Cara Lapor Polisi Saat Kendaraan Hilang

MobilMotor

Saat kendaraan hilang dicuri jangan panik! Segera lapor polisi. Begini cara lapor polisi agar kasus Anda lekas ditangani.

Saat kendaraan kesayangan hilang dicuri kita sering panik bahkan beberapa ada yang sampai meminta bantuan paranormal untuk mendeteksi keberadaan pencuri. Surat kehilangan dari kepolisian yang begitu pentingpun luput dari perhatian.

Padahal surat ini amat berguna untuk klaim asuransi kendaraan. Ada yang mengaku tidak tahu bagaimana cara lapor polisi untuk kasus hilangnya kendaraan, ada pula yang beranggapan polisi tidak akan membantu banyak.

Skeptisme itu muncul karena mereka belum mencoba. Padahal banyak manfaat dari surat kehilangan kendaraan yang diterbitkan dikepolisian, misalnya untuk mencairkan klaim asuransi jika Anda memang mengambil premi jenis ini. Lantas bagaiaman cara lapor polisi agar bisa mendapatkan suar kehilangan secepatnya?

lapor polisi online

Cara Lapor Polisi Saat Kendaraan Hilang

Siapkan Surat Pengantar dari Pejabat Setempat

Pejabat di sini maksudnya lurah, camat, atau ketua RW. Surat pengantar ini berisi pernyataan bahwa kendaraan Anda memang hilang di lokasi tersebut. Ini jadi saksi dan bukti kuat bahwa Anda tidak berbohong soal kehilangan kendaraan. Tidak semua kantor polisi meminta bukti ini, tapi tak ada salahnya berjaga-jaga bukan?

Siapkan Surat dan Dokumen Penting Kendaraan

Saat datang ke kantor polisi mereka akan meminta sejumlah dokumen penting terkait kendaraan Anda, diantaranya fotokopi KTP, STNK, faktur pajak, BPKB, tanda lapor, polis asuransi, dan pengantar asli dari asuransi. Setelah itu Anda akan menerima Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan surat pemblokiran.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah

Bawalah Surat Pemblokiran ke Direktorat Lalu Lintas

Ya, tidak cukup hanya di kantor polisi saja, Anda juga harus mengurus ke Direktorat Lalu Lintas untuk mendapatkan surat keterangan pemblokiran. Setelah sampai di Direktorat Lalu Lintas, Anda datang ke bagian Sat V Ranmor Ditreskrimum agar bisa mendapatkan Surat Keterangan Hilang, dan dapatkan laporan kemajuan dari Polsek/Polres/Polda tempat Anda melapor agar bisa mendapatkan Surat Bukti Lapor.

Bawa Semua Dokumen ke Kantor Leasing atau Kantor Asuransi

Jika Anda membeli motor dengan sistem kredit, biasanya leasing akan mengganti kehilangan motor tersebut atau memberikan sejumlah dana sebagai bentuk ganti rugi. Bawalah surat kehilangan yang sudah dibuat tadi untuk mendapatkan penggantian motor yang hilang atau bagi Anda yang mengasuransikan kendaraan bisa langsung menuju kantor asuransi bersangkutan. Biasanya proses kalim tidak memakan banyak waktu.

Nah, banyak yang bingung untuk mendahulukan yang mana antara harus lapor polisi atau klaim asuransi? Ada yang beranggapan lebih baik datangi dulu kepolisian agar kasus kehilangan cepat ditangani. Namun, ada juga yang menyarankan ke leasing lebih dulu agar kalim asuransi lebih cepat turun. Nah agar informasi yang Anda dapatkan tidak simpang siur lagi, begini penjelasannya!

Baca juga: Menghitung Asuransi Mobil dari Rate Premi

Lapor Polisi atau Leasing Dulu?

Jika Anda mengangsur kendaraan sebaiknya tidak terburu buru membuat surat kehilangan dari kepolisian. Sebaliknya, datangilah leasing terlebih dulu agar proses klaim asuransi dapat berjalan. Pihak leasing juga selalu mewanti-wanti konsumennya bahwa jika mereka menjadi korban pencurian, wajib menghubungi pihak Leasing terlebih dahulu.

Mengapa? Hal ini dikarenakan saat kendaraan hilang dan Anda langsung melapor polisi otomatis kunci kendaraan beserta STNK akan disita oleh pihak kepolisian untuk dijadikan sebagai barang bukti. Padahal, keduanya juga akan diminta pihak asuransi sebagai syarat pencairan klaim. Namun, jika sudah terlanjur Anda bisa meminta surat penyitaan dari Kepolisian.

Proses cara lapor ke polisi saat kendaraan hilang dicuri memang merepotkan. Biasanya prosesnya memakan waktu berhari-hari. Namun, Anda harus melalui semua prosedur tersebut jika tak ingin rugi banyak. Paling penting, jika membeli kendaraan secara cash pastikan sudah dilindungi asuransi, sehingga ketika hilang Anda bisa lekas mendapat kendaraan pengganti.

Banyak yang membiarkan begitu saja motornya hilang dicuri, tanpa tahu bahwa surat kehilangan banyak manfaatnya. Ini karena mereka enggan menjalani semua proses pelaporan panjang. Banyak yang mengaku bahwa kantor polisi seringkali lama dalam menerbitkan surat kehilangan ini. Berikut ini ada tips jitu agar cara lapor ke polisi Anda membuahkan hasil dalam tempo cepat.

prosedur pelaporan kepolisian

Tips Cara Lapor Polisi untuk Kendaraan Hilang Dicuri

Jangan Datang ke Kantor Polisi dengan Tangan Kosong

Cara lapor ke polisi saat kehilangan kendaraan adalah dengan membawa semua dokumen terkait kendaraan yang hilang. Ini akan membantu Anda menghemat waktu. Hal ini lebih penting dari pada bolak balik karena kurangnya sebuah dokumen lebih baik Anda membawa semua perkara surat menyurat yang berkaitan dengan kendaraan dan data pribadi seperti KTP dan NPWP.

Baca juga: Mengapa Harus Memiliki Asuransi Kendaraan?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Jangan Bertele-tele saat BAP

Saat BAP berlangsung buat pikiran Anda rileks lebih dulu. Sebab polisi akan sulit mengurai kisah kehilangan kendaraan Anda jika Anda bercerita dengan penuh emosi. Pertama, ceritakan lokasi hilangnya dimana, waktu kejadian, dengan siapa, dan motornya jenis apa. Jangan ceritakan prasangka-prasangka Anda mengenai siapa yang kira-kira berpotensi jadi pencurinya, karena ini dapat mengaburkan BAP. Ceritakan saja apa yang benar-benar terjadi tanpa ada bumbu drama hanya karena Anda ingin meluapkan emosi.

Ceritakan Detail Kendaraan

Cobalah ingat baik-baik detail atau ciri-ciri kendaran selain warna dan tipenya. Hal-hal spesifik seperti stiker yang menempel pada kendaraan akan jadi pernyataan yang bermanfaat untuk polisi dan memudahkan pencarian karena kendaraan Anda punya keunikan tersendiri.

Jangan Meluapkan Emosi kepada Petugas Polisi

Proses panjang cara lapor ke polisi terkait kendaran yang hilang tak ayal membuat korban tidak sabaran. Menghadapi polisi dengan banyak pertanyaan pada saat BAP jadi tantangan. Anda harus bersabar dan menjawab dengan konsisten setiap pertanyaan yang dilontarkan, sebab polisi juga punya tugas berat, yakni memastikan bahwa cerita Anda nyata adanya.

Hal ini karena banyak sekali modus kehilangan kendaraan digunakan untuk mencairkan klaim asuransi, padahal motor atau mobil yang dimiliki tidak benar-benar raib, hanya agar bisa mendapatkan klaim asuransi. Modus ini melibatkan banyak orang terutama mereka yang berpura-pura menjadi saksi. Oleh karena itu, polisi selalu memastikan berkali-kali runtutan kejadian yang Anda alami.

Itulah beberapa hal yang akan Anda alami di kantor polisi ketika membuat surat kehilangan kendaraan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan memberikan proteksi lebih untuk kendaraan kesayangan. Jangan lupa untuk membeli premi asuransi kendaraan agar ketika kehilangan Anda tidak rugi besar.

Perkara lapor polisi harus dihadapi penuh kesabaran. Setidaknya dari mulai lapor hingga klaim asuransi paling cepat sebulan baru bisa terselesaikan.

Comments are closed.