Lakukan Tips Ini Agar Mobil Cepat Laku di Bursa Mobil Bekas

EntrepreneurshipMobil

Menjual mobil di bursa mobil bekas menjadi pilihan banyak orang karena mudah dan cepat. Agar cepat terjual, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Ada kalanya ketika sudah mempunyai mobil, kita ingin menjual mobil yang kita punya. Alasannya pun beragam, mulai dari membeli mobil baru hingga kebutuhan dana besar. Apa pun alasannya, salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam menjual mobil bekas adalah dengan menaruhnya di bursa mobil bekas.

Sekarang ini, bursa mobil bekas terbagi menjadi dua, offline dan online. Tapi, secara garis besar, sistem transaksinya sama. Nah, agar mobil bekas yang ingin Anda jual cepat laku, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja? Ini dia!

Baca juga: Tip Membeli Mobil di Bursa Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Menjual Mobil di Bursa Mobil Bekas

Periksa dengan Saksama Kondisi Mobil yang Ingin Dijual

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Setidaknya dengan begitu, Anda dapat mengetahui kerusakan atau kekurangan yang mungkin tidak terlihat, khususnya bagian mesin mobil, cat mobil, kinerja mobil, kaca, dan bagian lainnya juga harus dicek secara menyeluruh.

Ketika ditemukan sedikit kendala, alangkah baiknya Anda segera melakukan pergantian atau perbaikan. Ini penting supaya pembeli nantinya tidak akan melakukan komplain jika menemukan kerusakan setelah membeli mobil tersebut. Dengan kondisi mobil yang prima, setidaknya bisa membantu Anda untuk menawarkan banderol yang lebih tinggi dan kemungkinan besar calon pembeli yang menawar dengan ‘tawaran sadis’ setidaknya bisa diminimalisasi.

Periksa Kebersihan Mobil Secara Menyeluruh

membeli mobil di bursa mobil bekas

Setelah mengecek secara saksama seluruh bagian mobil, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan mobil. Kebersihan sebuah kendaraan menjadi faktor utama untuk dapat menarik pembeli. Pasalnya, poin pertama yang dilihat oleh calon pembeli adalah kebersihan mobil. Bersihkan secara menyeluruh, baik bagian luar dan bagian dalam mobil, agar mobil tampak lebih menarik.

Sebagai catatan, sebagian besar orang yang membeli mobil bekas selalu memilih mobil yang masih terlihat terawat dan bersih.

Selidiki Harga Pasaran dan Tentukan Harga Terbaik

Sebelum memutuskan untuk menjual mobil,hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek harga pasaran untuk mobil yang akan dijual. Hal ini dirasa penting karena Anda bisa mematok harga terbaik, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Cara mengeceknya pun mudah, tinggal kunjungi beberapa showroom mobil bekas terdekat atau lihat di internet karena sekarang sudah banyak situs atau aplikasi untuk menjual mobil bekas.

Cuci Mobil

Poin ini ada kaitannya dengan poin kedua. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebersihan mobil akan membuat calon pembeli melirik mobil yang kita jual. Jika mobil dalam kondisi kotor, hal tersebut akan menimbulkan asumsi kepada calon pembeli dan tidak tertarik untuk melihatnya lebih lanjut. Dengan penampilan luar yang mengkilap, maka psikologis pertama calon pembeli adalah “mobil ini sepertinya terawat”.

Pembeli rela mengeluarkan biaya yang pantas untuk mendapatkan mobil bekas yang terawat dengan baik. Jangan sekadar dicuci biasa, ada beberapa perawatan untuk mobil Anda agar tampak lebih segar kembali. Perawatan seperti cuci wax, coating, kaca film, dan lain sebagainya yang bisa Anda dapatkan di berbagai bengkel cuci mobil.

Cuci Mesin

tip bursa mobil bekas

Tak hanya bodi yang harus dicuci, nyatanya mesin pun juga perlu dicuci agar kelihatan bersih dan menarik perhatian calon pembeli. Ya, mencuci bagian mesin mobil agar lebih mengkilap merupakan salah satu cara agar mobil yang ingin dijual menarik perhatian. Mesin adalah nyawa sebuah mobil, jadi wajar kalau orang juga ingin tahu seperti apa kondisi mesinnya. Rembesan oli meskipun sedikit akan merekatkan banyak gumpalan debu dan mungkin orang yang akan membeli berasumsi rembesan oli ini buruk dan tidak jadi membeli mobil yang Anda jual.

Membersihkan mesin mobil dapat Anda lakukan sendiri di rumah jika kamu takut mencucinya di bengkel cuci mobil biasa. Siapkan alat-alat seperti sabun, ember, dan sikat kecil untuk membersihkan sela-sela di bagian ruang mesin. Lakukan pencucian mesin tanpa menggunakan mesin penyemprot air karena banyak komponen kelistrikan yang riskan akan korsleting.

Perlengkapan Mobil

Kita semua tentu ingin mobil yang kita beli memiliki perlengkapan yang cukup memadai, bukan? Maka dari itu, melengkapi perlengkapan mobil sangatlah perlu diperhatikan. Meskipun sepele, kadang bisa menjadi magnet yang kuat yang menarik pembeli melakukan pembelian untuk mobil Anda. Apa saja sih perlengkapan yang wajib ada di sebuah mobil?

Baca juga: Keuntungan Ikut Lelang Mobil Bekas Perusahaan

Ada kunci roda untuk membuka baut ban mobil, dongkrak dan segitiga merah pengaman. Setiap mobil tentu ada alat ini, namun ceritakan kepada calon pembeli jika mobil Anda masih dilengkapi dengan alat wajib tersebut.

Foto Mobil

Anda tentu tahu bahwa pasar di Indonesia akan menilai untuk pertama kalinya mobil yang kamu jual dari foto yang diunggah. Foto mobil menjadi hal penting ketika Anda akan melakukan penjualan mobil baik secara offline di koran atau online. Jadi, usahakan untuk mengambil foto mobil dengan apik.

Kalau perlu kamu meminjam kamera yang bisa menghasilkan kualitas foto bagus. Foto bagian depan mobil, samping, dan belakang. Kemudian foto juga bagian dalam mobil secara lengkap. Dengan memberikan hasil foto mobil yang lengkap dan bagus terbukti ampuh dalam membuat mobil bekas agar cepat laku.

Bukti Riwayat Perawatan Rutin Mobil

Menunjukkan bukti riwayat perawatan rutin mobil terbukti ampuh membuat mobil bekas agar cepat laku. Hal itu terbukti menjadi magnet mujarab untuk membuat calon pembeli seperti tersihir untuk membeli meskipun harga yang Anda tawarkan lebih mahal dari rata-rata harga pasaran.

Tentunya dari awal Anda sudah harus melakukan perawatan di bengkel resmi secara berkala sesuai dengan anjuran pada buku pedoman. Tunjukkan label/stiker atau bukti perawatan rutin per-kilometer oleh bengkel resmi.

Pilih Platform yang Tepat

menjual di bursa mobil bekas

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam menjual mobil bekas adalah menentukan di mana Anda akan menjual mobil bekas. Sekarang sudah banyak tersedia situs jual beli mobil bekas yang terpercaya.

Pilih situs atau aplikasi yang banyak digunakan orang dalam mencari mobil bekas. Semakin banyak pengunjung atau penggunanya, maka semakin banyak orang yang melihat mobil yang Anda jual dan bukan tidak mungkin dapat laku dalam waktu cepat.

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjual mobil Anda di pasar mobil bekas. Sudah siap menjual mobil bekas kesayangan Anda sekarang?

Baca juga:  Ingin Beli Mobil Bekas dengan Kredit? Ini Triknya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.