Cara Mengkilapkan Body Mobil yang Kusam dengan Mudah Tanpa ke Salon Mobil

Mobil

Body mobil yang kusam bisa kembali mengkilap asalkan mobil dirawat dengan baik. Cara mengkilapkan body mobil yang kusam tidak perlu ke salon mobil, tentu Anda bisa lakukannya sendiri di rumah dengan sangat mudah. 

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang akan selalu diminati oleh masyakarat. Sebab dengan berkendara dengan kendaraan pribadi, Anda akan lebih mudah untuk menuju ke suatu tempat yang diinginkan. Juga bisa menghemat waktu tanpa harus antre seperti saat menggunakan transportasi publik. Apalagi sekarang ini, untuk mendapatkan mobil sangatlah mudah. Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk membeli kendaraan. Mulai dari DP yang terjangkau hingga maraknya merek yang mengeluarkan jenis mobil murah.

Hingga kini, sudah ada puluhan bahkan ratusan jenis mobil yang bisa Anda miliki. Namun, tidak semua mobil terlihat menarik dan indah. Sisi menarik dan keindahan suatu mobil terdapat dari warna cat yang terlihat mengkilap. Oleh karena itu, merawat mobil yang Anda miliki harus tetap dilakukan agar mobil tetap terlihat indah dan prima.

Perawatan mobil bukan hanya dari segi mesinnya saja, tetapi ada elemen lain yang membutuhkan perawatan, salah satunya adalah cat body mobil agar tetap terlihat mengkilap. Berikut ini cara mengkilapkan body mobil yang kusam dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui tipe-tipe cat mobil agar tidak salah dalam melakukan perawatan cat bodi mobil. Berikut ini tiga tipe cat mobil.

Nitro Celulose (NC)

Untuk Anda yang memiliki mobil keluaran 80-an, biasanya cat bodi yang digunakan adalah tipe NC. Tipe cat NC ini memiliki karakteristik warna serta kilap cat yang tidak stabil. Oleh karena itu, jika Anda ingin merawat bodi mobil dengan tipe cat seperti ini, maka yang harus disiapkan adalah obat poles berbahan dasar silikon, seperti produk Amway Silicon Glaze.

Nitro Celulose Modified

Jenis cat ini mulai banyak digunakan untuk mobil-mobil keluaran 90-an. Sebenarnya bahan dasar dari cat ini hampir sama dengan NC, hanya saja nitro celulose modified memiliki bahan tambahan, yaitu hardener yang tidak dimiliki oleh NC. Bahan tambahan ini memiliki fungsi untuk memperkuat warna cat agar tidak mudah rapuh dan kusam. Meskipun ada bahan tambahan, tetapi untuk perawatannya sama seperti NC.

Polyrethane (PU)

Seiring perkembangan mobil yang setiap tahunnya mengeluarkan model baru, tentu kualitas cat pun harus melakukan perubahan menjadi yang lebih baik lagi. Untuk mobil keluaran 2000-an, cat mobil yang digunakan adalah tipe polyurethane (PU) yang memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan tipe sebelumnya. Dikarenakan memiliki keunggulan, tentu untuk perawatannya pun ada perbedaan. Mobil yang memiliki cat tipe PU ini tidak dianjurkan menggunakan silikon, tetapi lebih baik menggunakan bahan organik, contohnya seperti carnauba.

Setelah mengetahui tipe-tipe cat mobil, berikut ini cara mengkilapkan body mobil yang kusam dengan mudah tanpa harus ke salon mobil.

Cuci Mobil dengan Benar

Cara mengkilapkan body mobil yang kusam, bisa Anda lakukan dengan mencuci mobil secara keseluruhan dengan benar. Maksudnya, Anda harus mencuci mobil dengan shampo khusus mobil yang terbukti memiliki bahan-bahan untuk merawat dan menjaga kilap mobil. Hindari penggunaan shampo untuk rambut, ditergen, ataupun sabun cuci piring. Cuci mobil dengan bersih dan keringkan menggunakan lap yang berbahan katun lembut sehingga tidak merusak cat mobil.

Menggunakan Obat Poles

Setelah mobil dalam keadaan bersih, cara mengkilapkan body mobil yang kusam, Anda bisa mengoleskan obat poles sesuai dengan jenis cat mobil pada spons bersih. Kemudian gosok bodi mobil menggunakan spons tersebut dengan gerakan memutar. Setelah selesai, tunggu kurang lebih 10-15 menit, selanjutnya bersihkan bodi mobil menggunakan microfiber.

Teknik Waxing

Setelah menggunakan obat poles, cara mengkilapkan body mobil yang kusam selanjutnya adalah dengan teknik waxing. Pada dasarnya teknik ini hampir sama dengan obat poles, tetapi proses waxing lebih cepat dan mudah. Anda hanya memoleskan wax ke seluruh bagian bodi mobil, kemudian tunggu beberapa menit dan bersihkan menggunakan lap kering dan bersih. Agar bodi mobil tetap mengkilap, Anda bisa melakukan teknik waxing ini minimal satu bulan sekali.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Supermarket Asuransi Online!

Comments are closed.