Serba-Serbi Cat Duco yang Perlu Anda Ketahui

Mobil

Cat duco dianggap sebagai opsi terbaik saat ingin mengecat mobil. Tapi, ada hal yang harus Anda ketahui jika ingin mengecat mobil di tempat cat duco.

Bagi Anda yang memiliki mobil, tentu Anda ingin mobil selalu terlihat menarik, bukan? Salah satu faktor yang menunjang penampilan sebuah mobil adalah cat. Cat yang bersih dan rapi tentu akan lebih sedap dipandang dibandingkan cat yang terkelupas atau rusak karena goresan atau tabrakan.

Saat cat mobil tidak lagi prima, hal yang perlu dilakukan tak lain adalah mengecat ulang mobil. Tapi, mengecat ulang mobil bukanlah hal yang murah jika dilakukan di bengkel cat. Lain halnya jika ingin mengecat ulang mobil di tukang cat duco pinggir jalan. Jelas harga yang ditawarkan lebih murah dari bengkel cat besar.

Tapi, sebelum Anda mengecat ulang mobil, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak kecewa di kemudian hari. Mari kita simak di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Cat Ulang Mobil di Tempat Cat Duco atau Bengkel

Mengecat ulang atau repainting mobil dilakukan karena berbagai alasan. Mulai dari baret, tabrakan, cat pudar, atau sekadar modifikasi. Pengecatan ulang biasanya (dan disarankan) dilakukan di bengkel. Walaupun tak jarang juga yang mengecat mobilnya ke tukang cat duco.

Baik di bengkel maupun cat sendiri, pengecatan harus diperhitungkan dengan akurat. Sebab, cat mobil berperan besar dalam keindahan eksterior. Salah sedikit bisa sangat mengganggu penampilan.

Sebelum memulai mengecat ulang mobil, ada beberapa hal yang harus dipikirkan lagi. Mari kita lihat di bawah ini! Pertama, apakah mobil Anda worth it untuk dicat ulang? Pasalnya, pengecatan ulang membutuhkan biaya hingga puluhan juta. Jika pengecatan ulang memakan biaya lebih dari 25 persen nilai mobil Anda, lebih baik sekalian beli mobil baru. Kecuali memang mobil tersebut memiliki nilai tersendiri untuk Anda.

Kedua adalah pilihan warna dan jenis cat, apakah ingin sama dengan warna lama cat lama atau tidak. Jika mengganti warna, pengerjaanya akan lebih rumit dan memakan biaya lebih mahal. Pastikan juga Anda cocok dengan warna yang Anda pilih. Jangan sampai baru dua tahun sudah menyesal, karena sekadar ikut tren. Sediakan waktu Anda untuk riset terlebih dahulu. Setelah semua sudah yakin, Anda bisa bawa mobil Anda ke bengkel cat atau cat duco.

Kelebihan Mengecat Mobil di Tempat Cat Duco

Meski mulai ditinggalkan, nyatanya masih cukup banyak orang yang memilih mengecat ulang mobilnya di tempat cat duco. Artinya, ada kelebihan yang ditawarkan oleh para tukang cat pinggir jalan ini yang tidak bisa didapatkan di bengkel cat. Apa saja kelebihannya? Mari kita simak bersama di bawah ini!

Harga Lebih Murah

Kelebihan yang sangat mutlak tidak bisa diberikan oleh bengkel cat jelas soal harga. Para tukang cat pinggir jalan menawarkan tarif yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bengkel cat pada umumnya. Harga yang ditawarkan untuk mengecat ulang mobil pada bagian kecil atau panel berkisar Rp150.000 hingga Rp350.000 saja.

Tentu harga tersebut sangatlah jauh jika dibandingkan dengan bengkel cat yang mematok harga setidaknya Rp1 juta hingga Rp1,5 juta untuk bagian yang kecil atau per panel.

Proses Lebih Cepat

Satu lagi kelebihan yang ditawarkan oleh tukang cat pinggir jalan, yakni proses pengecatan yang lebih cepat. Bayangkan saja, Anda bisa menunggu proses tersebut dan kurang lebih dalam waktu satu jam, mobil Anda bisa digunakan kembali.

Tentu hal ini berbeda jauh dengan yang dilakukan di bengkel cat. Sangat kecil kemungkinan mobil Anda dapat selesai dalam satu hari atau bahkan hitungan jam.

Dampak yang Mungkin Terjadi jika Mengecat Mobil di Tempat Cat Duco

Setelah melihat kelebihan yang ditawarkan oleh tukang cat pinggir jalan di atas, tentu Anda perlu mengetahui dampak yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Tak perlu berlama-lama, mari kita lihat di bawah ini!

Hasil Cat Belang

Mengecat ulang bagian tertentu lebih berisiko belang. Hal ini terjadi karena kualitas pendempulan dan pencampuran warna yang memang sulit untuk bisa sama persis dengan warna cat original di bagian lainnya.

Jika Anda menginginkan warna seragam sesuai warna cat original, lebih baik Anda ke bengkel resmi. Selain menggunakan cat yang sesuai, pengecatan dilakukan sesuai dengan prosedur dari manufaktur.

Cat Tidak Rapi

Pengaplikasian cat yang terlalu tebal menghasilkan gumpalan dari bakal tetesan cat yang membeku di bagian bawah yang dicat, dikarenakan sifat cairan akan mengalir ke bawah mengikuti gravitasi.

Selain itu, masking atau penutupan bagian lain yang tidak dicat juga harus dilakukan dengan teliti. Jika tidak, area lain seperti karet jendela dan headlamp bisa kena noda cat. Hal di atas tidak akan terjadi di bengkel yang pengerjaannya sabar dan telaten.

Ada Kotoran di Cat Mobil

Cat yang baru diaplikasikan mudah ditempeli debu. Hal ini menimbulkan noda membandel dan tekstur yang tidak mulus. Hal ini rentan terjadi karena bengkel cat adalah ‘sarang’ debu dari mobil-mobil yang kotor, angin yang masuk, maupun serbuk dari pengamplasan.

Warna Cepat Pudar

Warna yang tadinya bagus setelah baru keluar bengkel bisa perlahan berubah pudar. Hal ini biasanya terjadi jika Anda melakukan pengecatan di bengkel cat “kilat” di pinggir jalan yang menggunakan cat berbahan dasar nitro celluloce (Duco) atau laquer yang murah dan cepat kering namun cepat pudar.

Sedangkan bengkel profesional umumnya menggunakan cat oven berbahan dasar poly urethane. Pengerjaanya memang lebih lama, namun hasilnya lebih keras, mengkilap, dan tahan goresan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Merawat Cat Duco agar Tidak Mudah Pudar

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kelemahan dari cat duco adalah warnanya yang cepat pudar. Tapi, nyatanya hal ini bisa diantisipasi, jadi usia cat jadi lebih lama.

Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu dengan tidak memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung. Carilah tempat parkir yang adem dan tidak secara langsung tersengat sinar matahari.

Selain itu, biasakan menyelimuti mobil dengan cover agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel yang dapat membuat cat jadi lebih cepat pudar.

Itulah serba-serbi seputar cat duco yang perlu Anda ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk mengecat mobil di tukang cat pinggir jalan. Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, mana yang akan Anda pilih untuk mengecat mobil?

Comments are closed.