Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering di Rumah

Mobil

Sebagian besar kendaraan saat ini menggunakan aki kering sebagai penyimpan aliran listrik. Tapi, tak jarang komponen yang memiliki tugas penting pada kendaraan ini mengalami masalah. Tak perlu khawatir, jika kondisinya masih bagus, Anda bisa memperbaiki aki kering di rumah tanpa perlu ke bengkel.

Aki adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Fungsinya sangatlah besar, yaitu menyimpan aliran listrik untuk tenaga pada kendaraan. Aki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Seiring waktu berjalan, aki kering lebih banyak dipilih karena lebih awet saat digunakan. Selain itu, aki kering dinilai lebih praktis serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat dan stabil.

Meski lebih baik dibandingkan dengan aki basah, aki kering juga memiliki masalah yang tentunya dapat mengganggu kinerja kendaraan. Beberapa penyebab masalah pada aki antara lain penggunaan aksesori berlebih pada kendaraan, korsleting, atau komponen di dalam aki yang sudah tidak prima.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan aki kering, sebaiknya cari tahu terlebih dulu apa penyebab kerusakannya. Kalau penyebabnya karena kondisi aki yang sudah tidak laik pakai, sebaiknya Anda ganti dengan yang baru. Tapi, jika karena korsleting, Anda dapat memperbaikinya. Tak perlu ke bengkel, Anda bisa lakukan sendiri di rumah, cukup dengan menggunakan peralatan berikut ini:

  1. Obeng minus dan plus.
  2. Pisau atau gergaji besi.
  3. Air aki.
  4. Isolasi ukuran besar.

[quads id=4]

Berikut langkah-langkah memperbaiki aki kering

  1. Pertama, lepaskan aki kering dari kendaraan Anda. Pastikan Anda mencopot semuanya dalam keadaan baik agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius.
  2. Selanjutnya, gergaji bagian penutup aki. Tapi, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggergaji. Bagian yang dapat Anda gergaji adalah yang bertuliskan “Do Not Open” di sisi atas, samping, dan juga belakang penutup aki kering. Gergaji secara perlahan agar tidak terlalu merusak penutup aki kering dan juga melukai tangan Anda.
  3. Selesai digergaji, lepaskan penutup aki kering tersebut.
  4. Setelah itu, Anda akan menemukan enam lubang pada bagian atas aki kering. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi seluruh lubang tersebut dengan air aki sebanyak kurang lebih 15 mililiter. Sekadar catatan, jangan sampai air aki terkena tangan Anda karena dapat menyebabkan iritasi. Jika terlanjur terkena tangan, segera cuci tangan Anda menggunakan sabun cair.
  5. Setelah semua lubang terisi air aki, tutup kembali bagian atas aki kering dengan penutup yang sudah digergaji sebelumnya. Rekatkan dengan solasi besar. Lebih baik lakukan secara berulang agar penutup aki kering merekat maksimal.

Sudah lakukan semua cara di atas? Saatnya pasang kembali aki Anda ke kendaraan dan lakukan tes yang berhubungan dengan aki, seperti klakson, starter, dan lampu-lampu. Memperbaiki aki kering semudah itu, kan? Selamat mencoba di rumah ya!

Comments are closed.