Mesin Terbebas dari Karat Dengan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil

Asuransi MobilMobil

Selain butuh perawatan secara teknis pada mesin mobil, ternyata mesin mobil juga butuh perawatan luarnya untuk menjaga materialnya agar terhindar dari karat. Berikut ini akan dijelaskan cara membersihkan mesin mobil.

Membersihkan mesin mobil diperlukan untuk tetap menjaga materialnya tetap bersih dan bebas karat. Untuk itu, diperlukan cara khusus ntuk membersihkan mesin mobil, agar tidak terjadi kerusakan pada sistem kelistrikannya. Berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan mesin mobil tetap bersih dan terawat.

Engine Conditioner

Cairan berbahan solvent dalam bentuk foam atau busa ini berfungsi untuk membersihkan ruang bakar. Caranya Anda hanya menyemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi yang sudah dilepas sebelumnya.

Engine Degreaser

Cairan ini mempunyai fungsi untuk membersihkan kotoran di luar mesin. Engine degreaser terbuat dari bahan solvent yang memiliki tekstur lebih keras. Khasiat cairan ini akan mengikat dan melarutkan kotoran yang membandel. Cara penggunaan pembersih ini dengan menyemprotkan bagian yang kotor pada saat mesin bertempratur hangat.

Engine Flush

Cairan yang bernama Engine Flush ini merupakan deterjen berbahan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang berada di jalur oli. Anda cukup memasukkan cairan ini ke dalam mesin melalui lubang oli. Kemudian hidupkan mesin selama 15 menit, lalu buang cairan melalui pembuangan oli. Cairan ini mampu membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Setelah cairan khusus pembersih sudah Anda ketahui, sekarang saatnya melakukan proses pencucian mobil. Namun sebelumnya yang harus Anda perhatikan,yaitu mesin harus dalam keadaan hangat, kemudian lindungi bagian elektrik dalam mesin dengan plastik.

Bersihkan Bagian Mudah Dahulu

Tahap pertama membersihkan mesin mobil Anda bisa memulai dengan yang mudah terlebih dahulu, seperti di bagian bawah kap mobil. Semprot menggunakan air, lalu gunakan sabun colek untuk membersihkan bagian bawah kap mobil. Setelah itu lap dengan kain hingga benar-benar kering, agar tidak ada air yang menetes ke mobil.

Cuci Ruang Mesin

Selanjutnya, Anda mencuci bagian ruang mesin mobil hanya dengan menyeprotkan air terlebih dahulu pada ruang mesin, tetapi jangan terlalu tinggi tekanannya.

Gunakan Kuas

Kemudian, Anda mulai mencuci mesin mobil dari bagian belakang hingga bagian depan. Alatnya Anda bisa menggunakan kuas atau spons untuk menjangkau bagian-bagian mesin yang sulit terjangkau dan rumit.

Gunakan Cairan Khusus

Cairan khusus yang disebutkan dan dijelaskan di atas bisa mulai Anda gunakan. Untuk engine dreaser Anda bisa menyemprotkan dahulu pada bagian mesin yang terkena noda, kemudian diamkan selama 10 menit. Lalu gunakan kuas untuk menyapu ratakan ke seluruh bagian mesin mobil.

Proses Bilas

Saat proses bilas mesin mobil, Anda bisa gunakan spray atau selang air. Lap bagian mesin mobil dengan sedikit menekan pada bagian mesin yang terdapat noda.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.