Cara Tepat Bersihkan Kabin Mobil dari Bakteri dan Virus

Mobil

Akhir-akhir ini, seringkali ada penyemprotan untuk mobil-mobil yang masuk atau ke luar gedung. Ini dilakukan agar virus corona atau Covid-19 yang mungkin menempel pada body mobil bisa mati. Namun, bagaimana dengan bagian kabin mobil?

Ini yang sering terlupakan. Banyak orang merasa virus itu hanya menempel pada bagian luar mobil saja. Padahal, ada juga potensi virus menempel pada bagian kabin, seperti jog, karpet, dashboard, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan kabin mobil agar terbebas dari virus corona atau bakter lainnya. Bagaimana caranya? Sebelum mengulas lebih lanjut, di tengah wabah seperti ini Anda memerlukan proteksi berupa asuransi mobil dan juga kesehatan. Di mana kedua proteksi ini mampu melindungi Anda, keluarga, dan juga mobil kesayangan. Untuk itu Futuready membantu Anda untuk bisa mendapatkan produk perlindungan terbaik berupa asuransi yang bisa dipilih dan dibandingkan dengan harga premi yang relatif terjangkau serta manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Beli Asuransi Proteksi Virus, Cermati 7 Hal Berikut!

Bagian Kabin Mobil yang Kemungkinan Ada Virusnya

Sebelum membahas cara membersihkan kabin kendaraan, Anda harus tahu dulu bagian mana saja yang paling mungkin ada virusnya. Sebenarnya, semua bagian kabin harus dibersihkan. Hanya saja, Anda bisa lebih fokus membersihkan bagian kabin yang paling berpotensi terdapat virus atau bakteri.

Bagian mana saja itu? Jawabannya adalah bagian yang paling sering disentuh oleh penumpang. Misalkan saja bagian depan. Tentu saja yang disentuh oleh pengemudi adalah setir dan porseneling. Selain itu, bagian handle pintu, tombol power-window juga harus dibersihkan. Begitu juga bagian penumpang, entah itu penumpang di depan maupun di bagian belakang.

Pada intinya, semua bagian mobil yang paling sering disentuh itu harus dibersihkan. Asumsinya adalah orang yang masuk ke dalam kabin mobil itu membawa virus. Makanya, bagian yang paling sering disentuh harus disterilkan sehingga virus mati dan tidak menyebar ke penumpang lain.

Baca juga: Sudah Terapkan Cara untuk Cegah Virus Corona?

Cara Membersihkan Kabin Mobil Agar Terhindar dari Virus

Sangat tidak disarankan bagian interior mobil disemprot dengan disinfektan. Pasalnya, material cair tersebut bisa sulit dikeringkan, terutama jika menempel pada kursi atau jog mobil. Oleh sebab itu, ada tips yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan kabin mobil sehingga aman dari virus ataupun bakteri.

mobil bebas virus

1. Gunakan Sabun dan Air

Sama halnya untuk membunuh virus di tangan, Anda juga bisa gunakan sabun untuk membunuh virus yang ada di bagian interior mobil. Gunakan sabun apapun karena semua sabun pasti mengandung antiseptik.

Ada beberapa orang yang menyarankan untuk membersihkan bagian kabin dengan menggunakan hidrogen peroksida. Ini memang sangat efektif membunuh virus. Akan tetapi, bahan ini tidak disarankan digunakan karena bisa merusak material kabin, terutama cat. Maka dari itu, yang paling aman untuk dipakai adalah sabun biasa.

2. Gunakan Kain Microfiber

Gunakan kain microfiber untuk membersihkan kabin. Caranya, larutkan sabun ke dalam air. Kemudian, celupkan kain microfiber untuk membersihkan interior mobil. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yang perlu dibersihkan adalah bagian-bagian di dalam kabin mobil yang paling sering disentuh oleh pengemudi ataupun penumpang.

Sebelum menggosokkan microfiber pada bagian interior mobil, pastikan microfiber diperas dulu agar tidak terlalu basah. Karena jika terlalu basah, maka akan semakin sulit untuk mengeringkan. Apalagi bagian tertentu, seperti kursi yang memiliki material mudah menyerap air.

Kenapa harus menggunakan microfiber? Karena kain inilah yang mampu menyerap debu, bakteri, atau pun virus. Jadi, jangan asal menggunakan kain. Kalau tidak ada kain microfiber, Anda bisa gunakan tissue karena daya serap tissue juga bagus.

3. Bersihkan Interior dengan Cara Menggosok

Virus itu sangat mudah rusak dan akhirnya mati. Ketika terkena sabun, virus itu bisa langsung mati. Apalagi jika sedikit ada tekanan. Maka dari itu, ketika Anda membersihkan kabin mobil, gunakan air sabun dan microfiber. Lalu, gosok-gosokkan microfiber yang sudah dicelupkan ke air sabun sehingga jika ada virus maka akan mati.

4. Manfaatkan Vacuum Cleaner

Tidak semua bagian di dalam interior mobil bisa Anda bersihkan dengan cara menggosok-gosokkan microfiber yang sudah dibasahi dengan air sabun. Misalnya saja bagian sela-sela yang sulit dijangkau. Untuk bagian interior mobil seperti itu, Anda bisa manfaatkan vacuum cleaner. Sebab, vacuum cleaner bisa menghilangkan debu, bakteri, dan juga virus yang mungkin ada di sela-sela akan tersedot.

5. Cuci Karpet Mobil

Untuk bagian karpet, sebaiknya Anda keluarkan lalu cuci dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Kemudian, keringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

6. Menyemprotkan Antibacterial Air Freshener

Ada produk yang bisa mematikan bakteri dan juga virus di dalam kabin mobil. Akan tetapi, ini biasanya hanya dilakukan di salon mobil. Nama produk tersebut adalah antibacterial air freshener. Cara penggunaanya cukup mudah. Pertama-tama, semua kaca dan pintu mobil harus ditutup. Lalu, antibacterial air freshener dikocok dan dibuka. Tutup pintu mobil dan biarkan cairan keluar.

Butuh waktu hingga 5 sampai 10 menit dan pintu mobil bisa dibuka kembali. Ini perlu dilakukan agar semua cairan menyebar di seluruh kabin. Perawatan seperti ini sangat disarankan untuk dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Mungkin ini waktu yang tepat untuk merawat kabin mobil agar tetap steril dari virus dan bakteri.

Baca juga: 12 Kesalahan Mengemudi yang Wajib Dihindari, Apa Saja?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tips Sederhana Agar Tidak Tertular Virus Corona di Mobil

Mungkin Anda sudah membersihkan kabin mobil dan Anda pastikan tidak ada lagi virus atau bakteri di dalamnya. Namun, langkah pencegahan lain juga masih perlu dilakukan. Misalnya saja sebelum mengemudi, Anda sebaiknya mencuci tangan. Jika tidak memungkinkan, siapkan hand sanitizer di mobil. Sebelum memegang setir mobil, usapkan hand sanitizer pada telapak tangan Anda.

Selain itu, Anda juga harus pastikan semua penumpang bebas dari virus. Ini yang mungkin sulit untuk dikontrol, terutama untuk mobil taksi. Namun, langkah antisipatif bisa dilakukan. Misalnya saja setiap penumpang bisa dicek dulu suhu tubuhnya. Ini yang juga dilakukan oleh pengemudi yang mengemudikan kendaraan umum.

Jika mobil hanya digunakan untuk seluruh anggota keluarga saja, maka Anda bisa dengan mudah mengontrol. Anda hanya perlu menerapkan peraturan yang ketat. Semua anggota keluarga harus dalam keadaan bersih sebelum masuk ke dalam mobil.

Semua orang panik dengan adanya wabah virus corona atau Covid-19 ini. Sangat disarankan untuk setiap orang melakukan langkah antisipasi sendiri agar tidak tertular. Menjaga kebersihan menjadi kunci utamanya. Selain itu, semua benda yang ada di rumah juga harus benar-benar bersih steril dari virus, tak terkecuali mobil. Jika Anda sering menggunakan mobil di masa wabah pandemi virus corona seperti saat ini, sebaiknya lebih seringlah mencuci mobil. Jika Anda tidak punya waktu, cucikan ke tempat pencucian mobil. Untuk pembersihan setiap hari, Anda bisa terapkan tips membersihkan kabin mobil seperti penjelasan di atas.

Comments are closed.