lampu tersebut ini juga memberikan pancaran sinar yang begitu terang sehingga saat malam tiba, berkendara akan lebih aman.

Di sisi lain, mobil ini mengusung desain grille khas M3 Series dengan konsep Kidney Grille with Black Twin Slats yang dirancang seimbang dengan bentuk headlamp, apalagi bumper depan sedan sport ini pun dibuat sangat khas sedan bergaya Eropa sehingga akan terpancar aura yang terkesan begitu elegan dan sporty.

Sementara itu, pada sisi samping mobil ini dirancang lebih simple dengan sedikit garis lurus yang sedikit tegas membujur dari arah depan sampai bagian belakang mobil. Namun, kesan sporty tampaknya lebih diperlihatkan pada bagian velg yang mengusung V Spoke Ferric Grey Light Alloy Wheels yang dirancang begitu sporty sehingga kesan gagah pun kian terlihat.

Beralih ke bagian belakang, sedan buatan BMW ini terlihat membawa desain yang tak beda jauh dengan sisi depan, di mana kesan sporty tampak dipoles begitu pas dan berkesan. Pasalnya, stoplamp dibuat begitu elegan khas BMW Series dengan spoiler yang mengesankan kegagahannya. Ditambah lagi dengan knalpot ganda bergaya sport dengan Quad Tailpipe dan lapisan krom yang begitu kompak dan atraktif. Dengan begitu, maka tak heran jika sisi eksterior M3 ini sanggup menghipnotis para eksekutif muda yang berdompet tebal.

Interior Mewah dan Modern Berikan Kenyamanan Maksimal

Setelah puas mengupas tuntas seputar eksteriornya, sekarang saatnya membahas bagian dalam atau interior mobil satu ini. Masuk ke ruang kabin, terlihat dengan jelas bagaimana dinamika sporty dari M Series ini tampak begitu menonjol dari trim interiornya yang membawa warna Carbon Fiber trim with Black Chrome Highlight. Selain itu, sedan mewah berkapasitas lima penumpang ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang identik dengan DNA mobil balap sehingga atmosfer dalam ruang kabin sedan ini memancarkan kesan sporty yang begitu kentara

interior bmw m3

Dimulai dari sektor dashboard, tampak sebuah layar sentuh atau touchscreen berteknologi iDrive System yang terdiri dari 8 program menu fungsional yang saling terintegrasi. Beberapa fitur tersebut antara lain BMW Navigation System, 3D Maps, Voice Feedback, Voice Command System dan tak ketinggalan pula fitur canggih berupa Navigation Map with Over-the-Air (OTA) yang sudah di-upgrade.

Baca juga: Audi A7, Spesifikasi dan Harga Terbaru

Selain itu, sedan ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan lainnya, seperti sistem audio yang berupa Harman Kardon Surround Sound Audio System yang akan memberikan dentuman suara dalam ruang kabin yang lebih mantap. Tak hanya itu saja, pihak BMW pun juga melengkapi sisi interior mobil ini dengan Anti-theft AM/FM stereo CD/MP3 player with Radio Data System (RDS), dan HD Radio with “multicast” FM station reception. Tentu saja, dengan bekalan beberapa fitur hiburan tersebut maka penumpang pun akan merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama dalam ruang kabin sedan satu ini.

Tak hanya itu saja, beberapa fitur konektivitas pun turut disematkan pada mobil ini, di antaranya seperti USB Audio connection, hands-free Bluetooth including Audio Streaming, dan Connected Drive Services yang begitu canggih. Sementara itu, jokpada mobil ini dibuat senyaman mungkin dengan bahan material berupa Anthracite Carbon Structure Cloth yang dibuat dari bahan kulit modern sehingga akan membuat penumpang merasa betah ketika duduk. Tentu saja dengan ragam keunggulan pada sisi interior yang dibawa mobil ini, tak heran jika M3 menjadi primadona bagi penggemar sedan dengan tingkat kenyamanan tinggi.

Mesin Super Tangguh M Twin Power Turbo Berkapasitas 3.0 Liter

Nah, membahas sebuah mobil tak lengkap jika tidak mengupas tuntas bagian dapur pacunya. Sekarang, setelah melihat keindahan sektor eksterior dan interiornya, kita bahas dari segi mesin yang disematkan oleh BMW pada sedan satu ini.

Selain memiliki desain sporty, interior mewah, dan dimensi yang begitu ideal, BMW pun telah membekali sedan premiumnya ini dengan susunan mesin yang sangat tangguh dan canggih. Bagaimana tidak, jika ditelisik pada ruang pacunya, diketahui bahwa mobil ini dipersenjatai dengan mesin M Twin Power Turbo 6 Silinder yang memiliki kapasitas 3.0 liter. Di mana, mesin yang diusung sedan sporty ini sanggup memberikan tenaga yang besar hingga 425 Hp setiap menginjak putaran antara 5500 – 7300 rpm. Sementara itu, untuk torsi puncaknya sanggup meraih titik 406 Nm per putaran 1850 – 5500 rpm. Sangat gahar bukan?

Di sisi lain, untuk transmisinya sendiri, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan dengan teknologi M Double Clutch with Drivelogic. Menariknya, dengan bekalan teknologi mesin dan transmisi  yang begitu tangguh nan canggih tersebut, mobil ini sanggup berakselerasi hingga 4.1 detik (manual) antara 0-60 mph dan 3.9 detik antara 0-60 mph.

desain bmw m3

Tak sampai di situ saja, ruang pacu yang dibawa pada mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Direct Injection yang sanggup menekan konsumsi bahan bakar dengan rasio kompresi 10.2:1 sehingga akan membuatnya menjadi sedan mewah yang cukup irit bahan bakar.

Dengan begitu, maka bisa kita simpulkan bahwa mobil ini memiliki mesin yang sangat tangguh, gahar, tapi tetap irit bahan bakar. Tak ketinggalan juga, ramah lingkungan sehingga tidak menyebabkan polusi dalam skala besar.

Baca juga: Peugeot 3008, SUV Manis Buatan Pabrik Asal Prancis

Itulah spesifikasi lengkap BMW seri M3. Dari segala kelebihan yang ditawarkan, Anda semakin tertarik untuk memiliki mobil satu ini?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.