Cara Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Jatuh Tempo

Mobil

Masih punya kredit mobil yang harus dilunasi? Bagaimana ya cara menghitung pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo?

Memilih untuk membeli kendaraan dengan cara kredit adalah salah satu cara untuk mempermudah Anda mendapatkan kendaraan pribadi. Di sisi lain, melunasi seluruh kredit mobil ini bisa menjadi beban utang jangka panjang yang melelahkan. Apalagi kalau Anda mengambil tenor yang panjang.

Namun, ada cara lain yang bisa Anda pilih untuk melunasi kredit mobil dengan segera. Cara ini pun bisa Anda pilih bila ternyata di masa periode kredit mobil berjalan ini Anda memiliki uang lebih. Pilihannya, Anda bisa melakukan pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk melunasi kredit mobil sebelum jatuh tempo? Bagaimana sih cara menghitung pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo?

[quads id=1]

Cari Tahu Cara Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Berapa Besar Jumlah Kredit dan Besar Penalti

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah selain berapa jumlah yang harus dibayar saat melakukan pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo alias dipercepat, adalah berapa besar penalti dan apakah lebih untung atau malah rugi alias harus membayar lebih besar dibandingkan jika membayar cicilan sampai habis kontrak.

Coba Anda pikirkan kembali: Sudah berapa lama angsuran mobil Anda berjalan? Setengahnya atau mungkin hampir selesai?

Ada cara untuk mengetahui berapa jumlah sisa utang pokok yang Anda tanggung. Cara mudahnya, Anda bisa melihat pada kontrak kerja sama Anda dengan Lembaga Finansial. Biasanya dengan menemui Lembaga Finansial tersebut, Anda akan diberikan tabel angsuran dan bisa menghitungnya berapa sisa utang pokok per bulannya. Kalau tidak ada tabel cicilan, maka Anda bisa datang langsung ke cabangnya untuk menanyakan.

Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Waktunya, Untung Ruginya?

Keinginan Anda di awal dalam masa pelunasan ini, pasti sempat terpikir bagi Anda sebagai nasabah kredit untuk menyelesaikan tenor walaupun tanggal jatuh tempo selesai cicilan masih jauh. Hal ini biasanya didasari karena sudah cukupnya dana untuk menyelesaikan sisa cicilan dan keinginan untuk lepas dari tagihan bulanan. Dengan kondisi seperti itu, pelunasan kredit mobil sebelum waktunya, apakah untung atau rugi ya?

Sebenarnya, pelunasan kredit mobil lebih cepat dianggap lebih menguntungkan karena itu berarti Anda melepaskan diri dari biaya cicilan di bulan-bulan mendatang dengan menyelesaikannya saat itu juga. Apalagi bila Anda tergolong konsumtif mungkin akan sangat terbantu dengan melakukan pelunasan dipercepat.

Hal terburuknya, coba bayangkan jika tagihan kredit mobil datang dibarengi dengan tagihan kredit belanja, makan, jalan-jalan dan lain-lain, ditambah dengan bunga tiap-tiap transaksi.

Bisa-bisa uang yang semula disimpan untuk melunasi cicilan mobil malah cepat habis untuk kredit atau kebutuhan lain. Jika pihak bank atau kreditur dapat diajak negosiasi terkait penurunan bunga untuk pelunasan dipercepat, tentunya sisa total cicilan menjadi berkurang dari total cicilan semula.

[quads id=4]

Bagaimana Perhitungan Bunga Berjalan?

Saat memutuskan untuk melunasi kredit mobil sebelum jatuh tempo, biasanya ada perhitungan bunga berjalan yang harus Anda pertimbangkan. Perhitungannya adalah selisih hari antara tanggal pembayaran terakhir dengan tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Beberapa lembaga pembiayaan, bank, atau kreditur akan menjadikan bunga berjalan menjadi nol bila pelunasan dilakukan sehari setelah pembayaran terakhir. Oleh karena itu, agar lebih murah sebaiknya lakukan pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo setelah Anda membayar cicilan.

Setelah Lunas Bagaimana Cara Mengambil BPKB? Apakah Bisa Langsung?

Selama kredit mobil Anda belum lunas, biasanya pihak lembaga finansial, bank, atau kreditur akan menahan BPKB Anda. Nah, bila semua pelunasan kredit mobil sudah Anda lakukan, seharusnya Anda sudah bisa mendapatkan BPKB Anda. Satu hal yang harus Anda cermati, agar prosesnya jadi lebih mudah, sebaiknya lakukan pelunasan oleh orang yang terdaftar pada kontrak dengan lembaga finansial tersebut sehingga tidak perlu membawa surat kuasa. Anda cukup membawa KTP dan STNK Mobil.

 

Kini, Anda sudah paham cara menghitung pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo kan? Pertimbangkan semua hal-hal di atas, agar Anda bisa dengan mudah melakukan pelunasan kredit mobil sebelum jatuh tempo.

Comments are closed.