Cara Aman Berkendara Bagi Ibu Hamil

Mobil

Selama usia kehamilannya masih memungkinkan untuk berkendara, Ibu hamil juga harus tetap hati-hati. Berikut ini cara aman berkendara bagi ibu hamil.

Kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Tetapi di lain sisi, kondisi ini juga terkadang menyulitkan saat Anda harus melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya saat berkendara bagi ibu hamil

Berkendara bagi  ibu hamil tentu saja masih boleh dilakukan. Namun, ini hanya boleh dilakukan jika usia kandungan 14 – 28 minggu. Selain itu, jika Anda tak punya keluhan pada tubuh seperti sakit, kondisi kehamilan yang stabil, dan kondisi jalanan yang baik.

Demi keselamatan Anda dan si calon bayi, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk ibu hamil saat menyetir sendiri:

Sesuaikan Jarak

Perut Anda akan membesar seiring pertumbuhan janin di dalamnya. Tentu saja jarak antara kursi pengemudi perlu disesuaikan. Mundurkan kursi, sesuaikan jarak yang pas dan nyaman antara kaki dan pedal. Ini agar berkendara bagi ibu hamil semakin aman dan nyaman.

Gunakan Bantal Pengganjal Pinggang

Hamil membuat pinggang Anda akan cepat pegal. Agar tidak membuat otot-otot di sekitar pinggang Anda tegang, sebaiknya gunakan bantal pengganjal untuk membuat pinggang Anda lebih rileks.

Gunakan Seatblet Dengan Benar

Fakto ini penting untuk kemananan berkendara bagi ibu hamil. Meskipun terasa mengganjal, Anda harus menggunakan sabuk pengaman. Anda tentu tak ingin kehamilan Anda terganggu atau hal buruk lain terjadi. Jadi, pastikan Anda tetap selalu mengenakan sabuk pengaman selama mengemudi. Atur agar posisi sabuk berada di bawah perut, dan setel agar talinya tidak menekan perut atau payudara Anda terlalu keras. Jagalah agar sabuk tetap kencang, aman, dan nyaman.

Mengemudi Dengan Tenang

Berkendara bagi ibu hamil haruslah tetap dengan santai. Jika Anda ngebut, Anda harus menekan pedal rem dengan kencang. Ini akan membuat otot-otot di sekitar perut, pinggang, dan rahim Anda berkontraksi.

Jagalah kandung kemih Anda tidak terus tertekan

Selain poin-poin tersebut, sebaiknya Anda juga memperhatikan usia kandungan Anda. Pada usia-usia awal, Anda tentu mengalami morning sickness yaitu keluhan atau sakit yang terjadi pada ibu hamil di pagi hari seperti pening, mual, dan muntah-muntah. Jika Anda masih sering mual dan muntah, sebaiknya hindari menyetir sendiri. Jika perjalanan yang harus Anda tempuh cukup jauh, jangan ragu untuk menepi dan berhenti sejenak untuk meredakan ketegangan pada perut dan pinggang Anda. Segeralah hubungi suami atau keluarga jika Anda menemui gangguan yang cukup serius di jalan. Jangan lupa, utamakan selamat.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.