Cara Pastikan Keamanan Mobil yang Ditinggal Liburan Dalam Waktu Lama

Mobil

Ternyata tak semua orang menggunakan mobil pribadi saat liburan. Jika, mengharuskan ditinggal ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keamanan mobil yang ditinggal liburan.

Liburan dalam waktu yang cukup lama dan meninggalkan mobil di rumah harus diperhatikan dengan serius, agar mobil dalam kondisi aman dan tetap terawat. Sehingga saat Anda kembali lagi dari liburan yang panjang, mobil tidak mengalami masalah berarti dan bisa digunakan lagi untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan mobil yang ditinggal liburan:

Cabut Kabel Aki

Liburan dalam waktu lama, dengan menghabiskan waktu selama dua pekan dan meninggalkan mobil dan rumah dalam keadaan kosong. Banyak hal yang harus diperhatikan, agar mobil tetap aman dan kondisinya tetap terjaga. Hal pertama untuk pastikan keamanan mobil yang ditinggal liburan dalam waktu lama adalah cabut kabel aki.

Ini penting, karena kabel aki yang terus terpasang bisa memicu aki cepat rusak saat ingin Anda gunakan kembali. Mencabut kabel aki dari terminal juga penting dari faktor keamanan, karena akan mempersulit pencuri saat ingin mencuri mobil.

Jangan Gunakan Rem Tangan Saat Parkir di Garasi

Penggunaan rem tangan saat parkir di garasi dalam waktu yang lama bisa berpotensi tromol atau rem belakang jadi lengket, dan akan menyulitkan saat ingin menggunakan mobil kembali. Terkecuali, garasi mobil Anda memiliki tingkat kemiringan yang cukup besar. Bisa menggunakan ganjalan seperti balok kayu, batu bata, atau batu di depan dan belakang roda belakang.

Cara ini akan menghindari mobil tergelincir dan menghindari konsentrasi beban hanya pada dua roda yang terganjal. Dengan mengganjal keempat roda maka beban yang harus ditahan roda akan merata.

Cuci dan Panaskan Mesin Mobil

Sebelum pergi liburan dalam waktu lama dan meninggalkan mobil di rumah dalam waktu yang lama, ada baiknya mencuci terlebih dahulu agar mobil dalam keadaan bersih saat ditinggalakan. Hal ini akan membuat mobil terlindung dari karat, jamur, dan sebagainya.

Setelah mencuci, jangan lupakan juga untuk memanaskan mesin mobil. Hal ini berguna agar seluruh komponen di mobil bisa terlumasi sebelum mobil beristirahat selama beberapa pekan. Lebih baik lagi, jalankan mobil Anda mengelilingi komplek tempat tinggal sekaligus akan menghilangkan sisa air saat dicuci.

Memanaskan mesin juga akan mengurangi tingkat kelembapan di dalam mesin. Cara ini juga bisa mengurangi risiko oli cepat busuk karena kontaminasi dari endapan uap air dan udara di ruang mesin.

Beri Ganjalan Busa Pada Wiper

Hal kecil namun dampaknya bisa besar jika ini dibiarkan. Beri ganjalan busa pada wiper mobil, hal ini untuk membuat kaca mobil tetap terjaga materialnya. Apabila wiper dibiarkan tetap menempel pada kaca, maka besar kemungkinan akan mengeras, aus, atau getas akan sangat besar.

Masalahnya, udara di garasi yang tidak dibuka selama Anda bepergian besar kemungkinan akan panas. Nah, radiasi suhu itulah yang kemudian akan diserap oleh wiper hingga akibatnya karet wiper akan keras dan aus. Hal ini bisa berpotensi menggores kaca mobil.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Pastikan Mobil Terkunci dengan Baik

Selanjutnya dalam memastikan keamanan kendaraan saat ditinggal liburan adalah memastikan mobil terkunci dengan rapat. Kemudian coba untuk menitipkan ke tetangga yang tidak sedang liburan. Hal ini, bukan semata-mata untuk dititipkan saja. Tapi, untuk mengamankan bila terjadi sesuati seperti kebakaran, banjir, dan lain-lainnya. Maka mobil juga bisa segera dipindahkan.

Comments are closed.