Hati-hati, Car Wash Tidak Selalu Membuat Mobil Anda Bersih

Mobil

Terbiasa mencuci kendaraan ke car wash? Sebaiknya, mulai sekarang Anda perhatikan beberapa hal ini!

Setiap kali mobil begitu kotor, karena terkena hujan atau bahkan lumpur, malas sekali jika harus membersihkan sendiri. Solusinya membawa mobil ke car wash . Apakah itu juga yang sering Anda lakukan?

Bukan hanya malas mencuci mobil sendiri alasannya. Dengan membawa mobil ke tempat pencucian mobil, maka mobil akan dibersihkan benar-benar bersih. Pasalnya, mereka memiliki alat-alat tertentu untuk memastikan mobil bersih sempurna.

Sayangnya, ada juga car wash yang kurang profesional. Bukannya membuat mobil Anda bersih tapi juga sebaliknya, kotor dan bahkan mengalami kerusakan.

Hal Buruk yang Bisa Saja Terjadi di Car Wash

Berdasarkan penuturan dari orang-orang yang pernah mengalami masalah setelah mobilnya dicucikan di car wash, ada hal buruk yang mereka alami.

Baret pada Bodi Mobil

Jasa cuci mobil profesional tahu langkah-langkah yang harus mereka lakukan ketika mencuci mobil. Awalnya, mereka harus menyemprotkan air dengan kencang ke bodi mobil. Tujuannya agar debu, pasir, dan semua kotoran berjatuhan.

Ini menjadi langkah sederhana tapi penting untuk menghindari hal buruk terjadi. Bisa saja ada pasir yang masih menempel pada bodi mobil. Jika bodi mobil langsung digosok dengan spons, maka bisa muncul baret pada bodi mobil.

Sabun Tertinggal

Setelah proses penyemprotak dilakukan, biasanya langkah selanjutnya adalah menyemprotkan sabun ke bagian bodi mobil. Kemudian, petugas car wash meratakan sabun tersebut dengan menggunakan spons.

Alih-alih bodi mobil bersih, bisa saja justru sebaliknya. Bodi mobil terlihat kusam. Ini bisa terjadi ketika petugas pencuci mobil tidak membersihkan sabun dengan baik. Jika busa sabun masih menempel pada kaca, misalnya, kaca akan menjadi kusam.

Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan bagian akhir. Sebelum Anda keluar dari car wash, coba lihat lebih detail lagi. Jangan-jangan ada sabun yang tertinggal di bagian bodi mobil.

Sisa Bekas Air

Bisa saja petugas yang membersihkan mobil sudah memastikan tidak ada sabun yang tertinggal. Akan tetapi, apakah bodi mobil sudah benar-benar kering?

Jangan sepelekan hal ini. Jika masih ada bekas air cucian yang menempel dan belum dikeringkan, maka ada potensi air tersebut bisa menyebabkan noda. Orang Jawa mengatakan “Blentong-blentong”. Yaitu noda bekas air cucian yang berwarna putih.

Noda ini muncul karena bodi mobil belum benar-benar kering. Sementara itu, sinar matahari sudah mengenai bodi mobil.

Itulah mengapa sangat disarankan membersihkan mobil di tempat yang teduh. Jangan sampai bodi mobil terkena sinar matahari karena ini bisa menyebabkan noda bekas air cucian.

Cat Bodi Mobil Mobil Mengelupas

Salah satu alasan mengapa banyak orang membawa mobil mereka untuk dibersihkan di car wash adalah adanya kompresor. Mesin ini bisa menyemprotkan air sehingga kotoran kecil yang menempel pada celah-celah mobil bisa dibersihkan.

Sayangnya, ada risiko buruk yang juga bisa terjadi. Semprotan air yang begitu keras bisa membuat cat mobil mengelupas. Tentu ini bukan hal yang Anda inginkan, kan?

Maka dari itu, coba Anda perhatikan bagaimana semprotan yang keluar dari alat semprot. Jika airnya menyebar, itu bagus, Hal buruk seperti cat yang mengelupas bisa dihindari.

Baret pada Kaca

Setelah proses pencucian mobil dilakukan, biasanya diakhir dengan proses pengeringan. Coba Anda perhatikan bagian kaca. Jangan sampai ada goresan atau baret. Ini biasanya terjadi ketika petugas car wash menggunakan lap dengan permukaan yang kasar.

Hal tersebut pernah dialami oleh beberapa pemilik mobil. Semoga saja Anda tidak mengalaminya. Untuk itu, jangan sembarangan memilih jasa cuci mobil.

Tip Memilih Tempat Car Wash yang Bagus

Agar hal buruk tersebut di atas tidak Anda alami, ada beberapa tip yang bisa Anda terapkan.

Pilih Tempat Cuci Mobil yang Profesional

Car wash profesional tidak akan main-main dalam memberikan pelayanan. Semuanya dilakukan sesuai aturan. Bahkan, biasanya ada prosedur tetap yang harus ditaati oleh petugas yang bertugas mencuci mobil.

Pilih Tempat Cuci Mobil yang Ramai

Kenapa harus memilih tempat yang ramai? Jika tempat itu ramai berarti itulah tempat yang banyak orang favoritkan untuk membersihkan mobil. Dan bisa dipastikan layanannya terbaik. Tidak mengecewakan.

Coba Lalu Pilih

Jika Anda belum menemukan tempat car wash yang bagus, Anda bisa coba satu persatu. Lalu, pilih mana yang menurut Anda memberikan pelayanan yang paling bagus.

Kenalan dengan Pemilih Car Wash

Tidak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan pemilik cuci mobil. Setidaknya ini bisa Anda lakukan untuk menambah pertemanan.

Namun, bukan itu saja tujuannya. Jika Anda kenal dengan pemiliknya, ketika terjadi hal yang buruk, Anda bisa informasikan langsung kepada pemilik. Contohnya saja ketika ada baret setelah mobil Anda dicuci di car wash tersebut, Anda bisa langsung menghubungi pemiliknya. Semoga saja ada pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pemilik.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Adanya risiko hal buruk tersebut mungkin membuat Anda ragu untuk mencucikan mobil Anda di tempat pencucian mobil. Namun, bukan itu tujuannya. Informasi tersebut perlu Anda ketahui agar Anda tidak sembarangan memilih tempat cuci mobil.

Sebenarnya bisa saja Anda cuci sendiri mobil Anda di rumah. Toh sekarang sudah ada alat cuci mobil rumahan seperti mesin penyemprot, sabun khusus untuk cuci mobil, dan produk pembersih mobil lainnya. Jadi, Anda bisa memastikan sendiri bahwa mobil Anda bebas dari kerusakan karena Anda sendiri yang mencuci.

Akan tetapi, jika Anda malas, tetap saja Anda harus ke tempat cuci mobil. Pastikan Anda pilih car wash yang terbaik ya.

Comments are closed.