Spesifikasi Lengkap BMW Seri 3 2019 yang Semakin Modern

Mobil

BMW selalu memberikan gaya baru dengan mengeluarkan BMW seri 3 yang semakin elegan, modern, dan tentunya selalu berinovasi dari generasi-generasi sebelumnya.

Jangan diragukan lagi namanya di kancah otomotif dunia. Salah satu perusahaan mobil ternama di dunia yang berasal dari Jerman ini selalu memberikan mobil-mobil terbaiknya untuk memenuhi keinginan masyarakat dunia. BMW sudah memproduksi banyak jenis mobil termahal yang kebanyakan dimiliki oleh para miliarder Dunia. Selain dikenal sebagai perusahaan mobil mewah dan termahal, BMW juga dikenal sebagai perusahaan mobil yang pertama kali menggunakan teknologi ABS. Seperti yang diketahui bahwa sistem rem ABS ini sudah banyak digunakan oleh hampir seluruh mobil di dunia dari berbagai pabrikan mobil lainnya. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa peran BMW dalam pengembangan teknologi mobil dan otomotif sangatlah penting.

Di Indonesia sendiri, penjualan BMW cukup bagus sehingga merek mobil ini cukup sering mengeluarkan mobil terbarunya ke tanah air. Salah satu mobil terbarunya adalah BMW seri 3. BMW Seri 3 2019 merupakan bagian ketujuh dari generasi mobil eksekutif dan menjadi penerus seri 02. Seri 3 ini adalah salah satu model terlaris BMW. Tidak heran jika mobil ini telah memenangkan banyak penghargaan sepanjang sejarahnya. Memiliki reputasi yang tak tertandingi untuk kualitasnya, Seri 3 telah menjadi penantang segmen menengah premium. Untuk lebih mengenal lagi BMW Seri 3 ini, berikut ini ulasan selengkapnya.

Spesifikasi BMW Seri 3

bmw 2019

Source: shutterstock.com

Eksterior yang Elegan dan Gagah

Untuk bagian bodi, sudah tidak perlu diragukan lagi. Secara keseluruhan bagian luar dari mobil ini mendapatkan inovasi yang lebih lembut dibandingkan generasi keenam yang bertahan selama tujuh tahun. Beberapa perbedaan terlihat dalam detail kendaraan dan juga generasi jauh lebih ringan dibandingkan seri 3 yang terakhir. Pasalnya, bodi mobil ini menggunakan alumunium untuk struts suspensi depan dan subframe mesin telah memangkas 7,5 kg. Sedangkan kekakuan naik antara 25 hingga 50 persen untuk seluruh mobil sehingga bisa dikatakan BMW seri 3 2019 ini 55 kg lebih ringan dari yang sebelumnya.

Selanjutnya, dari sisi eksterior depan, mobil ini sudah dilengkapi dengan lampu depan yang sangat tipis dan memiliki lekukan ke arah pelek yang lebih rendah. Selain itu, bonnet memiliki empat garis kontur yang mengarah ke grill depan BMW. Lampu depan kembar yang khas dibuat lebih ‘marah’ menampilkan kesan tegas mengapit grill depan yang masih dipertahankan.

Untuk bagian sampingnya, mobil ini terlihat seperti mengadopsi gaya dari generasi terbaru yang lebih panjang 85 mm dan 16 mm lebih lebar dibandingkan 3 Seri terakhir. Bodi yang lebih gemuk rupanya sulit untuk menyamarkan wheelbase 41 mm lebih panjang sehingga ruang kabin yang lebih besar. Jika bagian belakang, lebih menampilkan area fender yang lebih melengkung, serta lekuk tutup bagasi jauh lebih terpahat dan terlihat lebih tipis serta horizontal.

Interior Mewah dan Modern

Kini saatnya mengulas bagian dalam dari mobil ini. Pertama kali melihat bagian interior mobil ini terlihat mirip dengan yang ditampilkan di mobil sport Z4 terbaru dengan panel instrumen terintegrasi dengan layar infotainment. Sementara kabin 3 Series selalu dianggap memberikan kualitas material terbaik bagi pengemudinya, bahan-bahan seperti plastik keras mendapatkan peningkatan kualitas, bersamaan dengan material lain. Hal ini terlihat dari bagian dashboard yang kokoh dan elegan. Selain itu kemewahan juga terpancar dari layar instrumen digital 12,3 inci yang terletak rata dengan konsol iDrive layar lebar. Tombol-tombol logam menambahkan sentuhan berkelas. Berbeda dengan desain lama, konsol tengah sepenuhnya mendapatkan konsep ulang dari BMW.

Selain itu, di antara kursi terdapat tuas persneling baru yang lebih gemuk. Tempat ini memiliki fungsi sebagai rumah baru untuk tombol start mesin serta tombol mode untuk pengaturan pengemudian yang berbeda. Sedangkan instrumen cluster terbaru menawarkan desain baru dan ada sejumlah paket trim yang tersedia.

interior bmw seri 3

Source: shutterstock.com

Beranjak ke bagian kursi dan kabin sebenarnya BMW tidak memiliki perombakan terlalu banyak. Interior masih berukuran sama dengan rasio ruang depan dan belakang yang sama. Kepraktisan dan kegunaan telah ditingkatkan meskipun kursi belakang sekarang dibagi 40/20/40 sebagai standar. Ukuran sama dengan generasi sebelumnya, tetapi ada penambahan hingga lima port USB untuk teman perjalanan Anda. Selanjutnya, untuk bagian bagasi juga mendapatkan ruang yang lebih lega hingga mencapai 480 liter. Namun, bagasi bisa diperluas lagi jika kursi belakang dilipat ke bawah hingga 36 liter tambahan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mesin yang Lebih Bandel

Ada enam pilihan sistem mesin BMW seri 3 yang tersedia. 320i dengan mesin turbo empat silinder 2.0 akan mengembangkan tenaga 184 dk dengan emisi Co2 mulai dari 129 g/km. Mesin yang sama dapat ditingkatkan hingga 258 dk untuk 330i yang memiliki emisi 132 g/km. Bagian bensin akan ditangani oleh mesin turbo empat silinder 330i dengan 257 daya kuda dan sprinter menuju 100 km/jam dalam 5.8 detik.

mesin mobil bmw

Mesin diesel untuk 318d memiliki 150 dk dengan girboks otomatis delapan kecepatan opsional yang dipasang. Mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam 6.8 detik atau 7.1 detik jika Anda tetap menggunakan transmisi manual enam percepatan. 320d xDrive dengan pengendaraan empat roda diatas kertas memang sedikit lambat. Tapi ketika dibawa untuk nge-drift, mobil ini bisa memberikan tenaga maksimalnya.

320d merupakan versi yang paling populer dan kemampuan efektif. Mampu menembakkan 190 daya kuda dari mesin empat silinder yang sama dengan 318d. Sedangkan yang keenam dan yang paling kuat adalah 330d enam silinder diesel dengan kekuatan mencapai 256 dk.

Demi kenyamanan sempurna, lengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil yang tersedia di Futuready.com.

Comments are closed.