Cara Menguras Radiator Mobil Ini Langkah-langkahnya!

Mobil

Radiator mobil harus dirawat secara rutin, dengan cara menguras radiator mobil. Hal ini sangat penting sekali, terutama untuk mencegah air terkontaminasi dari kotoran.

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan temperatur mesin dan mencegah dari overheating, hal ini merupakan bagian dari servis berkala. Jika radiator rusak bisa menjadi masalah besar pada mesin. Maka itu, dengan menguras air radiator mobil sangat disarankan pada setiap 20.000 kilometer.

Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan air radiator perlu dikuras:

  • Simbol engine check menyala.
  • Simbol air radiator menyala di odometer.
  • Mesin mobil lebih panas dari biasanya.
  • Mesin mengalami overheat.

Langkah-langkah Menguras Radiator Mobil

Buka Penutup Lubang Radiator

Pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Buka penutup lubang radiator di mesin, jangan lupa buka juga baut tempat pembuangan air radiator. Biarkan air yang berada dalam radiator terbuang semua.

Isi Air Radiator Baru

Setelah Anda memastikan air radiator sudah terbuang semua, pasang kembali setiap baut di bagian bawah radiator . Setelah sudah terpasang, isi radiator dengan air bersih atau cairan pendingn radiator biasanya dikenal dengan radiator coolant. Isi sesuai dengan kapasitas dari parameter yang telah disesuaikan.

Nyalakan Mesin Mobil

Pasang kembali penutup radiator pada bagian atas, kemudian nyalakan mesin mobil. Biarkan mesin dalam kondisi menyala, kemudia lihat dia odometer simbol temperatur sudah berada di bgian tengah dan posisi normal.

Cek Tangki Cadangan Radiator

Cek air pada tangki cadangan radiator (reservoir tank). Jika ternyata airnya sudah kotor, buka penutup tangki cadangan radiator. Buang airnya kemudian isi kembali dengan air bersih atau cairan pendingin radiator hingga batas maksimal. Jangan lupa untuk tutup kembali tangki cadangan radiator hingga rapat,

Dengan menguras air radiator harus dilakukan secara teratur demi menjaga sistem pendinginan mobil Anda. Biasakan untuk mengurasnya setiap 20.000 kilometer. Jika lebih dari itu, kekuatan coolant untuk mendinginkan mesin akan berkurang dan kualitas coolant itu sendiri akan menurun.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.