CDI Mobil Anda Rusak? Begini Cara Memperbaikinya!

Mobil

CDI mobil Anda rusak? Jangan panik, ikuti langkah berikut ini untuk memperbaikinya tanpa harus ke bengkel!

CDI atau Capacitive Discharge Ignition merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk mengatur waktu percikan api pada busi atau disebut sebagai pusat pengapian. Kerja CDI adalah mengatur waktu untuk percikan api pada busi yang dapat membakar kabut yang mencampurkan bahan bakar dengan udara yang telah dikompresi oleh piston di dalam ruang bakar yang dihubungkan dengan putaran mesin atau yang dikenal dengan RPM.

Biasanya, CDI didukung dengan pulser yang bekerja sebagai sensor posisi piston, di mana sinyal pulser akan memberikan arus pada SCR sehingga dapat membuka. Setelah terbuka, barulah arus pada kapasitor CDI dapat dilepaskan. Kerja CDI juga dibantu oleh koil yang dapat memperbesar tegangan.

Sama seperti komponen lainnya, CDI mobil juga bisa mengalami kerusakan yang diakibatkan berbagai hal. Nah, jika Anda sedang mengalami kerusakan pada CDI, tidak perlu panik karena untuk memperbaikinya bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke bengkel. Kalau begitu, bagaimana cara memperbaiki CDI mobil yang rusak?

Baca juga: Kapan Mobil Harus Spooring dan Balancing?

Cara Memperbaiki CDI Mobil yang Rusak

  1. Pada saat kondisi CDI rusak, hal pertama yang harus dilakukan adalah membongkar CDI tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini dilakukan jika CDI memang dalam keadaan rusak parah. Setelah membongkarnya, di dalam CDI terdapat beberapa komponen yang terlebih dahulu harus Anda cek. Bila Anda sudah mengetahui kerusakan yang terjadi, maka Anda harus mengganti komponen yang rusak tersebut.
  2. Jika kerusakan yang dialami CDI mobil tidak terlalu parah ataupun Anda merasa kondisinya aman-aman saja, sebaiknya Anda tidak perlu mengganti CDI mobil dengan komponen yang baru. Anda hanya perlu membersihkan dan juga melakukan perawatan yang rutin agar kondisi dan performanya tetap dalam keadaan baik.

Baca juga: Mobil Semakin Optimal Dengan Tune Up Mobil Secara Rutin

Dikarenakan fungsi CDI mobil sangatlah penting untuk mobil, tentunya Anda sangat dianjurkan untuk terus menjaga dan merawat CDI agar tetap dalam kondisi yang baik agar peforma kendaraan terjaga. Salah satu cara untuk merawat CDI mobil, yaitu dengan melakukan tune up, anda bisa mengatur kembali komponen-komponen yang bergeser dikarenakan aus ataupun bergesek dengan komponen lainnya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Segera lakukan pengecekan jika terdapat gangguan-gangguan pada kendaraan Anda. Namun, jika Anda masih ragu untuk memperbaikinya sendiri, alangkah lebih baiknya Anda membawa mobil ke bengkel-bengkel resmi yang memiliki teknisi profesional.

Comments are closed.