Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Ketika Hujan

Asuransi MobilMobil

Embun pada kaca mobil saat hujan, terkadang menggangu jarak pandang dari kemudi ke jalan.Untuk itu, Anda juga diharuskan untuk mengetahui cara mengatasi kaca mobil ketika hujan.

Seringkali kaca mobil berembun menggangu para pengemudi saat berada di jalan. Biasanya banyak orang yang hanya menggunakan lap saja untuk menghilangkan embun. Tapi itu hanya bersifat sementara saja, sehingga embun bakal ada lagi di kaca mobil.

Sewaktu hujan turun saat sedang mengendarai mobil, udara di dalam kabin mobil pada awalnya akan mengikuti udara di luar yang mengandung kada kelembapan tinggi.

Pada saat hujan udara di dalam kabin akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembapan tinggi. Begitu juga saat Anda berada di dalam mobil, hembusan nafas yang mengandung uap air  juga akan bertemu tekanan udara di dalam kabin. Sehingga udara yang lembap, akan terhirup nafas dan turut mendinginkan udara hangat di dalam tubuh manusia.

Pada saat uap air sudah bisa ditampung lagi, baik oleh tubuh maupun udara kabin. Maka uap tersebut akan mencari lokasi yang paling dingin, dan yang terdekat adalah kaca mobil. Lalu terjadilah kondensasi pada kaca mobil, sehingga kadar embunnya bakal lebih berat saat kabin diisi lebih dari satu orang.

Maka dari itu perlu dilakukan beberapa cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan. Seperti contoh-contoh di bawah ini.

Nyalakan AC

AC mobil berfungsi untuk menyesuaikan suhu udara dalam kabin mobil. Ini juga menjadi cara untuk mengatasi kaca mobil berembun. Dengan menyalakan AC, maka embun-embun yang ada di kaca mobil akan hilang sedikit demi sedikit.

Embusan nafas yang lembab, juga langsung didinginkan oleh udara dari AC. Bahkan jika ingin lebih cepat, atur kekuatan embusan AC pada suhu terendah.

Kalau memungkinkan, arahkan embusannya ke kaca depan. Ini akan membuat proses penghilangan embun langsung pergi dan pandangan Anda jernih kembali.

Buka Kaca Mobil

Selain dengan menyalakan AC mobil, cara berikutnya untuk mengatasi kaca mobil bereembun dengan membuka kaca jendela mobil dan membiarkan udara dari luar masuk. Hal ini akan membantu, menghilangkan embun yang menempel pada kaca depan yang mengganggu jarak pandang ke jalan.

Jika hujan termasuk deras, buka kaca jendela mobil sedikit saja yang penting bisa terjadi pertukaran udara. Seperti suhu panas dan lembab, selama bisa meminimalisir kondensasi pada kaca. Selain itu, pastikan juga fitur sirkulasi udara dinonaktifkan agar mempermudah udara dari luar lebih besar.

Shampo Sebelum Hujan

Untuk mengatasi kaca mobil berembun, Anda bisa juga mengatasinya denga shampo.  Cairan shampo, memang memiliki unsur kimia dengan kadar pH yang dikhususkan untuk mengeringkan uap air.

Fungsi utamanya, agar pengguna shampo tidak mengalami rambut yang lembab setelah menggunakannya. Dengan rumus dasar yang sama tersebut untuk diterapkan di mobil. Maka shampo mampu mengeringkan embun pada kaca mobil.

Anda cukup oleskan pada kaca bagian dalam yang berembun, lalu dilap kain yang sedikit lembab dengan gerakan searah agar kaca tidak buram. Cara ini memang ampuh, meski menyisakan bekas yang harus segera dibersihkan saat hujan sudah reda atau jika Anda telah sampai di tujuan.

Cairan Anti Kabut

Salah satu teknologi terbaru untuk mengatasi kaca mobil berembun, adalah menggunakan cairan khusus anti kabut. Anda bisa menemukannya pada toko-toko perlengkapan mobil.

Biasanya cairan ini dikemas dalam tabung semprotan yang ringkas. Cara menggunakannya pun mudah cukup semprotkan cairan ke kaca yang berembun. Kemudian diamkan sejenak, lalu lap dengan kain halus yang kering dan bersih dengan gerakan searah. Bila terasa kurang jernih, lakukan lagi hingga mendapat hasil maksimal.

Langkah Pencegahan

Selanjutnya adalah langkah pencegahan untuk mengatasi kaca mobil berembun ketika hujan.  Anda bisa meletakkan silica atau produk dengan zat yang memungkinkan untuk menyerap uap air di dalam kabin.

Selalu menjaga kondisi kabin mobil tetap kering. Menjemur karpet atau benda lainnya yang berada di dalam mobil secara rutin. Jangan membawa benda yang lembab ke dalam kabin, seperti payung bekas hujan atau baju basah.

Dengan menjaga kebersihan kabin, juga berpengaruh lantaran debu menjadi media penampung uap air. Vacuum kabin dan bersihkan kaca bagian dalam dengan lap yang bersih dan tidak basah.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.