Cara Membersihkan Plafon Mobil Dari Noda Agar Bersih

Mobil

Plafon mobil penting untuk dirawat dan dijaga kebersihannya, agar tidak ada noda bandel yang menempel. Cara membersihkan plafon mobil ini bisa Anda lakukan di rumah.

Plafon mobil sering kali luput untuk dibersihkan karena berada di atas mobil. Selain itu, bahan plafon tersebut terkadang sulit untuk dibersihkan sehingga kita tidak tahu dengan betul bagaimana cara membersihkan plafon mobil yang baik dan benar.

Plafon perlu dibersihkan, karena jika dibiarkan begitu saja, lama-lama warna plafon akan terlihat kusam dan tidak enak dipandang. Membersihkannya pun tidak bisa sembarangan, harus memiliki cara khusus juga. Jangan sampai Anda berniat membersihkannya, tapi hasilnya kotor.

Baca juga: Apa itu Asuransi Mobil?

Hal-hal yang Bisa Membuat Plafon Mobil Kotor

Merokok di Mobil

Sebaiknya jangan pernah merokok di dalam mobil, merokok di dalam mobil akan menimbulkan efek bau menyengat di seluruh mobil Anda. Terutama membuat plafon mobil menjadi warna hitam.

Parkir Mobil di Tempat Panas

Memarkir mobil di tempat yang panas atau di bawah terik matahari ternyata dapat merusak plafon. Suhu panas dari atap mobil dapat langsung menyerap ke plafon. Hal ini dapat membuat plafon mobil menjadi cepat rusak dan tidak dapat digunakan.

Merawat Plafon Mobil

Plafon mobil harus tetap dirawat untuk menjaga kebersihan interior mobil tetap terjaga. Plafon yang kotor dan bau bisa membuat Anda tidak betah selama perjalanan, apalagi jika menempuh perjalanan yang sangat jauh.

Ada cara khusus untuk membersihkan plafon mobil sendiri, namun Anda perlu mengetahui triknya. Ada tingkatan kotor dan kerusakannya, tergantung kondisi yang akan Anda hadapi.

Baca juga: Perbandingan Asuransi All Risk dan TLO

Berikut ini beberapa cara membersihkan plafon mobil:

Berdebu

Cara membersihkan plafon berdeubu bisa dengan sikat tanpa air. Anda cukup menyikatnya dengan lembut tanpa air. Kemudian, sikat plafon dengan gerakan tangan searah menggunakan sikat gigi yang lembut. Lakukanlah secara perlahan dan jangan dicampur dengan air, justru nanti akan membuat kotorannya semakin menyebar.

Menghilangkan Plafon yang Bernoda Ringan

Plafon yang bernoda ringan dengan menggunakan sikat lembap. Caranya, Anda bisa menggunakan sikat lembap dengan sedikit detergen. Cara ini dilakukan jika ada noda ringan pada plafon. Gunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut dan deterjen yang sedikit mengandung busa.

Caranya:

– Tuang deterjen pada air (jangan diaduk). Tunggu 3 menit agar partikelnya bereaksi dengan air.
– Celup sikat ke dalam larutan deterjen kemudian angkat.
– Gerakan sikat ke atas dan ke bawah agar larutan deterjen terbuang dan sikat menjadi lembap.
– Sikat perlahan noda di plafon dengan lembut dan searah.
– Jangan mengaduk larutan deterjen, agar tidak berbusa. Jika sikat berbusa dan menyentuh plafon maka akan menghasilkan flek yang tidak bisa hilang. Jika begini, maka bukan menyelesaikan masalah, namun menimbulkan masalah baru.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Noda Pekat

Plafon mobil dengan noda pekat atau membandel adalah menggunakan cairan fabric. Namun, ada cara membersihkan plafon mobil dengan untuk menggunakan cairan ini. Tapi, pastikan dulu beberapa hal ini:

– Kain yang lembut dan halus seperti menggunakan kain berjenis microfiber agar plafon mobil tidak rusak saat dibersihkan.
– Cairan pembersih khusus plafon mobil fabric. Anda dapat membeli cairan ini di bengkel atau toko tertentu.
– Siapkan air secukupnya tanpa campuran deterjen, sabun, ataupun yang semisalnya. Cukup sediakan air bening saja.

Setelah semua peralatan sudah siap, lalu bagaimana cara membersihkan plafon mobilnya? Berikut ini langkah yang dapat kita lakukan untuk membersihkan plafon mobil.

– Pertama basahi kain dengan air, peras sampai kering hingga tidak ada air yang menetes lagi.
– Pastikan kain terperas sampai kering, karena kain yang basah dapat menyebabkan plafon menjadi lembap dan mempercepat timbulnya bakteri dan jamur sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
– Anda bisa mengusapkan kain pada plafon secara perlahan. Ini bertujuan, agar plafon tidak sobek.
– Semprotkan cairan pembersih fabric ke kain. Lalu, gosok plafon dengan menggunakan kain tersebut. Cairan ini berguna untuk menghilangkan noda yang membandel pada plafon mobil Anda.

Gunakan Vacuum Cleaner

Menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon ini ada caranya, tidak bisa membersihkannya secara sembarangan. Jika salah menggunakan, justru dapat membuat mobil menjadi rusak. Syarat membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner ini adalah dengan mengatur daya serap alat pembersih otomatis satu ini, yaitu dengan menggunakan daya serap ringan. Penggunaan dengan daya serap tinggi justru merusak plafon dan menjadi tidak bagus.

Cara-cara  di atas dapat Anda lakukan untuk membersihkan plafon pada mobil. Sesuaikan juga dengan jenis-jenis bahan plafon pun sebenarnya berbeda-beda. Untuk itu, dalam membersihkannya pun ada cara tersendiri, menyesuaikan dengan bahan plafon.

Comments are closed.