Cara Menggunakan Pedal Shift Honda Jazz RS

Asuransi MobilMobil

Pedal shift yang terletak pada Honda Jazz RS tidak hanya sebagai penghias fitur pada mobil saja. Ternyata ada cara menggunakan pedal shift Honda Jazz RS agar kegunaannya lebih optimal.

Pedal shift pada mobil lebih dikenal dan familiar di ajang mobil balap formula one (F1). Kegunaannya untuk memudahkan pengemudi dalam hal ini pembalap untuk melakukan akselerasi (menaikkan gigi) dan deselerasi (menurunkan gigi) melalui sebuah kontrol di belakang setir yang dinamakan paddle shift.. Hal ini juga yang mendasari mobil-mobil sport yang beredar saat ini, sedikit banyak mengadopsi teknologi dari mobil balap F1.

Seperti halnya sistem tiptronic, paddle shift membuat pengendaraan mobil dengan transmisi otomatis seperti layaknya mobil bertransmisi manual. Untuk mengenal macam-macam tipe transmisi otomatis, bisa membaca di artikel Perbedaan Teknologi Transmisi Otomatis Mobil Torque Converter, CVT, dan Dual Clutch.

Paddle shift ada dua model yang dikenal para pengguna otomotif. Pertama, yang mengikuti gerak kemudi dan kedua yang tidak mengikuti gerak kemudi atau statis. Honda menjadi salah satu pabrikan yang mengadopsi sistem paddle shift mengikuti gerak kemudi. Sedangkan ada juga yang memakai tipe yang statis. Apapun model yang dipakai, penggunaan dan keuntungan relatif sama.

Sistem Pengoperasian Pedal Shift Honda Jazz RS

Sebagai Contoh pada mobil transmisi otomatis Honda Jazz RS, fitur paddle shift dapat diaktifkan dengan cara menekan tuas (paddle) saat mobil sedang berada di posisi transmisi D atau S. Ketika diaktifkan pada posisi D, paddle shift akan berfungsi secara semi manual, dimana transmisi akan berubah otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantian gigi. Disini pengemudi tidak  perlu menekan tuas.

Selanjutnya jika paddle shift diaktifkan pada posisi S, maka akan bekerja secara manual sepenuhnya dan memungkinkan pengemudi sepenuhnya mengendalikan pergantian gigi layaknya mobil bertransmisi manual. Peran paddle shift disini untuk memberikan tingkat akselerasi dan torsi yang lebih tinggi, juga dirancang secara ergonomis seperti yang biasanya terdapat pada sebuah mobil F1.

Paddle Shift Memberikan Sensasi Baru Berkendara

Hingga saat ini yang menggunakan Honda Jazz RS, masih belum memaksimalkan paddle shift yang lebih banyak ada di belakang stir. Jika digunakan fitur paddle shift ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk mobil transmisi otomatis. Hal ini akan memberikan sensasi berkendara selayaknya mobil bertransmisi manual.

Bayangkan saja ketika Anda  sedang berkendara dan membutuhkan akselerasi dan deselerasi yang diinginkan, tenaga mesin akan kebih terasa. Anda bisa membuat perpindahan gigi transmisi sesuai waktu yang diinginkan, ini berfungsi untuk menyusul kendaraan lain agar ada dorongan.

Biasanya para driver yang sering menggunakan transmisi otomatis dengan adanya paddle shift bisa cukup melakukan tap padlle sebelah kiri (menurunkan gigi), dengan begini mobil akan melaju dengan tepat.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.