Cara Ampuh Membersihkan Lampu Mobil Berembun

Mobil

Jika lampu mobil berembun, jangan langsung panik. Anda bisa membersihkan lampu mobil berembun di rumah tanpa harus membawanya ke salon mobil. Penasaran langkah-langkahnya?

Bukan hanya mesin dan ban, lampu juga menjadi bagian penting untuk sebuah mobil, khususnya untuk kondisi malam hari juga saat hujan. Kedua kondisi itulah yang benar-benar membutuhkan lampu sebagai penerangan. Sama dengan komponen lain, lampu mobil juga membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengingat sebentar lagi memasuki musim hujan yang terkadang fungsi lampu menjadi terganggu visibilitasnya karena timbulnya embun. Apakah Anda pernah mengalami ini?

Lampu mobil yang tertutup dengan embun tentu sangat mengganggu. Bukan hanya dari fungsinya, tetapi juga dari segi tampilan menjadi kurang menarik. Ada banyak faktor yang menyebabkan lampu menjadi berembun dan salah satunya dikarenakan kondisi sil atau mika rumah lampu yang sudah bercelah sehingga air atau udara mudah masuk ke dalamnya dan terjadilah embun. Bahkan jika hal ini tidak secepatnya dicegah akan membuat genangan air dan tentu ini bisa berdampak pada kerusakan.

Jika hal ini sedang Anda alami, sebenarnya tidak perlu panik. Anda masih bisa membersihkan lampu mobil berembun sendiri tanpa harus ke bengkel. Lalu, bagaimana caranya?

Lepaskan Headlamp

Langkah pertama membersihkan lampu mobil berembun, yaitu Anda harus melepaskan headlamp dari mobil. Untuk melepas ini, biasanya Anda harus mencopot beberapa baut bumper bagian atas dan samping. Selain itu, Anda juga harus melepaskan 3 baut pengunci headlamp. Jika semua baut sudah terlepas, baru Anda bisa membuka headlamp.

Lepaskan Bohlam

Jika headlamp sudah terlepas, jangan lupa juga melepaskan bohlam lampu utama, lampu senja, dan lampu sein. Meskipun membersihkan lampu mobil berembun ini dalam kondisi mesin mati, tetapi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak terduga lebih baik dilepaskan saja. Selain itu, ada kemungkinan juga embun bukan hanya di headlamp, tetapi juga terdapat di bohlamnya.

Oleskan Lem

Setelah semuanya dilepaskan, langkah selanjutnya adalah oleskan lem silikon secara merata pada bagian sekat antara rumah lampu dan mika. Ingat ya, tidak perlu terlalu tebal yang penting merata.

Keringkan Embun

Selanjutnya Anda harus mengeringkan embun atau air yang ada di dalamnya menggunakan hair dryer atau dijemur selama beberapa jam hingga kering dengan posisi dibalikkan (mika mengarah ke bawah). Pastikan embun tersebut benar-benar hilang baru Anda bisa memasangkan kembali headlamp dan bohlam tersebut.

Ternyata memang tidak sulit ya membersihkan lampu mobil berembun. Kalau sudah tahu semua langkah-langkahnya seperti ini, pasti akan lebih mudah untuk melakukannya di rumah.

Comments are closed.